Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Brantas di Kembang Arum Bakal Jadi Wisata Arungi Sungai

Penulis : Mardiano Prayogo - Editor : Yunan Helmy

26 - Nov - 2017, 21:16

Placeholder
Pokmaswas Muriara Brantas bersama Kepala DLH Kabupaten Blitar Krisna Triatmanto.(Foto : BlitarTIMES)

Sungai Brantas yang ada di wilayah Sutojayan sebelumnya dikenal sebagai sungai yang menyeramkan. Pasalnya,   sungai itu memiliki air yang keruh dan deras. Namun dengan usaha dari Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Mutiara Brantas, sungai yang terletak di Desa Kembang Arum tu  sedikit membaik.

“Sejak kita berpatroli menegur warga yang buang sampah atau melakukan penyeruman ikan di sungai sekarang sungai menjadi lebih bersih dan ikannya melimpah,” ujar anggota Pokmaswas Mutiara Brantas, Tohanto, Minggu (26/11/2017).

Rupanya kegiatan patroli di sungai itu dirilik oleh lembaga luar negeri USAID. Perwakilan USAID Paul Jefry yang mempunyai misi membuat sungai di dunia bersih dari limbah dan sampah ini sangat mengapresiasi kegiatan dari komunitas ini.

“ Mr Paul sangat suka dengan kegitan kami yang keliling mengendarai perahu untuk mengawasi pembuang sampah di sungai. Dia ingin kegiatan kami tetap dilanjutkan,” ujarnya.

Ke depannya ketika sungai sudah bersih, dia ingin mewujudkan Sungai Brantas ini bisa menjadi wahana wisata. Yaitu wisata mengelilingi Sungai Brantas dengan perahu wisata. Selain itu, membuat pondok-pondok di pinggir sungai yang bagus untuk nongkrong dan memancing.

 Kalau sementara ini, kami  masih usaha membersihkan sungai. Lagian perizinannya belum turun,” kata dia. (*)


Topik

Peristiwa BLITAR



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mardiano Prayogo

Editor

Yunan Helmy