Inovasi Basis Tekhnologi Jatim Diproyeksi Setara dengan Jakarta

Menteri Riset dan Dikti M Nasir saat melihat pameran inovasi berbasis tekhnologi di Grand City, Surabaya (Foto : M Bahrul Marzuki/SurabayaTIMES)
Menteri Riset dan Dikti M Nasir saat melihat pameran inovasi berbasis tekhnologi di Grand City, Surabaya (Foto : M Bahrul Marzuki/SurabayaTIMES)

JATIMTIMES, SURABAYA – Menteri Riset, Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir dan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf membuka pameran inovasi berbasis tekhnologi bertempat di Grand City, Surabaya, Kamis (19/10/2017) .

Pameran ini diikuti oleh 458 startup atau inovator di bidang tekhnologi. Mereka berasal dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Ada dari perwakilan perorangan hingga perguruan tinggi.

 Acara dibuka pada pukul 11.00 WIB atau masih akan terus berlangsung sampai Minggu (22/10/2017) mendatang. 

Peserta terdiri dari delapan bidang yakni pangan, energi, transportasi, material maju, bahan baku, pertahanan dan keamanan, TIK, kesehatan obat. Semuanya merupakan binaan dari Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti tahun 2017.

Dalam sambutannya M Nasir mengatakan pemilihan Jawa Timur sebagai tempat pelaksanaan pameran karena startup company di Jawa Timur sudah berkembang.

Sejajar dengan Jakarta serta Jawa Barat. “Sebelumnya selama dua tahun pameran selalu diadakan di Jakarta,” ujarnya.

Dia melanjutkan untuk menumbuhkan iklim yang kondusif bagi pengembangan inovasi harus dipertemukan dengan dunia bisnis. Tujuannya, memberikan nilai tambah dan menjaga kesinambungan inovasi.

Tanpa kolaborasi dengan bisnis karya inovasi hanya akan tercatat di laboratorium kampus. “Tanpa memberikan manfaat nyata bagi masyarakat maupun inovatornya,” kata dia.

Pameran startup ini, lanjutnya, juga terus meningkat. Karena pada tahun 2015 lalu peserta hanya berjumlah 52.

Tahun 2016 meningkat menjadi 203. Saat ini naik kembali hampir seratus persen. Sementara tahun 2018 mendatang peserta ditargetkan bertambah hingga 800 startup.

Dalam kesempatan itu juga Nasir sempat menyinggung bahwa usaha ekonomi berbasis tekhnologi di Indonesia masih cukup minim.

Angkanya belum sampai satu persen. Padahal di Negara lain seperti Malaysia dan Singapura angkanya sudah lebih.

Sementara itu Saifullah Yusuf mengaku bangga dengan perkembangan yang ada di Jawa Timur. Karena perwakilan dari Jawa Timur sampai 147 startup. “Itu karena usaha dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Jawa Timur,” bebernya.

Penggunaan tekhnologi ini lanjut Gus Ipul demikian biasa disapa memerlukan inovasi baru. Misalnya petani perlu berinovasi hingga tidak hanya menjual gabah atau beras namun harus sudah menjadi hasil olahan lain.

“Inovasi dan tekhnologi sudah menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Rasa bangga luar biasa saya sampaikan. Semoga ini bisa menginspirasi,” imbuhnya.

Pewarta : M. Bahrul Marzuki
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Surabaya TIMES
  • Arema FC Lumat Bhayangkara FC 4-0, Gol Dipersembahkan Duo Dedik- Rivaldi

    Di hadapan 3394 ribu Aremania tim Singo Edan tampil garang melumat Bhayangkara FC dengan skor akhir 4-0 di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Selasa (22/5/2018) malam.

  • Suporter Bonek dan Jakmania Tewas Akibat Tabrak Lari

    Seorang suporter sepak bola Persebaya atau Bonek dilaporkan tewas akibat kecelakaan. Dia diduga menjadi korban tabrak lari. Bersamaan dengan dia seorang suporter Persija, Jakmania juga dilaporkan tewas. Karena ke duanya mengendarai motor berboncengan.

