Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Peringati Sumpah Pemuda, Warga Kedawung Launching Kampung Ketupat

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Lazuardi Firdaus

28 - Oct - 2017, 14:37

Placeholder
Lanching Kampung Ketupat dan salawatan di Desa Kedawung.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Warga Desa Kedawung, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, bersama Bisham Chenoa Waterpark menyelenggarakan pesta sejuta ketupat dan salawat, Jumat (27/10/2017) malam.

 

Owner Chenoa Waterpark H Ainur Rofiq mengatakan acara yang akan digelar di Jalan Raya Desa Kedawung itu menghadirkan KH Muhammad Shonhaji Nawal Karim Zubaidi (Gus Shon) dan dihadiri 15.000 jamaah salawat. Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-89.

Dia mengatakan tujuan salawat bersama seluruh komponen masyarakat di Kedawung itu diselenggarakan adalah sebagai bentuk syukur atas keberkahan dari Allah. Diharapkan ke depan warga semakin sejahtera dengan memunculkan ikon baru, yakni ketupat.

“Ini sebagai launching awal Desa Kedawung sebagai kampung ketupat. Sehingga untuk makan ketupat tidak harus menunggu satu tahun, tapi di Desa Kedawung ini bisa setiap hari,” ujarnya.

Diharapkan, keberadaan kampung ketupat ini dapat lebih menyejahterakan masyarakat Desa Kedawung. Ketupat dipilih sebagai ikon karena merupakan tradisi Indonesia dan budaya umat muslim di Indonesia. “Kita ingin melestarikan ketupat agar budaya ketupat yang asli milik kita tidak diklaim milik orang asing,” tukasnya.

Sementara Kepala Desa Kedawung Budi Djatmiko mengatakan, sejak lama pihaknya lama mencari ikon desa. Sebab, setiap desa diharapkan memiliki ikon sebagai daya tarik pariwisata yang tentunya akan mendatangkan pemasukan bagi masyarakat.

“Kami senang sekali karena kampung ketupat ini akan menjadi wisata desa. Saya atas nama masyarakat berterima kasih dan mengucap syukur karena kampung ketupat ini akan mengangkat ekonomi masyaakat,” pungkasnya.(*)


Topik

Peristiwa berita-blitar Sumpah-Pemuda



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Lazuardi Firdaus