KPU Blitar Temukan Ratusan Data Ganda Anggota Parpol

Ilustrasi.(Foto : google images)
Ilustrasi.(Foto : google images)

JATIMTIMES, BLITAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar menemukan sekitar 307 data ganda dalam dokumen persyaratan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2019.

Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Blitar, Lukman Hakim, mengatakan, ada sebelas parpol yang mendaftar ke KPU Kabupaten Blitar yakni, Partai Demokrat, Gerindra, Golkar, Hanura dan Nasdem. Selain itu juga parpol PAN,PDIP, Perindo, PKS, PPP dan PKPI. Daftar kegandaan identitas anggota patpol, tercatat paling banyak didaftarkan oleh Perindo, disusul PDIP, PPP, Hanura dan Gerindra.

“Berdasarkam data rekapitulasi laporan itu disebutkan  kegandaan anggota parpol terjadi merata di 22 Kecamatan. Terbanyak di  Kecamatan Wlingi ada 39 daftar ganda. Disusul Kecamatan Wonodadi ada 35, Talun 34 dan Binangun dengan 30 daftar ganda,” beber Lukman Hakim.

Menurut Lukman, kegandaan anggota Parpol bisa terjadi dimungkinkan karena sistem pengkaderan parpol tidak berjalan. Seharusnya, anggota parpol direkrut dan dididik serta dipersiapkan untuk menjadi penerus.

Untuk proses verifikasi keanggotaan ganda tersebut, Luqman mengaku timnya telah menghubungi identitas yang bersangkutan. Sampai saat ini, KPU Kabupaten Blitar masih dalam proses verifikasi dan valifasi data untuk dilaporkan ke tim koordinasi KPU Jatim.

"Berbasis data dari kecamatan, tim telah menghubungi semuanya untuk identifikasi. Memang ada beberapa yang mengaku tidak tahu menahu pada parpol yang mendaftarkannya. Hingga disitu kami bisa pastikan, di parpol mana dia menjadi anggota," pungkasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top