  • Viral, Hanya dengan Kaleng Bekas Pemuda Ini Mampu Saingi DJ

    Lagu yang menghentak khas DJ kerap sukses membawa penikmat musik bergoyang. Dengan peralatan yang canggih dan teknik yang baik akan menghasilkan musik yang ciamik. Namun bagi pemuda satu ini, untuk menjadi DJ tidak perlu menggunakan alat yang mahal.

  • Hari Jadi Jombang Masih dalam Pembahasan Raperda

    Kabupaten Jombang sebentar lagi akan memiliki regulasi yang mengatur tentang hari jadi kabupaten yang dijuluki sebagai kota santri ini. Regulasi tersebut tertuang pada Peraturan Daerah Kabupaten Jombang yang akan segera diselesaikan pada tahun 2018 ini.

  • Ngabuburit di Karang Menjangan, Emil Dardak Jadi Koki Martabak Mie Madura

    Emil Elestianto Dardak, cawagub Jatim nomor urut satu mengisi kampanye di bulan Ramadhan dengan ngabuburit berburu sajian takjil buka puasa di Pasar kaget takjil Karang Menjangan, Surabaya, Rabu (23/5/2018).

  • Sebanyak 167.839 Kertas Suara Pilgub Dilipat, Target Selesai Besok

    Meski pencoblosan pilkada serentak masih kurang satu bulan lima hari, namun KPU Kota Probolinggo sudah melaksanakan pelipatan kertas suara. Selasa (22/5) puluhan pemuda di Aula KPU Probolinggo tampak sibuk melipat kertas suara. Untuk kali ini, yang dilipa

  • Babak Pertama, Arema FC Unggul 2-0 Atas Bhayangkara FC

    Pertandingan babak pertama antara Arema FC melawan Bhayangkara FC di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Selasa (22/5/2018) malam didominasi Arema FC dengan skor 2-0. Dua gol diciptakan oleh Rivaldi Bawuo pada menit 9 dan Dedik Setiawan pada menit 24.

  • Tersungkur, Bapak Tukang Bakso Ini Bikin Netizen Iba

    Sebuah video viral di media sosial dan sempat membuat netizen iba. Seorang penjual bakso terekam saat terjatuh dan semua dagangannya tumpah di jalanan.

  • Tak Berizin, Galian Pipa Gas Bumi Dihentikan

    Setelah sempat ditutup, Senin (21/5) kemarin, proyek galian pipa gas bumi di Jalan Hayam Wuruk Kota Probolinggo, dilanjutkan lagi. Proyek yang dikerjakan PT Dharma Sumber Pundi Artha itu sempat dihentikan Satpol PP, lantaran diduga belum mengantongi izin.

  • Sekda Kota Kediri Apresiasi Keberadaan Ponpes Di Kota Kediri

    Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu hadiri acara Buka Bersama dan Pemberian Santunan Bagi Anak Yatim yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Wali Barokah Kota Kediri, Selasa (22/5) di Pondok Wali Barokah.

  • Safari Ramadhan di Masjid Quba, Pemkot Malang Ingatkan Jamaah Gunakan Hak Pilih

    Safari Ramadhan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang 1439 H berlanjut di Masjid Quba, Kelurahan Bareng. Pada safari ke empat, Selasa (22/5/2018) malam, pemkot menyampaikan beberapa imbauan pada masyarakat. Salah satunya terkait penggunaan hak suara dalam Pilka

  • Dinas Pendidikan Kota Kediri Buka Pendaftaran PPDB Online Jenjang SD

    Jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bersistem online jenjang Sekolah Dasar (SD) tahun 2018, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri bakal membuka lebih banyak tempat pendaftaran di masing-masing sekolah.

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top