Tanaman Khas Kota Malang Ini Ternyata Menyimpan Banyak Manfaat

dok MalangTIMES
dok MalangTIMES

JATIMTIMES, MALANG – Jika Kota Malang memilih burung Manyar sebagai fauna khas Bumi Arema, lantas untuk flora Kota Malang memilih apa ya? Ah, rupanya ada tiga jenis tanaman yang dipilih untuk menjadi flora khas Kota Malang.


Berdasarkan SK Gubernur Nomor 5225/16774/032/1996 ditetapkan bahwa pohon andong merah (Cordyline fructicosa) merupakan ciri khas flora Kota Malang. Selain andong merah, Pemerintah Kota Malang juga menganjurkan untuk menambah tanaman khas yaitu puring dan kol banda.


Tiga tanaman tersebut rupanya memiliki banyak khasiat. MalangTIMES telah merangkum dari berbagai sumber mengenai khasiat tiga tanaman khas Kota Malang ini. Yuk, kita simak bersama.


1. Bunga Andong


Diperkirakan tanaman ini berasal dari Asia Timur. Memiliki nama ilmiah Cordyline Frusticosa (Linn) A. cheval tanaman ini banyak tumbuh di pekarangan, taman atau pemakaman. Tanaman ini juga kerap dijadikan sebagai tanaman pagar. Di daerah-daerah Indonesia Andong sering disebut dengan nama-nama Bak-Juang, Bobolo, Senjuwang di Sulawesi, Hanjuang, Kayu Urip di Jawa, dan Andong Tawaung di Nusatenggara.


Manfaat tanaman andong banyak sekali, antara lain sebagai penyejuk darah, menghentikan pendarahan dan menghancurkan darah beku pada saat terjadi memar. Hal ini dapat dilakukan oleh tanaman andong karena di dalam tanaman andong terdapat kandungan kimia, seperti saponin, tanin, flavonoid, polifenol, stereoida, polisakarida, kalsium oksalat dan zat besi.


Kebanyakan bagian yang dimanfaatkan dari tanaman andong adalah bagian bunga, daun dan akar rimpangnya. Berbagai khasiat bisa diambil dari tanaman ini, yakni sebagai obat untuk menghentikan pendarahan (hemostatik), antiradang, TB paru disertai batuk darah, keluar bercak darah sewaktu hamil (kemungkinan keguguran), darah haid keluar sangat banyak, urine berdarah (hematuria), wasir berdarah, luka berdarah, diare, disentri, nyeri lambung dan ulu hati.


2. Puring
Tanaman ini juga kerap dijadikan sebagai tanaman hias. Bagi sebagian orang mungkin akan lebih mengenal nama Croton ketimbang Puring. Memiliki corak daun bermacam-macam tanaman ini menjadi tanaman yang menarik rupanya. Umumnya, semakin tua umur tanaman, warna daun semakin menonjol, bahkan dalam satu tanaman memiliki dua atau tiga warna. Bentuk daun puring juga bervariasi, ada yang berbentuk huruf Z, burung walet, ekor ayam, dasi, keriting spiral, dan anting-anting.


Tanaman ini memiliki berbagai macam fungsi. Seperti akar dan kulit tanaman puring yang sering digunakan untuk menyamak kulit karena tanaman puring mengandung zat penyamak. Air rebusan daun puring pun bisa digunakan untujuk memperlancar keluarnya keringat dengan dipakai mandi.

Jika diminum, air rebusan daun puring juga dapat membantu menurunkan panas badan karena demam. Air rebusan daun puring jenis air mancur dapat digunakan untuk mencegah penyakit rajasinga. Papagan kulit batang yang diseduh dengan air panas lalu diminum dapat mengurangi rasa sakit perut akibat diare.


3. Kol Banda


Tanaman ini tumbuh subur di hutan, tepi pantai dan tempat-tempat terbuka lainnya. Perdu atau pohon kecilnya memiliki tinggi sekitar 5 hingga 13 meter, percabangan agak mendatar sehingga tampak rindang. Daun tunggal, bertangkai, bentuknya jorong sampai memanjang, tepi rata atau bergerigi, ujungnya runcing, pangkalnya pun tumpul.


Daun muda yang tumbuh di ujung batang warnanya putih sampai kuning pucat, sedang daun tua berwarna hijau muda. Bunganya kecil-kecil berbentuk tabung, merupakan bunga majemuk menggarpu dan jarang ditemukan.

Daun muda dapat dimakan sebagai lalap mentah, direbus atau sebagai pembungkus buntil. Kol banda bersifat anti inflamasi dan anti septic. Bagian tanaman kol banda yang dijadikan herbal adalah daunnya dengan khasiat diantaranya obat asma, bengkak-bengkak, bisul, mata ikan dan beser.

