Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik Panasi Mesin Partai, Golkar Kota Probolinggo Gelar Rakerda

Rekomendasi B1 KWK Partai Golkar Belum Turun

Penulis : Agus Salam - Editor : Yunan Helmy

10 - Dec - 2017, 19:05

Placeholder
Sekretaris DPD Partai Gollkar Sahad Simanjuntak menyerahkan bendera Golkar ke Ketua DPD Partai Golkar Kota Probolinggo Audy Firmana.

Rekomendasi pasangan calon wali dan wakil wali Kota Probolinggo, Fernanda Zulkarnain dan Imawan Zulfikar, dari Partai Golkar belum turun. Alasannya, DPP akan menyerahkan secara kolektif ke seluruh kader yang mencalonkan diri, baik wali kota, Bulati dan gubernur serta akilnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Timur, Sahad Simanjuntak, saat acara Pelantikan dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) serta Pendidikan Politik tahun 2016-2021, di Hotel Tampiarto, Jalan Suroyo Kota Probolinggo, Minggu (10/12) sore. Hanya saja, bapak yang juga menjadi anggota DPRD Jawa Timur ini, tidak menjelaskan hari dan tanggal kepastiannya.

"Meski belum mendapatkan rekomendasi, namun Sahad meminta pasangan calon, pengurus, kader dan simpatisan partai tidak perlu khawatir. Mengingat, DPP akan menjatuhkan rekom ke pasangan yang sudah diusulkan DPD Kota Probolinggo. “Jangan khawatir. Rekom pasti jatuh ke Fernanda dan mas Iwan. Sahad Simanjuntak yang menjamin,” katanya, usai membuka acara  tersebut, didampingi sejumlah fungsionaris Golkar.

Ia meminta, DPC untuk bersabar karena pendaftaran wali dan wakil kota masih kurang dua bulan. Rekomendasi nantinya akan diserahkan secara kolektif ke calon wali kota, bupati, Gubernur dan wakilnya di seluruh Indonsia. Menurutnya ada sejumlah darerah dari 200-san daerah, kader partai Golkar yang mencalonkan diri. “Katanya siapa terlambat. Enggak. Kurang satu haripun penutupan pendaftaran, kita masih bisa mendaftar. Jadi tidak ada kata terlambat, pungkasnya.

Selain dihadiri seluruh pengurus Partai Golkar, mulai DPC, Pimpinan Kecamatan (PK), Pimpinan Kelurahan (PL) dan organisasi pendiri dan yang didirikan Golkar, acara tersebut juga dihadiri Pasanganbakal calon Wali dan Wakil Wali Kota, Fernanda Zulkarnain dan Zulfikar Imawan. Hadir pula, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Ahmad Hudri, Ketua Panwaslu Sueb Priyanto dan Sekretaris DPC PPP Fuad Buadi.

Sementara itu, Fernanda mangaku yakin rekomendasi partainya akan jauh ke dirinya. Menurutnya, rekomendasi pasangan calon sudah jatuh ke dirinya. Hanya saja, rekom yang dimaksud belum diambil di Jakarta. Rekom tersebut akan diambil bersamaan dengan rekom B1 KWK (Kepala Darerah dan Wakil Kepala Daerah). “Loh kalau rekom pasangan, sudah kada. Namun belum kami ambil. Nanti saya ambil bersamaan dengan rekom B1 KWK,” ujarnya.

Dijelaskan, selain rekom pasangan dari partai, pihaknya juga membutuhkan rekomendasi B1 KWK, sebagai persyaratan mendaftar ke KPU. Menurutnya, rekom B1 KWK form-nya dari KPU yang ditandatangani ketua Umum dan Sekjen Partai Golkar. Tanpa rekom tersebut, pihaknya tidak akan lolos sebagai calon wali dan wakil wali kota. “Rekom B1 KWK itu yang penting. Walaupun kami membawa rekom pasangan dari partai, tanpa rekom B1 KWK, kami akan ditolak oleh KU,” tandasnya.

Ditempat yang sama, ketua KPU Ahmad Hudri membenarkan, kalau pasangan calon harus membawa rekomendasi B1 KWK yang ditandatangani ketua umum partai saat mendaftar ke KPU. Ia juga membenarkan kalau form rekom B1 KWK tersebut, dari KPU. Hanya saja, calon atau pesangan calon, dibolehkan membuat sendiri form-nya. “Ya, memang formnya dari kami. Tapi calon atau partai bisa membuat sendiri. Asal, sama dengan yang dikeluarkan KPU,” jelas Hudri, sebelum meninggalkanHotel Tampiarto. (*) 


Topik

Politik PROBOLINGGO



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Agus Salam

Editor

Yunan Helmy