Wow! Pecatur Cilik Kota Malang Gondol 2 Emas dan 1 Perak di Malaysia

Nayaka Budidharma saat menjalani pertandingan (istimewa)
Nayaka Budidharma saat menjalani pertandingan (istimewa)

JATIMTIMES, MALANG – Pecatur cilik asal Kota Malang, Nayaka Budidharma mendapat prestasi gemilang dengan menggondol 2 emas dan 1 perak pada event Kejuaraan Catur 18th Asean Age Group 2017 yang diselenggarakan di Malaysia. 

Prestasi sangat membanggakan bagi Kota Malang khususnya dan Indonesia pada umumnya dipersembahkan Nayaka Budidharma di ajang kejuaraan internasional kelompok umur 12.

Putra ketiga dari empat bersaudara tersebut mengikuti tiga kelas yang dilombakan saat itu, yakni catur standart, catur cepat/rapid chess dan catur kilat/biltz. Dari ketiga kelas tersebut, Nayaka atau yang akrab disapa Ai ini mendapatkan medali. 

Dari catur standart Ai mendapatkan medali perak, sementara dikelas catur cepat dan catur kilat, ia mendapatkan medali emas. 

Hal tersebut menunjukkan bahwa semangat juangnya yang tinggi ia mampu berprestasi yang bagus pada tingkat internasional. 

Ketua Percasi Kota Malang, Thatit Boedi Sucahyo mengatakan bahwa prestasi yang diraih Nayaka adalah memang seharusnya yang ia dapatkan. Karena dari kejuaraan nasional sebelumnya pecatur kelahiran Agustus 2006 tersebut sudah mendapatkan emas dan dapat mewakili Indonesia di internasional. 

"Saat Kejurnas lalu dia dapat emas, sehingga dikirim ke Kejuaraan Catur 18th Asean Age Group di Malaysia. Saya sangat bersyukur dia bisa menjadi yang terbaik dan dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia umumnya dan Kota Malang khususnya," ujar Thatit Boedi Sucahyo. 

Kemampuan Nayaka semakin hari semakin menunjukkan progres yang sangat bagus sebagai pecatur cilik. Thatit Boedi Sucahyo tak heran, karena siswa kelas V SDN Celaket ini memiliki orang tua yang juga pelatih catur, yakni Amin Zakaria. 

"Dia memang bagus, perkembangannya juga sangat bagus, Percasi sangat bangga sekali. Dia juga sangat disupport orang tuanya sendiri yang juga sebagai pelatih, yakni Amin Zakaria," pungkasnya.

Pewarta : Hendra Saputra
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Angga .
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top