Ingin Facial? Simak Saran Dokter Kulit Asal Malang Ini

Dokter spesialis kulit asal Malang, dr. Nora Ariyati, M. Kes, SpKK (foto: istimewa)
Dokter spesialis kulit asal Malang, dr. Nora Ariyati, M. Kes, SpKK (foto: istimewa)

JATIMTIMES, MALANG – Aktivitas yang umumnya dilakukan wanita bila tengah berada di salon ialah melakukan facial.

Perawatan facial dipercaya dapat membuat kulit wajah menjadi bersih, bebas lemak, dan komedo. Tetapi, tak jarang ada pula yang justru merasakan kulit wajah membengkak.

Dokter spesialis kulit asal Malang dr. Nora Ariyati, M. Kes, SpKK menjelaskan apabila perawatan facial memang tidak dapat dilakukan sembarangan. 

"Jadi kadang ada pasien saya yang kesini tiba-tiba minta facial jenis detoks. Padahal facial itu harus disesuaikan dengan jenis kulit, enggak semua jenis kulit perlu facialdetoks," ujarnya saat ditemui di klinik kecantikan Aurell Skin Care Jalan Kepundung Nomor 50 Kota Malang. 

Facial detoks memiliki manfaat membantu kulit wajah yang kusam menjadi lebih cerah. Selain facial detoks ada beberapa jenis facial lain.

Perawatan facial yang paling banyak dilakukan kaum muda ialah facial acne yakni facial untuk kulit mudah berjerawat.

Ladies, pada umumnya facial dapat diterapkan oleh berbagai jenis kulit. Akan tetapi, facial sebaiknya dilakukan dengan terlebih dahulu mengetahui jenis kulit agar setelah melakukan facial tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan sepeti jerawat dan lainnya. 

Nora lantas menjelaskan apabila konsultasi kulit dengan dokter ahli perlu dilakukan agar tidak menimbulkan dampak kurang baik seusai melakukan perawatan facial

"Misalkan kulit dia berjerawat, kalau dari sisi medis kulit berjerawat justru tidak boleh terlalu banyak mendapatkan banyak treatment saat facial. Jadi jenis facial pun juga disesuaikan dan seperlunya saja," kata dokter lulusan Universitas Gajahmada itu. 

Nora menjelaskan tindakan facial yang diperlukan bagi kulit sensitif adalah melakukan peeling yakni teknik perawatan kulit wajah guna menghilangkan lapisan atas kulit atau kulit mati. 

Nora menekankan bahwa tahapan facial bagi kulit sensitif perlu menghindari tindakan seperti pemberian uap ke wajah dengan menggunakan alat.

"Nah setelah peeling, sebaiknya juga perlu diberikan vitamin jenis tertentu untuk kesehatan kulit," tandasnya. (*)

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top