Wisata Boon Pring Kabupaten Malang Disaingkan dengan Desa Wisata Lain di Indonesia

Wisata Boon Pring Kabupaten Malang Disaingkan dengan Desa Wisata Lain di Indonesia
Wisata Boon Pring Kabupaten Malang Disaingkan dengan Desa Wisata Lain di Indonesia

JATIMTIMES, MALANG – Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang sebagai leading sector kian getol mengembangkan wisata berbasis masyarakat di wilayahnya.

Salah satunya, tahun ini Pemkab Malang akan mengangkat potensi wisata di Desa Wisata Boon Pring Andeman, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen lewat lomba Community Based Tourism (CBT) 2017 bertaraf nasional.

Program lomba CBT dicanangkan Kementerian Pariwisata untuk mengembangkan potensi wisata di setiap daerah di Indonesia. 

Selain itu sasaran dan target program CBT ini adalah mengembangkan destinasi wisata yang ada melalui pemberdayaan masyarakat lokal sehingga andil masyarakat dalam membangun, merencanakan dan mengelola wisata menjadi semakin besar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara menjelaskan Desa Wisata (DeWi) Boon Pring Andeman di Desa Sanankerto ini sengaja diikutsertakan dalam lomba CBT tingkat nasional menyesuaikan dengan program dari Kementerian Pariwisata.

"Kenapa kita angkat wisata Boon Pring Andeman ini, karena wisata ini sudah dikenal masyakat umum di Indonesia baik melalui web online maupun dari berbagai media lainnya. Karena itu tahun ini kami angkat dan kami promosikan melalui lomba CBT nasional, dimana tahun sebelumnya kita sudah mengangkat wisata Pujon Kidul di ajang yang sama," kata Made saat ditemui MalangTIMES saat menghadiri lomba Ngalam Edan Mancing bertajuk peduli lingkungan yang digelar di Desa Wisata Boon Pring Andeman, Minggu (10/9/2017).

Wisata Boon Pring Andeman ini, lanjut Made, merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Malang yang diikutkan ke lomba akbar untuk bersaing dengan desa wisata lainnya di seluruh Indonesia. 

"Kita berharap wisata Boon Pring sukses dan meningkatkan jumlah kunjungan wisata, serta kian diminati banyak wisatawan seperti wisata Pujon Kidul itu," jelasnya.

Di sisi lain Wisata Boon Pring ini bernaung di bawah Badan Usaha Milik Desa (BumDes) dalam pelaksanaan dan pengelolaan wisatanya. 

"Artinya pengembangan wisata plus pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat sendiri sebagai pemilik, pengawas sekaligus pelakunya. Diharapkan keberadaan desa wisata ini mampu meningkatkan ekonomi warga sekitar," beber Made kepada Media Online Berjejaring Terbesar di Indonesia ini.

Pewarta : Imam Syafii
Editor : Heryanto
Publisher : Aditya Fachril Bayu Anandhika
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top