Ini Manfaat Coklat Murni untuk Kesehatan yang Perlu Anda Tahu

Pohon Kakao di Kampung Coklat Blitar.(Foto : bebeja.com)
Pohon Kakao di Kampung Coklat Blitar.(Foto : bebeja.com)

JATIMTIMES, BLITAR – Banyak sekali macam-macam coklat yang dijual di pasaran tetapi banyak orang yang tidak mengetahui coklat yang banyak memiliki manfaat. Ada beberapa coklat yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, anti depresan, meningkatkan sirkulasi darah, menghindari kelelahan kronis, menghambat penuaan dan kandungan lemak rendah.

Head Office Kampung Coklat Blitar, Edi Purwanto, mengatakan coklat selama ini dikenal sebagai sumber pencetus kegemukan karena dianggap mengandung lemak yang tinggi. Tapi tak jarang orang tahu kalau coklat sebenarnya mempunyai sejuta manfaat mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, anti depresan, meningkatkan sirkulasi darah, menghindari kelelahan kronis, menghambat penuaan bahkan mengurangi kandungan lemak darah. Tapi tak semua coklat yang dijual di pasaran mempunyai manfaat ini.

“Khasiat seperti ini hanya dimiliki coklat murni atau dark coklat, yang tidak memiliki campuran apapun. Dark coklat dibuat dengan biji dari pohon kakau. Namun sayang banyak orang yang tidak menyukai dark coklat lantaran rasa yang cukup pahit. Orang yang suka mengkonsumsi dark coklat kebanyakan mencari khasiatnya saja,” kata Edi Purwanto, Selasa (14/11/2017).

Dijelaskan, proses dari biji kakau menjadi coklat dengan biji kakao yang dipilih dengan baik kemudian dipecah dan diambil biji tengah dan di proses menjadi bubuk yang bagus dan berlemak dan dicampur lisitin minyak kedelai, milk dan gula campuran dari coklat , ada jenis coklat  dark itu tidak ada campuran apapun dengan rasa yang pahit.

“Perlu diketahui di sini semakin sedikit campuran pada coklat semakin baik khasiatnya bagi tubuh. Sebab campuranlah yang membuat coklat jadi buruk seperti gula terlalu tinggi bisa sebabkan diabetes, minyak kedelai bisa membuat gemuk, dan pewarna bisa berbahaya jika pakai bahan kimia,” pungkasnya (*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top