Miris, Angka Penderita AIDS di Tulungagung Meningkat Drastis

Ilustrasi (Foto: google images)
Ilustrasi (Foto: google images)

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Jumlah penderita ODHA di Tulungagung makin mengkhawatirkan. Pasalnya tiap bulan penambahan ODHA baru makin meningkat, bahkan di bulan November ini saja ada puluhan temuan baru.

Komisi penanggulangan AIDS Tulungagung mencatat periode bulan Nopember 2017 ada tambahan 27 orang dengan HIV/ AIDS di Tulungagung. 

Koordinator kelompok kerja promotif dan preventif komisi penanggulangan AIDS Tulungagung Didik Eka mengatakan jumlah orang dengan HIV/ AIDS atau ODHA sampai dengan Oktober 2017 sebanyak 1830 orang. 
"Angka itu bertambah sebanyak 27 orang pada November 2017 sehingga total saat ini ada 1857 ODHA yang ada di Tulungagung," jelasnya.

Didik menjelaskan pihaknya terus menekan sedini mungkin angka penularan dengan memberikan obat antiretroviral atau ARV kepada penderita agar virus HIV yang diidap ODHA tidak sampai menuju tahapan AIDS. 
"Kita terus mengupayakan sosialisasi penggunaan alat kontrasepsi kondom agar angka pertumbuhan ODHA dapat terus berkurang," katanya.

Didik menambahkan berdasarkan data dari tahun 2006 hingga Oktober 2017 ada 308 ODHA yang meninggal dunia dari total 1857 ODHA. 

Pewarta : Anang Basso
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Angga .
Sumber : Tulungagung TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top