Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan Delapan Perguruan Tinggi di Malang Masuk Top 100 di Indonesia (1)

UB-UM Melorot, Unmer-STIE Malangkucecwara Naik Tajam

Penulis : Wahida Rahmania Arifah - Editor : Lazuardi Firdaus

29 - Aug - 2017, 13:50

Placeholder
Daftar top 100 perguruan tinggi di Indonesia. Ada 8 kampus di Malang yang masuk dalam daftar

 Malang patut berbangga lantaran delapan perguruan tinggi masuk dalam daftar 100 Besar (Top 100) Perguruan Tinggi Indonesia Non-Politeknik Tahun 2017 versi Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). 

Peringkat kampus terbaik yang dikeluarkan Kemerinstekdikti itu baru saja diunggah pada Agustus 2017 ini melalui laman resmi mereka, kelembagaan.ristekdikti.go.id.

Universitas Brawijaya (UB) berhasil menduduki peringkat delapan di jajaran top 100 perguruan tinggi di Indonesia. Predikat itu membuat UB menjadi perguruan tinggi terbaik dibandingkan tujuh perguruan tinggi lain di Malang. 
Meski berhasil menduduki posisi kedelapan tahun 2017 ini, nyatanya peringkat UB turun. Sebab, tahun lalu UB menduduki posisi nomor enam. 

Universitas Negeri Malang (UM) juga masuk dalam daftar. Perguruan tinggi yang dulunya bernama IKIP Malang itu menduduki posisi nomor 15 di daftar 100 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia. Sayang, peringkat UM turun karena tahun 2016 perguruan tinggi itu berada di posisi nomor 13.

Kampus lain di Malang yang masuk daftar ialah Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kampus dengan gedung serba putih itu menduduki peringkat 39. 

Kampus swasta lain yang juga masuk dalam daftar yang dilansir Kemenristekdikti ialah Universitas Merdeka Malang (Unmer), Universitas Islam Malang (Unisma), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, dan Universitas Widyagama Malang (Uwiga).

Unisma merosot secara peringkat. Kampus di kawasan Dinoyo itu harus puas berada di nomor 57. Tahun lalu Unisma berada pada peringkat ke-42.

Sedangkan Universitas Merdeka Malang (Unmer) menduduki posisi ke-44. Peringkat ini naik tajam dibandingkan tahun lalu yang hanya menduduki peringkat ke-92. Perguruan tinggi lain yang peringkatnya naik tajam ialah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara. Tahun lalu kampus yang berada di kawasan Blimbing itu menduduki posisi ke-93.

Kampus yang juga mencuri perhatian ialah Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Tahun 2017 ini, ITN mengejutkan karena langsung bertengger di posisi ke-70. Padahal, tahun lalu kampus itu tak masuk dalam Top 100 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia.

Lantas bagaimana tanggapan delapan kampus yang institusi mereka berhasil masuk dalam daftar kampus terbaik di Indonesia? Simak ulasan menarik kami menggenai keunggulan kampus-kampus di Malang hanya di MALANGTIMES. (*)


Topik

Pendidikan Perguruan-Tinggi-Indonesia Kemenristekdikti perguruan-tinggi-malang-raya perguruan-tinggi-terbaik Universitas-Brawijaya



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania Arifah

Editor

Lazuardi Firdaus