Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Api Lalap Penggilingan Tebu, Pemilik Rugi Hingga Rp 40 Juta

Penulis : Joko Pramono - Editor : Heryanto

20 - Aug - 2017, 17:12

Placeholder
Petugas masih bersiaga di lokasi kebakaran. (Foto :Joko Pramono/TulungagungTIMES)

Api yang membakar penggilingan tebu milik H. Mahfudz sudah bisa dipadamkan. Sayang akibat kebakaran itu, kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Meski hanya ampas tebu yang terbakar. Hal ini diungkapkan oleh salah satu keluarga H. Mahfudz setelah api padam. "Kerugian sekitar 40 juta rupiah," ujar Anwar, menantu H. Mahfudz.

Saat ini pihak Damkar dengan dibantu oleh TNI dari Koramil setempat, dan Polisi dari Polsek setempat masih bersiaga di tempat kebakaran.

Meski sudah padam, Damkar masih terus lakukan pembasahan. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya api lagi dan mematikan benih-benih api di bagian bawah tumpukan ampas tebu.

"Sekitar setengah 3 sudah padam, namun demikian kita terus lakukan pembedahan untuk.mencegah timbulnya api kembali, terutama pada tumpukan ampas tebu," kata Kabid Damkar pada Pol. PP Kabupaten Tulungagung, Rakidi sore tadi.

Jago merah kembali membuat onar, kali ini usaha penggilingan tebu di Bendilwungu, Sumbergempol terbakar. Api mulai berkobar mulai pada sekitar jam 11 siang.

Pemadaman jadi sulit lantaran banyaknya bahan mudah terbakar di tempat kejadian dan kencangnya angin yang bertiup. Dirinya memperkirakan pemadaman akan berlangsung hingga sore hari.

Menurut keterangan saksi saat melintasi lokasi, Sutanto warga desa Mirigambar mengatakan bahwa dirinya sudah tau ada asap. 

"Saya pulang dari Kediri, nah pas saya lewat asap membumbung. Akhirnya saya melihat dan pemadam datang lalu saya foto," katanya. 

Petugas pemadam dibantu Polri dan TNI berjibaku melawan kabararan api. Gilingan tebu milik H. Mahfuzd merupakan salah satu gilingan terbesar dan ternama di Bendilwungu Sumbergempol Tulungagung.

Di desa tersebut merupakan salah satu sentra penghasil gula merah yang cukup besar dan dikenal di Tulungagung hingga tingkat nasional.

Dengan kejadian ini, sudah ada 32 kejadian kebakaran yang terjadi di lingkup Kabupaten Tulungagung. Kejadian kebakaran terbesar terjadi awal bulan ini yang menghanguskan 5 bangunan di jalan WR. Supratman di sekitar kompleks pertokoan Pasar Wage Tulungagung.

Bahkan pihak Damkar Tulungagung harus meminta bantuan personil dan peralatan satu Damkar Kabupaten/Kota tetangga. Bahkan Damkar dari perusahaan rokok terbesar di Kota Kediri dan pabrik gula di Tulungagung turut diterjunkan, untuk membantu proses pemadaman.


Topik

Peristiwa TULUNGAGUNG



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Joko Pramono

Editor

Heryanto