Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pemkot Batu Raih Penghargaan Kota Peduli HAM 2016

Penulis : Irsya Richa - Editor : Heryanto

11 - Dec - 2017, 20:07

Placeholder
Plt Wali Kota Batu saat membawa piagam dan piala penghargaan kota peduli HAM di Kantornya Balai Among Tani , Senin (11/12/2017). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Penghargaan kembali ditorehkan oleh Pemkot Batu. Pada Minggu (10/12/2017) Pemkot Batu baru saja meraih prestasi Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2016 dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, yang langsung diterima oleh pelaksana tugas (plt) Wali Kota Batu Punjul Santoso di Solo, Jawa Tengah.

Dari 550 kabupaten dan kota di Indonesia yang berhasil meriah penghargaan itu ada  232 kabupaten dan kota. Dari 232 kota dan kabupaten itu meriah penghargaan kota peduli dan cukup peduli HAM.

"Jadi dari 550 kota dan kabupaten alhamdulilah Kota Batu meraih penghargaan ini," ungkap Punjul, Senin (11/12/2107). 

Penghargaan tersebut bisa diraih atas beberapa penilaian yang langsung dinilai oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Ada tujuh Penilaian kelompok hak antara lain hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan. Dari ketujuh penilai tersebut Kota Batu mendapatkan nilai 492.

Punjul menjelaskan adanya prestasi tersebut bisa menjadikan prestasi tersebut sebuah motivasi kepada kabupaten dan kota yang belum meraih perhargaan tersebut.

"Sekaligus jadi pembelajaran Pemkot Batu untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kota Batu," katanya saat ditemui Kantornya Balai Among Tani. 

Menurutnya akan terus menguatkan dan menjalankan program, seperti pelayanan pajak, perizinan dan sebagainya. Dari hak lainnya  untuk pemberdayaan anak dan perempuan sudah menyandang status Kota Layak Anak.

"Untuk selama ini dari segi Hak Anak Kota Batu sudah layak. Dan terus kami pertahankan," imbuh politisi PDI Perjuangan ini.

Yang lainnya dari segi Hak Pekerjaan, dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat melalui UMKM, untuk mengurangi jumlah pengangguran.


Topik

Peristiwa KOTA-BATU batu batutimes



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Heryanto