Pecinta Soto, Tak Afdol Kalau Belum Mencoba 8 Soto Favorit di Malang Ini

Soto Lombok
Soto Lombok

JATIMTIMES, MALANG – Selain rawon, soto juga merupakan salah satu kuiner yang sangat mudah dijumpai di Kota Malang. Apalagi soto-soto legendaris yang disajikan beberapa rumah makan ini. Berikut MalangTIMES menyajikan beberapa soto legendaris di Malang yang bisa bikin kangen.

Soto Pagi Markeso

Di Jalan Sindoro ada satu kuliner legendaris di Kota Malang. Masyarakat Malang tentu banyak yang tak asing dengan soto pagi Markeso. Soto yang disajikan adalah soto dengan daging khas dari Madura. Rasa dari sotonya sendiri cukup segar dan cocok untuk sarapan. Daging yang lembut berpadu dengan kuah yang tidak terlalu kental. Kucuran jeruk nipis ditambah sambal dan kecap dapat membuat rasa soto ini semakin sempurna dan jadi modal berharga di pagi hari.

Soto Lombok

Barangkali soto Lombok ini merupakan salah satu warung yang paling khas dan terkenal di Kota Malang. Menyajikan soto kampung khas Malang dengan isian berupa telur rebus, irisan kol, tauge, kentang, dan daging ayam kampung, warung ini tidak pernah sepi didatangi pembeli.

Selain itu kuah kental bertabur koya membuat rasanya jadi jauh lebih gurih dan lezat. Soto lombok sendiri memiliki banyak cabang di Kota Malang, namun jika ingin mencoba rasanya yang asli dari warung awalnya, bisa berkunjung ke warungnya yang ada di Jalan Sulawesi.

Soto Seger Boyolali Kang Mihor

Soto Seger Boyolali merupakan salah satu varian soto yang kurang populer di Malang, namun terdapat sebuah warung yang terletak di sebelah selatan Kota Malang yang menyajikannya. Soto Seger Boyolali Kang Mihor terletak di Jalan Satsui Tubun ruko Gadang Square yang sangat dekat dengan perempatan Gadang.

Ciri khas dari soto ini sendiri adalah mangkoknya yang kecil serta isiannya yang cukup minimalis. Walau isiannya tidak terlalu ramai namun perpaduan rasa segar dan lezat dari tiap mangkok soto ini membuatnya layak untuk kamu cicipi.

Soto Rampal

Soto Rampal memiliki usia yang cukup tua karena sudah hadir sejak tahun 1957. Warung soto ini memiliki ciri khas daging yang begitu lembut di mulut serta kuah yang begitu segar dan kaya akan kaldu sapi.

Mengingat rasanya yang lezat dan sejarahnya yang panjang, tak salah jika warung ini jadi favorit bagi mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono ketika berkunjung ke Malang. Depot Soto Rampal berada di Panglima Sudirman Nomor 71A Malang tepat sebelum lampu merah Perempatan Rampal dari arah selatan.

Republik Soto Malang

Umumnya warung soto di Malang hanya menyediakan satu jenis soto saja, namun hal yang berbeda hadir di Republik Soto Malang ini. Warung ini menyediakan soto ayam dan soto daging dengan jenis yang sangat berbeda. Soto ayamnya dapat dikatakan menggunakan langgam soto kampung khas Malang sedangkan soto dagingnya khas Madura.

Keduanya sama-sama memiliki rasa yang lezat dan tentu saja menjadikan warung ini wajib dicoba. Republik Soto Malang sendiri buka mulai pagi hingga sore hari dan terletak di Jalan Trunojoyo Nomor 29.

Soto Ayam Lamongan Oro-oro Dowo

Soto Ayam Lamongan Oror-oro Dowo yang terletak di Jalan Brigjend Slamet Riadi 147C ini juga merupakan salah satu warung soto yang cukup legendaris. Berdiri sejak tahun 1971, di antara warung soto Lamongan yang lain warung ini mungkin yang paling tua dan paling ramai dipadati pengunjung. Rasa soto yang disajikan cederung ringan dengan kuah yang penuh dengan rasa kaldu ayam. Soto yang satu ini sangat cocok disantap baik pagi, siang, maupun malam hari.

Soto Madura Guntur

Sebagai salah satu kota dengan penduduk keturunan Madura yang cukup banyak maka sudah pasti di Malang juga bertebaran banyak penjual soto Madura yang lezat dan salah satunya yang terletak di Jalan Guntur ini.

Soto Madura Guntur ini tepatnya berada di sebelah utara Gereja Ijen dan dijual secara kaki lima. Walau begitu penikmat dari soto ini selalu tampak banyak memadatinya. Sotonya sendiri hadir dengan kuah yang lezat dan kaya koyah namun tetap segar dengan dipenuhi daging atau jeroan yang lembut dan lezat. Di soto ini kamu juga dapat menikmati pemandangan pagi hari Ijen Boulevard yang tersohor itu.

