Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

BPOM Kampanye Pangan Aman lewat Ular Tangga

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Yunan Helmy

26 - Nov - 2017, 18:45

Placeholder
Permainan ular tangga orang ini digunakan BPOM untuk memperkenalkan makanan yang sehat kepada masyarakat.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Surabaya mengajak masyarakat hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Sadar Pangan Aman (Gemas Paman). Sosialisasi itu salah satunya berlangsung  di Car Free Day, Taman Bungkul, Minggu (26/11).

BPOM Surabaya tidak sendirian mengampanyekan Gemas Paman. Mereka juga menggandeng BNNP (Badan Nasional Narkotika Provinsi) Jatim serta Dinas Kesehatan Provinsi Jatim.

Gemas Paman dikemas secara fun. BPOM memperkenalkannya melalui permainan ular tangga serta dadu raksasa.

Saat itu anak kecil dikenalkan dengan makanan yang sehat. Jika dadu berhenti di tempat makanan yang baik, pemain akan naik. Sementara jika angka dadu membawa pemain ke makanan yang tidak sehat, pemain akan turun.

Dalam sambutannya, Kepala BPOM Surabaya Hardaningsih menyatakan pangan merupakan kebutuhan primer masyarakat. Sedangkan  menerapkan pola pangan yang sehat dan baik merupakan bagian dari ketahanan bangsa. "Pangan bisa membuat cerdas dan sehat. Tidak boleh diremehkan," bebernya.

Apalagi saat ini, menurut dia, ada perubahan pola pangan. Yakni dari pangan olahan domestik ke pangan olahan produksi di luar.

Nah untuk membeli makanan di luar inilah, Hardaningsih  mengajak masyarakat untuk lebih teliti. Sebab, pelaku usaha pangan tidak jarang memasukkan bahan berbahaya ke dalamnya.Antara lain borak, formalin dan rodamin atau pewarna bukan makanan. "Perlu kesadaran dari pelaku usaha untuk tidak memasukkan bahan berbahaya di makanan yang dijual,"ucapnya.

Saat acara BPOM juga membawa mobil laboratorium. Masyarakat diperbolehkan untuk menguji makanan jadi yang dibeli di sana, apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak. Apalagi, saat ajang CFD, banyak juga yang membeli makanan dari para PKL. (*)


Topik

Peristiwa surabaya



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Yunan Helmy