Melongok Warung Kopitan Bu Iin di Pasar Induk Banyuwangi yang Pernah Dikunjungi Tiga Bupati Bergantian

Kopi Ketan Pasar Induk Banyuwangi. Bu Iin saat meladeni pelanggannya, minum kopi dan menyantap ketan kirip di warungnya
Kopi Ketan Pasar Induk Banyuwangi. Bu Iin saat meladeni pelanggannya, minum kopi dan menyantap ketan kirip di warungnya

JATIMTIMES, BANYUWANGI – Siapa sangka warung kopi dan ketan kirip (Kopitan) di dalam pasar induk Banyuwangi, milik seorang ibu paroh baya bernama Mutmainah dalam beberapa dekade ini sempat menjadi jujugan beberapa bupati ?

Bahkan baru-baru ini, seorang bupati wanita yang menjabat di Pandeglang, Propinsi Banten juga mampir di warungnya walau hanya sekedar untuk menyeruput kopi buatannya. Tak tanggung-tanggung, 30 pejabat di lingkungan kabupaten ujung barat Propinsi Banten itu juga ikut serta mengiringi kunjungan bupati cantik yang bernama Irna Narulita, pada Jumat siang (8/9/17) lalu.

Mutmainah atau yang akrab disapa Bu Iin ini mengaku berjualan kopi dan ketan kirip serta beberapa jajanan lainnya di pasar induk Banyuwangi sudah 21 tahun lamanya. Setiap harinya, dia membuka lapak warungnya seusai subuh hingga siang hari. Kata Bu Iin, warung kopi dan ketan kirip dagangannya ini merupakan warisan turun menurun dari ayahnya.

"Makanya kopi dan ketan kirip buatan saya ini kualitas dan cita rasanya masih sama dengan sewaktu ayah saya yang berjualan," tuturnya.

Selama menggantikan ayahnya berjualan, kata Bu Iin, warungnya sering dikunjungi para pegawai maupun pejabat tinggi daerah Banyuwangi. Seperti halnya Bupati Ratna Ani Lestari dan juga Bupati Abdullah Azwar Anas yang merupakan bupati asli putra daerah Banyuwangi juga pernah menyempatkan diri minum kopi dan makan ketan kirip di warungnya.

"Baru-baru ini malahan ada pejabat tinggi wanita yang ayu parasnya, eh tidak sangka, ternyata itu Bupati Pandeglang lho Pak. Beliau mampir ngopi bersama bawahannya sebanyak 30 orang sambil makan rujak soto di warungnya Bu Wati yang gandeng dengan warung saya ini," beber Bu Iin dengan nada bangga. 

Tak pelak mampirnya Bupati Pandeglang, Irna Narulita di warungnya pada Jumat siang lalu itu, membawa berkah tersendiri bagi dirinya. 

"Minimal jadi promosi gratis lah Pak. Lha wong Bupati bersama pejabat-pejabat tingginya mau mampir dan ngopi di warung saya kok," lontar Bu Iin lagi dengan senyum sederhana khasnya. 

Terkait rencana renovasi dan pembangunan pasar induk Banyuwangi tempatnya berjualan, Bu Iin berharap agar para pedagang kompak satu suara karena harapan kedepannya demi kemajuan.

"Saya mendukung rencana renovasi dan pembangunan pasar ini Pak, karena semua untuk kemajuan. Dan yang lebih penting nantinya bisa membawa berkah dagangan saya semakin laris setiap harinya," pungkas Bu Iin. 

Pewarta : Hakim Said
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Banyuwangi TIMES
  • Mobil Dinas Depag Diseruduk Truk Fuso

    Mobil Dinas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Situbondo P 32 IP yang dikemudikan Samsi dan membawa penumpang sebanyak 4 orang diseruduk truk Fuso DK 9527 PH, Kamis (22/2).

