Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Digeber di Expo Pembangunan, Bappeda Kabupaten Malang Punya Misi Selesaikan Empat Masalah Ini

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Yunan Helmy

26 - Nov - 2017, 21:37

Placeholder
Kepala Bappeda Kabupaten Malang Tomie Herawanto (kanan) saat pembukaan Expo Pembangunan berskala nasional di halaman Stadion Kanjuruhan. (Foto: Adhitya F/MalangTIMES)

Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menampilkan program-program unggulan masing-masing di Expo Pembangunan berskala nasional yang berlangsung di halaman luar Stadion Kanjuruhan. Termasuk Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang. 

"Expo ini di konsep per kluster. Ada manajemen, kesehatan, perdagangan dan lain-lain. Kami ada di kawasan manajemen," ujar Kepala Bappeda Kabupaten Malang Tomie Herawanto. Selain Bappeda, di kluster tersebut juga ada stan badan kepegawaian daerah, inspektorat, badan pengelola keuangan dan aset daerah, dan badan penelitian.

Bappeda pun tak luput menampilkan berbagai program dan capaian yang sudah dilakukan. Menurut Tomie, sebagai badan yang memiliki tugas dan fungsi merencanakan program-program daerah, ada beberapa pekerjaan rumah yang musti diselesaikan. 

Tomie menguraikan, berdasarkan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jawa Timur (Jatim), terdapat empat masalah yang harus menjadi prioritas pemerintah daerah. Empat hal tersebut adalah permasalahan kesenjangan ekonomi, radikalisme, korupsi dan perilakunya, serta narkoba.

"Sesuai arahan Bapak Bupati Malang Rendra Kresna, berbagai program yang disusun Bappeda tentu searah dengan visi misi menangani permasalahan tersebut," ujarnya.

Program-program yang disusun Bappeda, lanjut Tomie, nantinya akan dijabarkan lebih lanjut di setiap satuan kerja.  Misalnya untuk pengentasan kemiskinan. Pada 2021 angka kemiskinan di Kabupaten Malang ditargetkan turun sekitar 2 persen. "Pada 2021 kita menargetkan  angka kemiskinan turun  dari 10,60 persen ke  angka 8,86 persen," pungkasnya. (*)


Topik

Peristiwa malang berita-malang peristiwa-malang Expo-Pembangunan-Kabupaten-Malang-2017 Expo-Pembangunan-Kabupaten-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Yunan Helmy