Jelang Pilkada Lumajang, Tinggal 2 Partai Yang Belum Tentukan Sikap

Foto Ilustrasi Pilkada Serentak (ilustrasi)
Foto Ilustrasi Pilkada Serentak (ilustrasi)

JATIMTIMES, LUMAJANG – Dari sejumlah partai politik yang memiliki kursi di DPRD Lumajang, kini tinggal dua partai saja yang belum menentukan sikapnya menjelang Pilkada Lumajang tahun 2018 mendatang. Dua partai ini adalah Partai Demokrat dan Partai Hanura.

Partai Demokrat memiliki 6 kursi di DPRD Lumajang, sedangkan Partai Hanura memiliki 2 kursi. Sehingga masih ada 8 kursi di DPRD Lumajang yang masih bisa diperebutkan oleh para kandidat Bupati Lumajang, yang saat ini sudah melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dan pemasangan gambar diseluruh Kabupaten Lumajang.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Lumajang M. Sofi kepada media ini menyebut, sebelum akhir bulan ini partainya akan memutuskan kandidat yang akan didukungnya dalam Pilkada mendatang.

"Sekarang masih berproses di DPD dan DPP dengan memperhatikan elektabilitas calon yang akan kita dukung. InsyaAllah sebelum akhir bulan ini sudah ada keputusan. Beberapa kandidat sudah melakukan komunikasi politik dengan kita, tinggal keputusannya saja," jelas M. Sofi.

Beberapa partai yang sudah menyatakan dukungan kepada sejumlah calon Bupati Lumajang diantaranya adalah, Partai Golkar, Partai NasDem, PPP dan PKS yang sudah menyatakan dukungannya kepada H. Rofik SH. Jumlah kursi dari gabungan partai ini sebanyak 15 kursi.

Sementara PDIP dan PAN menyatakan dukungannya kepada calon incumbent H. As'at Malik. Bahkan Ketua DPD PAN H. Thoriq Alkatiri menyatakan bersedia menjadi cawabup dari As'at Malik. Kekuatan dari dua partai ini sebanyak 13 kursi, yakni 10 kursi dari PDIP dan tiga kursi dari PAN.

Kandidat lainnya yang sudah mendapatkan dukungan partai politik adalah H. Thoriqul Haq yang didukung penuh oleh PKB. Thoriqul Haq yang merupakan Sekretaris DPW PKB Jatim dan anggota DPRD Jatim, mendapatkan dukungan 9 kursi PKB di DPRD Lumajang.

Sementara Ir. Indah Amperawati saat ini memiliki jumlah dukungan 5 kursi di DPRD Lumajang dari Partai Gerindra. 

Mantan birokrasi ini menyatakan pensiun dini  dan mantap berkarir didunia politik, dan mendapatkan posisi sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Lumajang, walau sebelumnya bukan kader dari partai itu. Ir. Indah Amperawati merupakan calon bupati Lumajang dari partai besutan Prabowo Subianto ini.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Heryanto
Publisher : Angga .
Sumber : Lumajang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top