Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya Hidup Label Artis Ibukota Gempur Industri Fesyen di Malang (11)

Meski Rancangan Artis Ibukota, Busana Ini Ternyata Kurang Diminati Warga Malang

Penulis : Wahida Rahmania Arifah - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

20 - Sep - 2017, 17:08

Placeholder
Gaya busana simple and chic ala artis Zaskia Adya Mecca. Style ini menginspirasinya mendirikan label Meccanism (foto via Instagram @zaskiadyamecca)

Menyebut Malang sebagai jujukan artis ibukota tidak salah. Bukan hanya kuliner yang dibidik, industri mode di Bumi Arema tak luput dari roda bisnis para artis ibukota. 

Diantara para artis yang buka gerai fesyen di Malang, ada beberapa yang memiliki label fesyen. Mereka bukan hanya menjadi duta produk mereka sendiri. Tak tanggung-tanggung, artis ibukota sebut saja Zaskia Adya Mecca dan Zaskia Sungkar juga terlibat dalam merancang busana. 

Selain mereka ada nama Sandra Dewi dan Nagita Slavina yang masing-masing juga terlibat dalam pemilihan desain produk fesyen. Bila Sandra keluarkan lini fashion produk pakaian, maka Nagita mengeluarkan seri kerudung motif premium. 

Keempat artis ibukota itu punya gerai di Kota Malang. Sandra dan Nagita menawarkan produk mereka secara online di agen resmi mereka yang ada di Kota Malang. 

Zaskia Adya Mecca dengan label Meccanism baru saja membuka gerai di Jalan Soekarno Hatta nomor 34 Kavling 5 Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Sedangkan, busana rancangan artis Zaskia Sungkar sebelumnya dipasarkan di Widi Boutique, Tlogomas, Kota Malang. 

Diakui pemilik Widi Boutique, Inda Maria Ulfa Widiana busana rancangan Zaskia Sungkar kurang diminati pasar lantaran harga yang dipatok. "Kalau di sini kan banyak mahasiswa ya, jadi kalau rancangan Zaskia Sungkar kan dengan harga segitu kok kayaknya enggak banyak jadinya yang beli," ungkap Inda pada MALANGTIMES. 

Karena itulah, Inda tidak lagi menjadi distributor produk fesyen Zaskia Sungkar. Bahkan kala sang artis punya lini fashion teranyar, Kia by Zaskia Sungkar, Inda mengaku ragu. "Kalau pun buka di Malang saya rasa kurang cocok ya pasarnya," tuturnya. 

Sebagaimana perancang mode lain, Zaskia Sungkar punya ciri khas. Artis kelahiran 1990 itu menampilkan look classy nan elegan dengan pemakaian bahan-bahan premium. Busana keluaran Zaskia Sungkar, menurut Inda, dari segi harga tidak cocok dengan pangsa pasar mode di Malang yang didominasi anak muda dan mahasiswa. 

Senada dengan Inda. Pengamat mode asal Malang, Hermina Andreyani juga menilai artis ibukota yang membuka gerai di Malang harus memperhatikan faktor harga. Bukan hanya itu, desainer senior Indonesia itu juga melihat rancangan desainer yang cocok di pasar mode Malang justru yang sederhana. 

Gaya busana yang ditampilkan artis Zaskia Adya Mecca melalui label Meccanism dinilai Hermina pas dengan pangsa pasar mode di Malang. 

"Kalau saya pribadi melihat artis yang jadi desainer, menurut saya enggak ada salahnya. Kalau untuk pasar mode Malang, gayanya Zaskia Mecca itu cocok. Style dia sendiri itu simpel dan enggak mahal. Jadi kalau dia bikin label yang jual baju-baju yang dia pakai ya sangat pas di Malang," tutur pemilik sekolah mode Quinna School of Fashion itu. 

 Tanpa membandingkan artis ibukota satu dengan lainnya, Hermina menilai pasar mode Malang memang belum bisa seperti Bandung dan Jakarta. 

"Coba lihat butik-butik artis yang buka di Malang, kalau saya perhatikan yang laku yang desain yang simpel saja karena masyarakat Malang ini orangnya enggak mau ribet dan mereka suka desain yang simpel," jelas desainer jebolan sekolah mode di Australia itu. 

Hermina melanjutkan, karakter busana masyarakat Malang juga cenderung kurang berani mengikuti arus mode yang berkembang. 

"Orang Malang itu sederhana, jadi enggak perlu desain yang aneh-aneh.  Mereka tidak berani memulai memakai busana tren terbaru. Kalau ada seseorang yang berani memulai barulah mereka berani ikutan," pungkasnya. (*)


Topik

Gaya Hidup Gaya-busana label-artis-ibukota Zaskia-Adya-Mecca



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania Arifah

Editor

Sri Kurnia Mahiruni