Di Malang Ada Olahan Pisang Goreng Nugget Menggoda Selera

Seorang pengunjung menikmati olahan pisang goreng nugget ala Nanabanana Malang di Pujasera Kampung Kuliner Dinoyo (foto: Wahida Rahmania Arifah/ MalangTIMES)
Seorang pengunjung menikmati olahan pisang goreng nugget ala Nanabanana Malang di Pujasera Kampung Kuliner Dinoyo (foto: Wahida Rahmania Arifah/ MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Sedang mencari camilan hangat di kala hujan? Coba nih kuliner kekinian asal Makassar yaitu pisang goreng nugget. Di daerah asalnya, pisang goreng nugget menjadi sajian kuliner khas. Nah, enggak perlu jauh-jauh terbang ke Makassar untuk mencicipi sajian kuliner tersebut. Sebab di Kota Malang sudah ada lho. 

Olahan pisang goreng nugget ala Malang itu diberi label Nana Banana Malang. Sang kreator ialah Lizya Oktavia. Ide membuat kuliner pisang goreng nugget tak lain karena pengalaman ia merasakan kuliner khas Makassar itu. 

"Waktu itu aku ke Makassar dan nyobain pisang goreng nugget. Enak banget. Aku pengen bawa tapi enggak mungkin kan. Pas di Malang aku ingat-ingat resepnya dan ya udah aku coba buat diri sendiri dulu awalnya," cerita Lizya saat ditemui MalangTIMES, Rabu (6/12/2017).

Pisang goreng nugget kreasi Lizya awalnya belum dijadikan ladang bisnis. "Aku lihat pisang goreng nugget memang belum banyak ada yang jual di Malang. Tapi aku pengen jualan yang beda, makanya aku coba-coba dulu kreasi pakai topping di atas pisang goreng nugget," papar alumnus Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Baru pada pertengahan tahun 2017 ini, Lizya mantap membuka usaha kuliner. Dia pun meramu topping untuk pisang goreng nugget. Lizya mengaku ia sempat gagal lantaran dua racikan topping ternyata kurang pas di lidah.

"Aku pasti tes dulu dong toppingnya. Nah, waktu itu sempet ada dua rasa yang enggak cocok dipaduin sama pisang nugget. Ya udah akhirnya yang enggak cocok aku ganti terus sampai nemu ada delapan dan bakal nambah lagi," imbuh dia. 

Pilihan topping pisang goreng nugget ala Nanabanana Malang diantaranya coklat keju, coklat almond, matcha keju, matcha oreo, nutella keju, nutella almond, caramel keju, dan karamel almond. Paling favorit, kata Lizya, ialah pisang goreng nugget bertabur almond.

"Favorit banyak coklat atau keju almond. Banyak yang suka karena rasanya enak dan beda," ungkap wanita kelahiran 30 Oktober 1992 itu. 

Olahan pisang goreng nugget memang beda dengan pisang pada umumnya. Apalagi ditambah aneka topping. Untuk membuat pisang goreng nugget diperlukan bahan-bahan diantaranya pisang (jenis pisang candi), tepung terigu, tepung roti, vanilla bubuk, susu bubuk, gula pasir, dan telur. 

Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama masukkan pisang ke telur kocok. Lalu masukkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, dan vanilla bubuk. Setelah itu, tuang loyang yang sudah diolesi minyak lalu kukus selama 30 menit.

"Adonan lain itu pakai tepung roti jadi perpaduan antara pisang goreng dengan olahan roti yang buat rasa pisang nugget beda dari yang lain," jelas Lizya. 

Dipadu dengan delapan topping, kuliner satu ini digemari muda-mudi. Meski usaha kuliner ini masih terhitung baru, banyak pesanan datang bahkan bisa capai ratusan kotak.

"Selain ada stan kita juga ada Instagram dengan akun @nanabananamalang. Baru aja juga kita udah ada di Go-Food. Pembeli sih banyak anak muda. Keluarga juga mulai banyak," kata dia. 

Pisang goreng nugget kreasi Lizya ini juga dijual di stan sederhana Pujasera Kampung Kuliner Dinoyo yang berlokasi di Jalan Gajayana Nomor 538 Kota Malang. Untuk harga enggak perlu khawatir mahal sebab olahan kuliner menggoda selera ini dibandrol mulai Rp 10.000. (*)

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Angga .
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top