Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Kamu yang Jomblo dan Ingin Bertemu Jodoh, Datang Saja ke Coban Jodo Malang

Penulis : Imam Syafii - Editor : Heryanto

03 - Sep - 2017, 15:48

Placeholder
Keindahan wisata alam Coban Jodo di Dusun Bendolawang Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. (foto : Istimewa)

Kabupaten Malang menyimpan beragam potensi wisata alam nan indah, terutama wisata coban (air terjun) dengan kesejukan airnya.

Selain sejuk, wisata coban yang berada di wilayah yang bertagline The Heart of East Java ini juga menyimpan sejarah masing-masing. 

Salah satunya wisata Coban Jodo di Dusun Bendolawang Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Konon cerita, asal muasal Coban Jodo ini berasal dari seseorang yang melarikan diri akibat dikejar-kejar para penjajah lalu bersembunyi di coban tersebut.

Bahkan, ada mitos yang menyatakan bahwa Coban Jodo ini terkenal mujarab untuk membantu mereka yang masih jomblo dan menginginkan untuk segera bertemu jodohnya. 

Meskipun mitos ini harus dimaknai sebagai sebuah mitos saja, tidak perlu diyakini sebagai sesuatu yang melampaui kewenangan Tuhan biar Anda tidak tergelincir pada hal yang berbau syirik (menyekutukan Tuhan).

Sesuai namanya dalam bahasa jawa yang artinya jodoh. Coban Jodo juga diibaratkan dua insan yang diciptakan berpasang-pasangan dan hidup harmonis ditunjukkan dengan letaknya yang berdampingan.

Nah wisata ini sangat cocok bagi para jomblo yang ingin menemukan pasangannya. Karena mitosnya para jomblo berhasil bertemu jodohnya setelah berkunjung ke wisata tersebut. 

Keunikan wisata ini juga karena letaknya berdampingan dengan dua coban di satu lokasi yang sama. Karena letaknya yang berdampingan itulah sehingga masyarakat menyebutnya Coban Jodo yakni Se-jodo atau Se-joli.

Keberadaan wisata di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini masih alami dan jarang terjamah wisatawan. Bahkan, wisata ini baru dibuka sekitar pertengahan tahun 2016 lalu.

Bila berkunjung ke Coban Jodo, Anda harus menyiapkan stamina ekstra. Sebab, sepanjang perjalanan Anda akan menempuh medan yang cukup menantang baik turunan dan tanjakan.

Namun, rasa lelah selama perjalanan akan sirna dengan suguhan keindahan panorama alamnya yang masih asri.

Bila Anda sudah puas menikmati Coban Jodo itu, Anda bisa menjelajahi beberapa coban lainnya yang letaknya tak jauh dari wisata itu seperti Coban Kricik, Coban Arema, dan Coban Suko.

Akses menuju wisata Coban Jodo terbilang sangat mudah. Dari Stasiun Kota Baru Malang naik kendaraan sekitar 25 kilometer. Rutenya dari pusat Kota Malang Anda menuju ke arah Tumpang. Di Tumpang terdapat pertigaan ambil arah ke kiri menuju Desa Ngadirejo.

Di sana terdapat papan petunjuk ke arah air terjun tersebut. Jika sudah sampai di daerah Bendolawang, lokasi Coban Jodo sudah dekat dari situ. Anda tinggal menempuh perjalan sedikit lagi nanti akan bertemu dengan lokasi air terjun tersebut.

Sesampainya di tempat parkir kendaraan, Anda cukup berjalan kaki pada jalanan setapak dengan jarak sekitar 1,5 kilometer dengan medan menurun dan menyusuri sungai. 

Namun, perjalanan Anda dijamin akan terbayar dengan kepuasan karena di sepanjang jalan setapak itu Anda akan disuguhi pemandangan alam dan beberapa air terjun yang keren untuk dijadikan latar objek fotografi dan swafoto.


Topik

Wisata wisata-alam Coban-Jodo wisata-malang air-terjun-malang Jabung-Kabupaten-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafii

Editor

Heryanto