Yummy... Ketan Bertopping Mangga Segar Ini Lagi Digandrungi Orang di Malang

Kreasi mango sticky rice wanita asal Malang Sheila Sagita dijual melalui akun Instagram @smoothieskitchen (foto: istimewa)
Kreasi mango sticky rice wanita asal Malang Sheila Sagita dijual melalui akun Instagram @smoothieskitchen (foto: istimewa)

JATIMTIMES, MALANG – Bukan hanya jus mangga segar berpadu whipcream yang sedang digandrungi. Inovasi kuliner yang jadi buah bibir lainnya adalah makan ketan bersama buah mangga. Yup, kuliner dengan nama mango sticky rice sedang digemari banyak orang Indonesia. Enggak mau kalah dari daerah lain, arek Malang juga lagi gandrung dengan makanan ini. 

Sheila Sagita, pemilik Smoothies Kitchen, mengungkapkan banyak pelanggan memesan menu mango sticky rice. Oleh karena itu, wanita asal Malang itupun membuat menu kuliner asal Thailand tersebut. "Kalau musim mangga gini aku kreasikan sajian kuliner dari mangga. Karena mango smoothie ramai banget, sekarang banyak yang mau varian lagi yakni mango sticky rice," jelas Sheila pada MALANGTIMES. 

Mendengar nama mango sticky rice, ternyata bukan makan nasi dengan buah mangga. Lantas apa ya? 

Menu kuliner mango sticky rice berasal dari Thailand. Dalam bahasa Thai, mango sticky rice disebut Khao Neeo Mamuang. Makanan ini merupakan menu pencuci mulut dengan bahan ketan putih, mangga dan santan. 
Ketan putih atau Khao Neow dalam Bahasa Thai, bentuknya seperti beras atau nasi dengan rasa lebih manis dan teksturnya lebih lengket jika dibandingkan dengan nasi.

Sheila menjelaskan bahwa mango sticky rice kreasinya memang bukan nasi tetapi berupa ketan putih. Ia lantas menambahkan dengan irisan mangga matang lalu kemudian disiram dengan santan kental. 

Akan tetapi, Sheila menambahkan mango sticky rice kreasinya dengan parutan kelapa segar. "Mango sticky rice kreasi saya seperti halnya makanan ala Thailand yakni ketan mangga. Dan kita pilih ketan pilihan yang dimasak secara tradisional. Untuk sausnya juga alami dari buah kelapa murni," jelas Sheila. 

Di Thailand, mango sticky rice lantas ditaburi dengan kacang kedelai yang diolah hingga renyah. Di  Bangkok, mango sticky rice merupakan street food. Di pinggir-pinggir jalan Kota Bangkok banyak pedagang yang menjajakannya. 

Dalam sehari, Sheila mengaku ada 80 porsi mango sticky rice kreasinya yang terjual habis. "Untuk tahun ini memang banyak banget yang beli bahkan kita sampai nolak-nolak. Untuk area sekitar Malang aja itu segitu," tutur dia. 

Mango sticky rice kreasi wanita asal Malang Sheila Sagita dipasarkan melalui akun Instagram @smoothieskitchen. Untuk harga seporsi mango sticky rice ukuran large dibandrol Rp 20.000. (*)

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top