Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

94% Koperasi di Kabupaten Blitar Tidak Memiliki Sertifikat NIK

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - Nov - 2017, 20:31

Placeholder
Ilustrasi.(Foto : google images)

Koperasi di Kabupaten Blitar cukup banyak, jumlahnya hampir mencapai 1000. Namun setiap tahun ada saja yang dibubarkan karena tidak melanjutkan kegiatan operasionalnya. Bahkan dari yang terdata, hanya sedikit yang memiliki sertifikat nomor induk koperasi.

“Jumlah koperasi di Kabupaten Blitar totalnya ada 987 koperasi. Namun dari keseluruhan jumlah tersebut baru 67 koperasi atau 6 persen yang sudah memiliki sertifikat nomor induk koperasi,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar, Didik Hariadi.

Dijelaskan, meski mayoritas belum memiliki sertifikat namun seluruh koperasi tersebut sudah memiliki nomor induk koperasi. Menurut dia, ada beberapa persyaratan agar koperasi bisa mendapat sertifikasi nomor induk koperasi, diantaranya adalah koperasi dalam kategori sehat, koperasi telah menjalankan kewajiban Rapat Anggota/Rapat Anggota Tahunan selama 3 tahun berturu-turut, dan koperasi mengisi Formulir Profil Koperasi.

"Bagi koperasi yang menginginkan sertifikasi nomor induk koperasi tentunya ada proses yang harus dilalui," jelasnya.

Didik menambahkan, pada 8 November kemarin pihaknya telah  melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Pusat untuk membahas soal nomor induk koperasi ini. (*)


Topik

Peristiwa BLITAR



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni