Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pasca Imuniasai MR, Ratusan Anak di Blitar Alami KIPI

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Heryanto

14 - Sep - 2017, 18:20

Placeholder
Ilustrasi.(Foto : google images)

Pelaksanaan imunasi MR  atau measless (campak) dan rubella fase pertama periode Agustus-September 2017 sedang berlangsung di Kabupaten Blitar.

Dari ribuan anak yang sudah mendapatkan imunisasi MR, ratusan anak mengalami efek samping atau Ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Hingga saat ini tercatat ada 315 KIPI yang sudah dilaporkan ke Dinkes Kabupaten Blitar dengan rindican 279 anak mengalami gejala ringan dan 36 mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit dan puskesmas.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, banyaknya laporan  ini merupakan bukti  semakin tingginya tingkat pengetahuan masyarakat terkait KIPI, setelah dilakukan berbagai sosialisasi tentang imunisasi MR dan efek yang mungkin timbul pasca pemberian imunisasi. 

"Masyarakat semakin paham jika memang terkadang ada efek yang ditimbulkan pasca imunisasi, sehingga mereka tidak merasa takut untuk melaporkan ke dinkes termasuk untuk mengatasi efek tersebut," tegas Krisna Yekti.

Ditegaskan, meski jumlahnya cukup banyak, namun sebagian besar KIPI yang dialami adalah efek ringan seperti demam, muntah hingga diare.

Mereka cukup diberikan obat dapat sembuh dan hanya menjalani rawat jalan. Sementara sebagian kecil memang harus dirawat di rumah sakit karena mengalami penurunan kondisi tubuh.

“Efek samping pasca imunisasi ini tiap anak akan berbeda. Namun semua itu intinya terletak pada sistem imunitas (kemampuan tubuh untuk mengelola  kekebalan tubuhnya sendiri ) pada masing-masing anak,” paparnya.

Imunisasi MR di Kabupaten Blitar menyasar 250 ribu anak dan balita yang tersebsar di 24 puskesmas di 22 kecamatan.(*)


Topik

Peristiwa imunasi-MR measless Ratusan-Anak Dinas-Kesehatan Kabupaten-Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Heryanto