Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kejadian Bencana Kota Malang Naik Signifikan, Simak Daftarnya

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Heryanto

22 - Nov - 2017, 20:54

Placeholder
Kejadian tanah longsor mendominasi bencana alam yang terjadi di Kota Malang beberapa pekan terakhir. (Foto: BPBD Kota Malang for MalangTIMES)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang tampaknya tahun ini musti mengerahkan tenaga ekstra. Penyebabnya, tahun ini kejadian bencana yang melanda naik signifikan. 

Hingga pertengahan November tahun ini, BPBD mendata sudah ada 125 bencana yang terjadi. Yang mendominasi, yakni bencana banjir, tanah longsor dan puting beliung. Angka tersebut melampaui jumlah total kejadian pada 2016 lalu. 

Sepanjang tahun lalu, terdata sebanyak 97 bencana. Rinciannya, terjadi tanah longsor sebanyak 55 kali, kebakaran sebanyak 21 kali, pohon tumbang 14 kali, dan beberapa bencana lain seperti banjir dan puting beliung.

Kepala BPBD Kota Malang J Hartono mengakui bahwa kejadian banjir dan longsor meningkat di awal penghujan tahun ini. Meski demikian, potensi utama bencana di Kota Malang menurutnya justru gempa bumi.

"Dari paparan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi bencana terbesar di Kota Malang justru gempa bumi. Meskipun yang sering terjadi justru longsor, banjir, dan puting beliung," ujarnya.

Hartono menyampaikan, tahun ini Kota Malang memang terbilang lebih rawan bencana. Bahkan dalam sepekan terakhir sudah ada sekitar 10 bencana yang terjadi. "Rata-rata tanah longsor," paparnya.
Hal itu terjadi mengingat intensitas curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari belakangan. Hartono lantas mengimbau kepada masyarakat, terutama yang huniannya berada di sekitar aliran sungai, untuk meningkatkan kewaspadaan. "Apalagi yang biasa langganan banjir, harus terus hati-hati," sambungnya.

Masyarakat juga diminta segera melapor ke BPBD jika terjadi bencana, sehingga cepat tertangani. BPBD Kota Malang bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang dalam hal penanganan bencana. 

MalangTIMES mencatat sepekan terakhir terjadi beberapa kejadian longsor. Berikut daftar tiga kejadian bencana terbaru yang ditangani BPBD Kota Malang. 

1. Longsor di Kelurahan Polehan 

Jumat (17/11/2017) lalu dinding penahan rumah milik Samsul Arifin di Jalan Permadi, Kelurahan Polehan ambrol. Kejadian bermula pada sore hari sekitar pukul 15.45 WIB saat pemilik rumah sedang menonton TV. Tiba- tiba terdengar suara reruntuhan dari arah dapur. Saat dilihat, ternyata dinding sudah roboh mengenai dinding kamar tidur dan dinding dapur. Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi kerugian material ditaksir mencapai Rp 15 juta.

2. Plengsengan Ambrol di Kelurahan Sukun 

Senin (20/11/2017) lalu terjadi plengsengan di sekitar rumah warga di Jalan Simpang Sukun, Kelurahan Sukun dengan panjang pondasi sekitar 4 meter ambruk. Kejadian itu menimbulkan kerugian material sekitar Rp 5 juta. Kronologinya, berawal pada pukul 07.58 WIB air sungai yang meluap menggerus tanah dari pondasi tembok kamar mandi rumah milik Suparno. Hujan yang tak kunjung reda menyebabkan sebagian tembok dengan ketinggian 4 meter ambruk ke sungai. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, BPBD Kota Malang mencatat apabila tidak ditindaklanjuti longsor akan merambat ke bangunan sebelahnya.

3. Pagar Tembok Ambruk di Kelurahan Sumbersari

Minggu (19/11/2017) lalu, pagar tembok di sekitar Jalan Veteran Dalam, Kelurahan Sumbersari ambruk. Kejadian berlangsung sekitar pukul 13.35 WIB. Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan pagar tembok dengan panjang sekitar 16 meter dan tinggi kurang lebih 2,5 meter ambruk sehingga menutupi setengah jalanan kampung warga. Warga sekitar dibantu Tim Reaksi Cepat (TRC) melakukan kerja bakti membersihkan puing-puing reruntuhan yang longsor sehingga jalan akses kembali normal. 


Topik

Peristiwa malang berita-malang bpbd-kota-malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Heryanto