  • Polisi Bekuk Komplotan 'Ludah Api' Pelaku Pecah Kaca Mobil

    Satreskrim Polrestabes Surabaya menangkap komplotan pelaku kejahatan pecah kaca mobil. Ada empat orang pelaku yang diamankan belum lama ini. Komplotan penjahat pecah kaca ini, melakukan kejahatan dengan membobol mobil milik korban M Dillip (41), warga Kl

  • Heboh, Ada Kebakarandi Predator Fun Park

    Sejumlah 50 karyawan Predator Fun Park dibuat panik dengan nyala api yang cukup besar di area halaman parkir Predator Fun Park, Kamis (22/2/2018). Untungnya itu hanyalah sebuah kegiatan simulasi penanggulangan bencana kebakaran yang digelar Dinas Penanggu

  • Ketua FKUB : Lumajang Miliki Prestasi Kerukunan Ummat Sudah Ratusan Tahun

    Terkait berbagai isu perpecahan yang dihubungkan dengan sebuah insiden di Senduro Lumajang, Ketua Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) Lumajang, Drs. H. M. Khoiri M.Pdi menyebut bahwa Lumajang memiliki sejarah dan prestasi kerukunan ummat beragama sejak

  • Surabaya Kembangkan Pertanian Terpadu dengan Peternakan dan Perikanan

    Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mengembangkan ruang terbuka hijau (RTH) di daerah Jeruk, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya. Area seluas enam hektare itu rencananya akan digunakan sebagai lahan untuk pertanian terpadu.

  • Pembunuh Penjaga Rental PS Perankan 24 Adegan

    Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kediri, Jawa Timur, menggelar rekonstruksi pembunuhan sadis terhadap korban Achmad Wahyu Sobirin (26), seorang penjaga rental play station (PS) yang dilakukan Mohamad Ubaitul Anas (25), warga Desa Dukuh! Kecamat

  • Luapan Sungai Welang Putus Jalur Pantura Pasuruan-Probolinggo 8 Jam

    Curah hujan tinggi yang bersamaan dengan air laut pasang mengakibatkan sejumlah kawasan di Kota dan Kabupaten Pasuruan tergenang banjir. Bahkan, luapan Daerah Aliran Sungai (DAS) Welang, selain menggenangi kawasan pemukiman warga setinggi 50-100 sentimete

  • Siapa Yang Pantas Jadi Playmaker Arema FC?

    Berstatus pemain yang pernah menjadi pujaan Aremania pada kompetisi musim 2013-2014 tak membuat Gustavo Lopez akan mudah direkrut oleh Arema FC. Saat ini Singo Edan menetapkan playmaker asal Argentina tersebut sebagai pemain trial (magang) di Piala Gubern

  • Marak Kekerasan terhadap Ulama, Ini Sikap MUI Kabupaten Blitar

    Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Blitar mengambil sikap terkait fenomena teror dan penganiayaan fisik terhadap ulama yang dilakukan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ). Kejadian tersebut akhir-akhir ini marak terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

  • Teatrikal Dewan Pemangsa Rakyat Warnai Aksi Penolakan Revisi UU MD3 di Kota Malang

    Pengesahan Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD atau UU MD3 oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mendapat penolakan dari berbagai pihak, termasuk di Kota Malang. Hari ini (22/2/2018) belasan aktivis dari Malang Corruption Watch (MCW) bersama pe

  • Anggota Komisi VI DPR Ajak Bangun Indonesia lewat Wirausaha

    Anggota DPR RI Komisi VI dari Fraksi PKB Ir HM. Nasim Khan menggelar dialog interaktif pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat di aula Desa Trigonco, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Rabu (22/02).

  • Banyak Kasus Teror Dilakukan Orang Gila, Ini Kata Ahli Jiwa RSJ Menur

    Banyak kasus teror yang terjadi beberapa waktu terakhir di Jawa Timur diketahui dilakukan pelaku yang mengalami gangguan jiwa. Berikut penjelasan pakar kejiwaan terkait perilaku agresif dari pengidap kejiwaan. Psikiater RS Menur Surabaya dr Hendro Riyant

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top