Bangun Command Center, Polres Jember Pasang 216 CCTV di 50 Titik

Bupati Jember didampingi kapolres dan jajaran Forkopimda lainnya saat meresmikan command center dengan ditandai pemotongan pita.(foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)
Bupati Jember didampingi kapolres dan jajaran Forkopimda lainnya saat meresmikan command center dengan ditandai pemotongan pita.(foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)

JATIMTIMES, JEMBERPolres Jember terus meluncurkan inovasi guna memberikan rasa aman bagi warga Jember, Kamis (7/12/2017) Polres Jember bersama dengan pemkab me-launching command center, yaitu ruang kendali darurat untuk mengawasi segala aktivitas di tempat-tempat publik.

Di command center, pengendaliannya dipusatkan di Polres Jember. Command Center yang diresmikan oleh Bupati Jember dr Hj Faida ini dilengkapi 216 CCTV yang tersebar di 50 titik yang ada di Jember.

“Hari ini kami luncurkan inovasi kami untuk memberikan rasa aman kepada warga Jember dengan membangun ruang command center hasil dari sinergi polres bersama dengan pemkab dan jajaran Forpimda Jember yang dilengkapi 216 cctv di 50 titik. Dengan adanya command center ini, kami bisa mengawasi tempat-temat rawan dan keramain di Jember dari ruang kendali,” ujar Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo SH SIK.

Kapolres berharap, dengan adanya ruang kendali command center bisa membuat pelaku tindak pidana berpikir dua kali ketika akan melakukan aksinya. Sebab, beberapa penjuru bisa terpantau dari ruang command center Polres Jember. “Beberapa CCTV kami pasang di beberapa tempat-tempat keramaian, rawan tindak pidana dan rawan kemacetan. Sehingga jika ada aktivitas yang mencurigakan atau aktivitas apa pun, bisa terpantau dan kami akan segera menerjunkan petugas yang terdekat dari lokasi,” tambah kapolres.

Tidak hanya itu. Setelah adanya command center, jajaran Polres Jember juga akan segera memberlakukan e-tilang. Untuk sistem e-tilang, di Jawa Timur, baru Surabaya yang menerapakannya.

Sementara, Bupati Jember dr Hj Faida MMR usai meresmikan command center mengatakan, ruang kendali itu bisa menjadikan sinergi yang baik antara Pemkab Jember dengan polres. “Mudah-mudahan terpasangnya CCTV dan kendali di command center ini merupakan sinergitas awal yang baik dan tentunya memberi manfaat yang baik pula untuk masyarakat,” ucpa bupati.

Acara peluncuran ini sendiri  dihadiri oleh Dandim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto, Kepala Kejaksaan Negeri Jember Ponco Hartanto, serta Ketua Pengadilan Negeri Bambang Pramudyanto serta jajawan kapolsek se-Kabupaten Jember. (*)

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Jember TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top