Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Akhirnya, Kelompok Usaha Bersama dan E-Warong Dapat Kucuran Dana 1,35 Miliar Rupiah

Penulis : Nana - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

10 - Nov - 2017, 13:25

Placeholder
Penerima manfaat PKH melalui Kube dan E-Warong yang mendapat bantuan dana pengembangan usahanya senilai Rp 1,35 miliar yang secara simbolis diserahkan oleh Bupati Malang dan Kadinsos Kabupaten Malang di Pendopo Kepanjen, Jumat (10/11) (Foto: Nana/ MalangT

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Malang akhirnya secara simbolis menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 1,35 Miliar kepada 62 Kelompok Usaha Bersama (Kube) dan 10  E- Warong di Pendopo Kepanjen Kabupaten Malang dalam peringatan Hari Pahlawan, Jumat (10/11).

Diserahkan secara langsung oleh Bupati Malang Dr H Rendra Kresna, bantuan untuk Keluarga Penerimaan Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial RI disambut gembira oleh para ketua kelompok Kube dan E-Warong selepas upacara Hari Pahlawan.

Untuk Kube setiap kelompok mendapatkan bantuan senilai Rp 20 juta untuk pengembangan berbagai usahanya di kecamatan masing-masing. Dengan total bantuan untuk 62 Kube yang ada sebesar Rp 1, 26 miliar. Sedangkan untuk E-Warong masing-masing menerima bantuan sebesar Rp 30 juta.

Ririn Dewi Indayati (28) dari Kube Sejahtera Mandiri Kecamatan Ngajum mengatakan, bantuan tersebut tentunya sangat membantu kelompoknya yang bergerak di bidang peternakan kambing maupun jasa lainnya.

"Tentunya sangat membantu mas. Kita berterimakasih kepada Dinsos Kabupaten Malang, Bapak Bupati dan Menteri Sosial. Bantuan ini bisa membuat kelompok kami berkembang," kata Ririn yang didampingi pendamping PKH Kecamatan Ngajum sambil memperlihatkan bantuan simbolisnya kepada MalangTIMES.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kube dari Kecamatan Wonosari. Binti Komariah (43) dari Kube Al-Karomah yang juga bergerak di bidang peternakan kambing menyambut gembira adanya bantuan tersebut.

Dengan mata berbinar-binar, Komariah mengatakan bahwa dirinya sangat terbantu dengan PKH melalui Kube ini. "Yang pasti kami sekarang bisa memiliki pendapatan tambahan yang lumayan dengan adanya program ini. Taraf kesejahteraan kami juga sedikit demi sedikit meningkat," ujarnya. 

Dia juga berharap bahwa bantuan melalui PKH ini bisa terus ada dan menyasar secara merata kepada masyarakat lainnya dalam bentuk Kube maupun E-Warong. "Karena manfaatnya benar-benar kami rasakan," imbuh Komariah yang memiliki anggota 31 orang di Kube-nya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Malang Sri Wahyu Puji Lestari juga menyatakan akan segera menindaklanjuti bantuan secara penuh atas hal tersebut kepada seluruh Kube dan E-Warong di Kabupaten Malang.

"Simbolisasinya sudah tinggal pencairannya ke sekitar 600 orang yang ada di Kube dan E-Warong yang mendapat bantuan," ucap Yayuk Kadinsos Kabupaten Malang.

Pihaknya akan mencari lokasi di kecamatan yang memiliki akses perbankan plat merah yang ditunjuk oleh pemerintah dalam menyalurkan dana bantuan tersebut.

"Ini agar KPM PKH yang mendapat bantuan Kube dan E-Warong bisa segera memutarnya kembali. Sehingga mereka bisa secepatnya merasakan bantuan tersebut bersama anggotanya di kecamatan," terang Yayuk.

Dari data Dinsos Kabupaten Malang terdapat 62 kelompok Kube yang mendapat bantuan tersebut. Yaitu Ngajum, Pakis, Turen, Wajak, Gondanglegi, Wonosari dan Bululawang yang  mendapat total dana sebesar Rp 1,236 miliar. Serta 10 E-Warung yang berada di Pakis, Bululawang, Tajinan, Wajak, Gondanglegi, Pagelaran, Kepanjen, Ngajum, Pakisaji, Pujon dengan nominal bantuan Rp  300.000.000. 

Yayuk berharap agar bantuan tersebut bisa terus dikembangkan di tingkat pemanfaat maupun di sisi pemerataannya bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Malang yang termasuk dalam data PKH.

"Karena melalui PKH ini juga cukup membantu program kita dalam pengentasan kemiskinan yang merupakan salah satu program Kabupaten Malang," pungkas Yayuk.


Topik

Peristiwa Kelompok-Usaha-Bersama E-Warong Dinsos-Kabupaten-Malang pemkab-malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nana

Editor

Sri Kurnia Mahiruni