Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Rekom Nasdem Turun untuk Pasangan Anton-Syamsul Mahmud

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Heryanto

13 - Dec - 2017, 19:38

Placeholder
Penyerahan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Nasdem Effendy Choire pada Wali Kota Malang Moch Anton di Jakarta. (Foto: Istimewa)

Isyarat yang ditunjukkan calon incumbent HM Anton akan memilih Sekretaris Real Estate Indonesia (REI) Kota Malang, Syamsul Mahmud SE menjadi calon wakilnya pada Pilkada Kota Malang 2018 seperti ditulis MalangTIMES, Senin (11/12/2017) semakin tak terbantahkan.

Hal ini menyusul turunnya surat rekomendasi sekaligus dukungan dari DPP Partai Nasdem untuk HM Anton alias Abah Anton, Rabu (13/12/2017).

Dengan demikian, Partai Nasdem menjadi partai kedua setelah DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengeluarkan rekomendasi nomor 79/SKEP/DPP-PKS/1439 untuk Abah Anton dan mendeklarasikan dukungannya pada Senin (11/12/2017) di Baiduri Sepah. 

Bedanya, dalam surat rekomendasi tersebut, PKS tidak menyebut nama calon wakil yang akan berpasangan dengan Abah Anton dalam Pilkada Kota Malang 2018 nanti.  

Sementara, salam surat rekomendasi dan dukungan DPP Partai Nasdem untuk petahana ini disebutkan secara gamblang nama Syamsul Mahmud SE sebagai pasangan Abah Anton sebagai calon Wakil Wali Kota Malang priode 2018 - 2023. 

Surat Rekomendasi DPP Partai NasDem untuk H. Anton dan Syamsul Mahmud, SE. (Istimewa)

Surat rekomendasi DPP Partai Nasdem bernomor 230-SI/DPP-NasDem/XII/2017 itu turun hari ini (13/12/2017) dan ditandatangani Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Nasdem Effendy Choire dan Sekretaris Bappilu Willy Aditya.  

Surat yang ditujukan pada DPD Partai Nasdem Kota Malang itu berisi lima poin sebagai berikut: 

1. DPP Partai Nasdem telah menyetujui H. Anton dan Syamsul Mahmud, SE sebagai Calon Walikota dan Wakil Walikota dalam Pemilihan Walikota dan Wakil WaliKota Malang tahun 2018.

2. DPP Partai NasDem memerintahkan Dewan Pimpinan Daerah Kota Malang untuk bersama-sama dengan calon tersebut di atas untuk melakukan komunikasi politik dengan partai-partai lain guna memenuhi syarat pencalonan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Malang dan melakukan konsolidasi internal guna mendukung pencalonan. 

3. Kepada Calon sebagaimana tersebut di atas diwajibkan untuk memenuhi persyaratan pencalonan ke KPUD Kota Malang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan melaporkan hasilnya kepada DPP Partai Nasdem selambat lambatnya 14 hari sebelum dibukanya masa pendaftaran pencalonan Pilkada 2018 ke KPUD Kota Malang. 

4. Rekomendasi ini berlaku hingga dikeluarkannya Surat Keputusan DPP Partai NasDem tentang Persetujuan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Malang yang menjadi persyaratan pendaftaran Pasangan Calon ke KPUD Kota Malang. 

5. Apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan atas surat rekomendasi ini maka akan dilakukan perbaikan sebagaimana diperlukan. 

Ketua DPD Nasdem Kota Malang M Fadli mengungkapkan, rekomendasi tersebut turun didasarkan pada hasil penjaringan dan penyaringan sesuai mekanisme internal partai. "Saya bersama Abah Anton dan Syamsul Mahmud mengambil surat rekomendasi itu ditemui oleh Pak Efendie Choirie," kata Fadli.

Anggota DPRD Kota Malang itu mengungkapkan, selama ini Anton selaku calon petahana sudah menjalani mekanisme partai yakni dengan mendaftarkan diri. Selain itu, lanjut Fadli, Abah Anton juga mengajak Syamsul Machmud untuk mendaftarkan diri sebagai Bacalon N2 dari partai tersebut. "Setelah itu ada komunikasi dengan partai dan hasilnya turun rekom ini," tandasnya.

Karena masih bersifat rekomendasi dan belum ada SK resmi, Fadli menegaskan jika posisi Bacalon N2 masih bisa berubah sesuai dengan konstelasi politik yang ada.

"Kalau Bacalon N2 masih saja bisa berubah. Intinya Nasdem merekomendasi Abah Anton. Kalau wakil bisa saja bisa berubah sesuai konstelasi politik, yang jelas rekom hari ini turun untuk Abah Anton dan Samsul Mahmud," tegasnya.


Topik

Politik malang berita-malang peristiwa-malang politik pilkada-2018 pilwali-malang-2018 peta-politik-kota-malang-2018



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Heryanto