Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Tingkatkan Kinerja, Dispendukcapil Kabupaten Blitar Gelar Bimtek

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Lazuardi Firdaus

13 - Oct - 2017, 18:10

Placeholder
Bimtek Dispendukcapil Kabupaten Blitar di Hotel Savana Malang.(Foto : BlitarTIMES)

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar menggelar bimbingan teknik (bimtek) peningkatan kapasitas aparatur sipil negara 29-30 September 2017 di Hotel Savana, Kota Malang.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh pegawai tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar Eko Budi Winarso. Dalam sambutannya, Eko mengungkapkan bahwa pihaknya sangat perlu meningkatkan kapasitas pejabat Disdpendukcapil agar mampu memberikan pelayanan secara maksimal.

Saat dikonformasi, Sekretaris Dispendukcapil Kabupaten Blitar Indah Ariyani mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pegawai di jajaran Dispendukcapil Kabupaten Blitar.  Diharapkan bimtek ini dapat meningkatkan kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Sesuai dengan Nawacita, saat ini birokrasi adalah melayani, bukan dilayani. Sehingga bimtek ini membahas kiat-kiat menuju supaya masyarakat itu bahagia dengan pelayanan kita,” kata Indah Ariyani kepada BLITARTIMES.

Sesuai dengan Nawacita, negara harus hadir memberikan layanan prima kepada masyarakat. Menurut Indah, implementasi negara hadir tersebut adalah memberikan rasa aman dan nyaman dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan di Dispendukcapil.

Sementara narasumber bimtek, dr I Gede Wibawe dari Universitas Udayana Bali, menjelaskan implementasi PP 12 No 17 tentang pelayanan publik. Menurut dia, pelayanan publik harus diakses masyarakat secara gratis.

“Dalam implementasi gratis tersebut, OPD diawasi oleh LSM, diawasi oleh masyarakat. Masyarakat sekarang itu kan sudah kritis. Sehingga pelayanan adminduk harus gratis,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pelayanan gratis tersebut harus bisa membahagiakan masyarakat. Sehingga, dalam pelaksanaanya pelayanan tersebut harus ramah, cermat, cepat dan gratis sesuai dengan undang-undang.

Kegiatan bimtek ditutup dengan permainan outbound di Kota Batu. Permainan outbound sebagai upaya memperkuat kerja sama dan pembentukan tim yang solid. Diharapkan, lewat outbound ini, interaksi, komunikasi, serta teamwork pegawai Dispendukcapil semakin baik dan berdampak terhadap pelayanan prima administrasi kependudukan. (*)


Topik

Advertorial Dispendukcapil Kabupaten-Blitar bimbingan-teknik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Lazuardi Firdaus