Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Stok Pangan Kabupaten Blitar Aman Jelang Natal dan Tahun Baru

Penulis : Mardiano Prayogo - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

12 - Dec - 2017, 13:48

Placeholder
Ilustrasi.(Foto : Istimewa)

Perayaan hari besar seperti Natal dan Tahun Baru biasanya diiringi terjadinya peningkatan permintaan bahan-bahan pangan. Namun masyarakat tidak perlu khawatir sebab pemerintah Kabupaten Blitar memastikan stok pangan aman sampai hari H tiba.

Seperti diketahui kondisi persediaan pangan lainnya seperti sayur, bahan pokok lain seperti minyak, gula, telur dan juga bumbu dapur mengalami permintaan yang tinggi hingga tak jarang stoknya habis. Maka dari itu pemerintah mengusahakan stok kebutuhan pangan aman dan cukup untuk kebutuhan selama natal dan tahun baru.

"Kita pastikan semuanya aman. Mulai dari bumbu dapur sampai dengan sayuran. Apalagi Perum Bulog juga sudah memastikan bahwa ketersediaan beras masih aman untuk 4 bulan kedepan," ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar, Agung Pudjianto.

Salah satu usaha untuk memastikan stok tersebut aman salah satunya dengan cara pengawasan bersama pangan. Mencegah aksi nakal para penimbun bahan pangan yang menyebabkan kelangkaan.

"Kita juga intensif dalam melakukan pemantauan di pasar tradisional atau minimarket, dan toko-toko di seluruh wilayah Kabupaten Blitar," tegasnya.

Selain itu, pengawasan bahan makanan berbahaya juga dilakukan pencegahan. Seperti makanan kedaluwarsa, kaleng penyok, dan tidak berlabel dikhawatirkan mulai banyak beredar di pasaran.

"Kita akan bekerjasama dengan Satpol PP maupun instansi lainnya untuk melakukan razia. Karena momen seperti ini dikhawatirkan dimanfaatkan oleh oknum yang tak bertanggungjawab," kata Agung.

Untuk sasaran razia, minimarket dan juga para supplier makanan minuman akan menjadi tujuan utama pelaksanaan razia.

"Razia ini akan kita lakukan secepatnya, mengingat saat ini sudah memasuki pertengahan bulan Desember," pungkasnya.(*)


Topik

Peristiwa berita-blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mardiano Prayogo

Editor

Sri Kurnia Mahiruni