Pemkab Malang akan Kembangkan Smart Village di Desa Wisata

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Malang agar berdaya saing tinggi, Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) akan menerapkan smart village di masing-masing desa wisata  yang ada. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara mengatakan program smart village tourism  merupakan program dari Kementerian Pariwisata yang bertujuan meningkatkan daya saing desa wisata dan nilai jual potensi pariwisata di wilayah tersebut.

"Ke depan kami ingin mengembangkan smart village di masing-masing desa wisata di Kabupaten Malang dengan memanfaatkan kemajuan teknologi," ungkap Made kepada MalangTIMES saat menghadiri kegiatan di Desa Wisata Boon Pring Andeman, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Minggu (10/9/2017).

Keberadaan program smart city ini sangat penting untuk meningkatkan kunjungan wisata. Selain itu, program ini  bertujuan meningkatkan persaingan wisata menghadapi era teknologi dan digitalisasi berskala nasional maupun Internasional.

"Kami ingin wisata Boon Pring Andeman ke depan menerapkan sistem smart village dengan digitalisasi di berbagai sisi," ucapnya.

"Kalau smart city itu sudah biasa, tapi smart village ini masih belum ada daerah yang menerapkannya. Jadi program ini satu-satunya di Kabupaten Malang sebagai pelopornya," lanjut pria asal Bali itu.

Made menerangkan dengan smart village ini wisatawan bisa melihat semua nformasi tentang potensi wisata melalui website online.

"Jadi nanti wisatawan tinggal klik saja, semua informasi wisata akan tersaji di website itu. Misalkan jumlah kunjungan, wahana yang tersedia, profil wisata dan informasi lengkap lainnya. Ke depan kami akan mengembangkannya  dalam bentuk aplikasi digital," ujarnya.

Pewarta : Imam Syafii
Editor : Heryanto
Publisher : Angga .
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top