Serius Ingin Ciptakan Budaya Bersih dan Sehat, Disdik Lakukan Ini pada UKS

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs Totok Kasianto saat memberikan arahan kepada tim pembina UKS Kota Malang, Selasa (14/11). (Foto: Hezza Sukmasita/ MalangTIMES)
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs Totok Kasianto saat memberikan arahan kepada tim pembina UKS Kota Malang, Selasa (14/11). (Foto: Hezza Sukmasita/ MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Dinas Pendidikan Kota Malang terus berupaya menciptakan lingkungan yang sehat di sekolah. Hal itu dilaksanakan salah satunya dengan mengembangkan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Untuk mencapai hal itu tentulah memerlukan berbagai persiapan dan koordinasi seluruh stake holder.

Untuk itu, Disdik Kota Malang menggelar Rapat Kerja Daerah Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah Madrasah di SDN Model Malang, Selasa (14/11). Sekretaris Disdik Kota Malang Drs Totok Kasianto mengatakan pentingnya Rakerda UKS ini adalah sebagai bentuk pemantapan organisasi pembinaan dan tim pelaksana UKS.

"Kita ingin serius melaksanakan kreasi UKS, juga 8 goal UKS sehingga tercipta peserta didik yang mandiri," tegas Totok.

Keseriusan Disdik Kota Malang dalam mengembangkan UKS tidak lain untuk meningkatkan kualitas budaya hidup bersih yang bebas dari polusi. Dengan kemampuan dan pemahaman UKS tim pembina juga dituntut untuk meningkatkan budaya lingkungan sekolah yang bebas dari asap rokok, narkoba dan lainnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Bidang Kesejahteraan Masyarakat Abdul Malik mengatakan untuk penanaman dan pembudayaan hidup sehat harus melibatkan seluruh stake holder.

"Pak lurah, puskesmas dan PKK-nya harus tahu dan ikut andil untuk menciptakan budaya bersih dan sehat. Dengan rakerda seperti ini kita jadi tahu apa yang perlu kita benahi, kita juga jadi tahu apa yang perlu kita lakukan," ujar Abdul Malik dalam kegiatan yang diikuti sedikitnya 100 tenaga pendidik dari berbagai sekolah ini.

Hal itu menurut Malik adalah sebagai bentuk tanggung jawab kepada generasi penerus bangsa. Kota Malang sendiri menargetkan 100 persen UKS benar-benar mempraktikan budaya hidup bersih dan sehat.

Hal tersebut juga diamini oleh Pembina UKS Jawa Timur Susanto. Pria yang juga sebagai pencetus logo segitiga UKS ini mengatakan agar jargon 'Sehat Dimulai dari Saya!' tidak hanya dibatin saja namun juga dipraktikan oleh seluruh pegiat UKS.

Pria yang akrab disapa Eyang Santo ini bahkan mencontohkan dirinya masih tetap sehat meski sudah berusia senja. Dengan enerjik Eyang Santo turut serta berjoged bersama siswa SD Model yang tergabung dalam paduan suara saat pentas di sela-sela rakerda.

Pewarta : Hezza Sukmasita
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top