Proses Pencetakan KIA di Kabupaten Blitar Berjalan Lancar

Proses pencetakan KIA di Dispendukcapil Kabupaten Blitar. (Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Proses pencetakan KIA di Dispendukcapil Kabupaten Blitar. (Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Proses percetakan kartu identitas anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar mulai dilakukan. Saat ini Dispendukcapil sudah menrima stok blangko KIA berkisar 20 ribu.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar Eko Budi Winarso menjelaskan bahwa pencetakan KIA berbeda dengan e-KTP. Ia memastikan bahwa hingga saat ini proses pencetakan KIA di Kabupaten Blitar berjalan lancar tanpa menemui kendala.

“Tidak ada kendala. Alat untuk mencetak KIA lebih sederhana dari mesin pencetak e-KTP. Juga tidak perlu konsolidasi pusat, tidak perlu foto rekam chip-nya. Tetapi langsung foto KIA tersebut kita scan dan masuk ke dalam format KIA tersebut,” jelas Eko kepada BLITARTIMES, Rabu (13/9/2017).

Eko menerangkan bahwa  pembuatan KIA anak usia 0 hingga 5 tahun harus lebih cepat dari anak usia 6 tahun atau kelas 1 SD. Sebab, KIA untuk anak kelas 1 SD ini harus ada fotoya. Sedangkan KIA bagi anak usia 0 hingga 5 tahun belum diberi foto.

Sementara Kabid Bidang Data dan Inovasi Pelayanan Dispendukcapil Kabupaten Blitar Budi Santosa mengatakan total di Kabupaten Blitar ini ada 290 ribu 130 warga yang harus mendapatkan KIA .karena terbatasnya blangko KIA, pencetakan KIA akan dilakukan secara bertahap dan fokus Dispendukcapil saat ini menyelesaikan pencetakan KIA untuk anak usia 0 sampai dengan 6 tahun melalui kerja sama dengan Dinas Pendidikan. “Untuk saat ini kami cetak KIA anak usia TK dan PAUD, kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Dijelaskan, supaya tidak terjadi penumpukan dan pengantrean, pihaknya mengimbau kepada warga yang ingin mengurus KIA untuk mengusulkannya melalui puskesmas, posyandu dan TK di bawah naungan Dinas Pendidikan. “Tidak perlu berbondong-bondong ke Dispendukcapil. Ada lembaga bawah yang menjadi mitra kita. Ngurusnya tentu semakin mudah,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top