Pewarta : Hezza Sukmasita
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Aditya Fachril Bayu Anandhika
  • Ngaku Rasul, Pria Penghina Nabi Muhammad Ini Akhirnya Terciduk

    Mulutmu harimaumu. Pepatah inilah yang pantas disematkan kepada Rendra Hadikurniawan. Akibat ucapannya yang menghina Nabi Muhammad akhirnya dia dijebloskan ke penjara.

  • Produsen Miras Oplosan Di Ngadiluwih, Digerebek Polisi

    Tim gabungan Polres Kediri dan Polsek Ngadiluwih berhasil menggerebek sebuah produsen miras rumahan milik Agung Prayono (58) yang terletak di Desa Purwokerto, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Kamis (26/04/2018) Rumah produksi miras digerebek saat p

  • Bangun Instalasi Pengolahan Sampah Jadi Listrik, Pemkab Malang Terpilih sebagai Pilot Project Dunia

    Kabupaten Malang selangkah lebih maju dalam hal pengelolaan sampah. Hari ini (26/4/2018) Bupati Malang Rendra Kresna meresmikan sistem pengelolaan sampah organik menjadi kompos dan energi listrik atau Integrated Resource Recovery Center (IRRC) di kawasan

  • Rawan Diterjang Tsunami, BPBD Gelar Simulasi Tanggap Bencana

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menggelar kegiatan simulasi bencana gempa bumi yang berpotensi tsunami bertempat di Lapangan Desa Tegalrejo, Tempursari, Kamis (26/04) siang tadi.

  • 2 motor dan 2 Hp Ludes

    Wilayah Polres Probolinggo Kota tengah diobok-obok kawanan pencuri. Kali ini kasus pencurian kendaraan bermotor dialami Sunarsis (63) pada Kamis (26/4) dini hari. Dua motor dan satu hand phone di dalam rumahnya digondol kawanan maling.

  • Lelang Proyek Sampai Dijaga Anjing K9, Ada Apa?

    Tender proyek di Kota Probolinggo dijaga ketat Satpol PP dan anggota Polres Probolinggo Kota. Bahkan, Polres yang dipimpin AKBP Alfian Nurrizal ini, juga menerjunkan anjing pelacak K9. Tak hanya itu, peserta tender yang masuk ke lokasi tender, undangannya

  • Perumahan Baru Rawan Dibobol Maling

    Aksi pencurian di wilayah Hukum Polres Probolinggo, terus bertambah. Kali ini menimpa penghuni rumah di perumahan Green Safana Tiga, Jalan Galunggung, Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Ada sekitaran 4 rumah di maling di wakt

  • Maling Motor Di GOR Gedangsewu Terjungkal Dihadiahi Timah Panas

    Pelaku pencurian sepeda motor di depan GOR Gedangsewu Boyolangu beberapa waktu lalu, akhirnya dilumpuhkan Satresrim Polres Tulungagung. Pelaku yang diketahui Rahman Ardiantoro (18) warga Gedangsewu itu diamankan Satresrim di rumahnya dan dibawa ke Mako P

  • Tim Pengawas Minta Disdag Pasang Papan Informasi Setiap Ada Proyek

    Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang harus berbenah dalam menjalankan kegiatan pembangunan di lingkungan pasar. Seperti halnya dengan melakukan pemasangan papan kegiatan. Karena seringkali ada kegiatan revitalisasi tanpa ada papan informasi.

  • Direktur Yayasan Yang Tertangkap Nyabu Bukan PNS Pemkab Blitar, Ini Penjelaskan Bupati

    Penangkapan seorang PNS tersangkut narkoba Indah Susilowati (49) rupanya bukan dari PNS di bawah naungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar.

  • Bukan Cinta, Bidadari UM Bilang Ini Hal yang Tidak Bisa Dipercaya

    Anak muda punya banyak kata mengungkapkan persoalan hidup. Urusan cinta tidak perlu ditanya. Ada saja kata-kata unik yang mereka buat. Termasuk salah satu yang menarik adalah akun Instagram @bidadarium.

  • Honor 9 Lite Resmi Dirilis, Marcom Buka Pre Order DP Rp 200 Ribu

    Tak butuh waktu lama bagi Honor untuk memasarkan perangkatnya di Indonesia. Honor 9 Lite yang baru diumumkan pada akhir Maret lalu dipastikan mulai menebarkan pesonanya dan bisa pre order di Counter HP Marcom dan New Marcom Blitar.

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top