Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Sosialisasikan Bantuan Keuangan Khusus, Bupati Lumajang Mewanti- wanti Transparansi

Penulis : M. Imron - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - Sep - 2017, 18:28

Placeholder
Kepala Dinas PUTR, Ir. Hadi Prayetno saat menyampaikan Sosialisasi program BKK di Pendopo Lumajang

Pemerintah Kabupaten Lumajang terutama Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) berupaya meningkatkan pembangunan infrastuktur secara menyeluruh di semua desa. Salah satunya melalui program Bantuan Keuangan Khusus (BKK). 

Penyaluran dan pemanfaatan BKK dimulai dari perencanaan yang matang dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan teknis yang ada.

Bupati Lumajang, Drs. As'at Malik mengatakan, anggaran APBDes memegang peran yang teramat penting sehingga haruslah bekerja berdasarkan norma, standar prosedur dan kriteria.

"Dengan demikian pemanfaatan Dana BKK bisa sesuai dengan tujuan dan tepat sasaran," kata Bupati Lumajang saat membuka sosialisasi BKK di Pendopo Lumajang, Kamis (07/09).

Bupati mengingatkan agar desa membuat rancangan yang tepat, sesuaikan dengan prosedur yang ada. Harus tranparan, terarah dan tidak ada penyimpangan.

"Saya tidak ingin dana BKK ini disalahgunakan untuk tujuan-tujuan yang tidak jelas, karena ini bersumber dari dana APBD untuk pembangunan, jadi harus dipertanggungjawabkan dengan baik," terang Bupati.

Sembari itu bupati meminta kepada pihak penegak hukum, inspektorat, kepolisian dan kejaksaan ikut terlibat melakukan pengawasan terhadap program BKK.

Kepala Dinas PUTR, Ir. Hadi Prayitno menilai kebutuhan dan kondisi infrastuktur pedesaan masih kurang. "Banyak yang rusak dan perlu adanya perbaikan," terangnya.

Selain itu, peningkatan kapasitas masyarakat dan kelembagaan di tingkat desa dan kecamatan di Lumajang perlu perhatian sehingga pada tahun 2017 Pemkab Lumajang mengalokasikan dana untuk BKK sebesar Rp 47.688.759.532 yang terbagi menjadi 514 proposal.

"Hingga hari ini usulan proposal yang sudah diverifikasi dan sudah diterbitkan dalam bentuk SK sebanyak 304 buah proposal dengan anggaran Rp 28.493.596.311," tutur Hadi kemudian.


Topik

Peristiwa Bantuan-Keuangan-Khusus Bupati-Lumajang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Imron

Editor

Sri Kurnia Mahiruni