Soto Kurnia Ria Ning Sul

Satu lagi jawaranya soto Madura di kota Malang yaitu ada di Depot Soto Kurnia Ria Ning Sul. Dibanding soto Madura yang lain, warung ini menyajikannya dengan kuah yang lebih jernih dan ringan serta isian yang lebih minimalis. Jika dibandingkan, rasa dan isiannya sangat identik dengan soto Gubeng yang tersohor di Surabaya. Selain soto daging, ada juga soto buntut dan soto ayam di menu warung ini. Soto ini sendiri sangat mudah ditemukan karena lokasinya di tengah kota yaitu di Jalan Trunojoyo.

Pewarta : Hezza Sukmasita
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
  • Ngaku Rasul, Pria Penghina Nabi Muhammad Ini Akhirnya Terciduk

    Mulutmu harimaumu. Pepatah inilah yang pantas disematkan kepada Rendra Hadikurniawan. Akibat ucapannya yang menghina Nabi Muhammad akhirnya dia dijebloskan ke penjara.

  • Produsen Miras Oplosan Di Ngadiluwih, Digerebek Polisi

    Tim gabungan Polres Kediri dan Polsek Ngadiluwih berhasil menggerebek sebuah produsen miras rumahan milik Agung Prayono (58) yang terletak di Desa Purwokerto, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Kamis (26/04/2018) Rumah produksi miras digerebek saat p

  • Bangun Instalasi Pengolahan Sampah Jadi Listrik, Pemkab Malang Terpilih sebagai Pilot Project Dunia

    Kabupaten Malang selangkah lebih maju dalam hal pengelolaan sampah. Hari ini (26/4/2018) Bupati Malang Rendra Kresna meresmikan sistem pengelolaan sampah organik menjadi kompos dan energi listrik atau Integrated Resource Recovery Center (IRRC) di kawasan

  • Rawan Diterjang Tsunami, BPBD Gelar Simulasi Tanggap Bencana

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menggelar kegiatan simulasi bencana gempa bumi yang berpotensi tsunami bertempat di Lapangan Desa Tegalrejo, Tempursari, Kamis (26/04) siang tadi.

  • 2 motor dan 2 Hp Ludes

    Wilayah Polres Probolinggo Kota tengah diobok-obok kawanan pencuri. Kali ini kasus pencurian kendaraan bermotor dialami Sunarsis (63) pada Kamis (26/4) dini hari. Dua motor dan satu hand phone di dalam rumahnya digondol kawanan maling.

  • Lelang Proyek Sampai Dijaga Anjing K9, Ada Apa?

    Tender proyek di Kota Probolinggo dijaga ketat Satpol PP dan anggota Polres Probolinggo Kota. Bahkan, Polres yang dipimpin AKBP Alfian Nurrizal ini, juga menerjunkan anjing pelacak K9. Tak hanya itu, peserta tender yang masuk ke lokasi tender, undangannya

  • Perumahan Baru Rawan Dibobol Maling

    Aksi pencurian di wilayah Hukum Polres Probolinggo, terus bertambah. Kali ini menimpa penghuni rumah di perumahan Green Safana Tiga, Jalan Galunggung, Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Ada sekitaran 4 rumah di maling di wakt

  • Maling Motor Di GOR Gedangsewu Terjungkal Dihadiahi Timah Panas

    Pelaku pencurian sepeda motor di depan GOR Gedangsewu Boyolangu beberapa waktu lalu, akhirnya dilumpuhkan Satresrim Polres Tulungagung. Pelaku yang diketahui Rahman Ardiantoro (18) warga Gedangsewu itu diamankan Satresrim di rumahnya dan dibawa ke Mako P

  • Tim Pengawas Minta Disdag Pasang Papan Informasi Setiap Ada Proyek

    Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang harus berbenah dalam menjalankan kegiatan pembangunan di lingkungan pasar. Seperti halnya dengan melakukan pemasangan papan kegiatan. Karena seringkali ada kegiatan revitalisasi tanpa ada papan informasi.

  • Direktur Yayasan Yang Tertangkap Nyabu Bukan PNS Pemkab Blitar, Ini Penjelaskan Bupati

    Penangkapan seorang PNS tersangkut narkoba Indah Susilowati (49) rupanya bukan dari PNS di bawah naungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar.

  • Bukan Cinta, Bidadari UM Bilang Ini Hal yang Tidak Bisa Dipercaya

    Anak muda punya banyak kata mengungkapkan persoalan hidup. Urusan cinta tidak perlu ditanya. Ada saja kata-kata unik yang mereka buat. Termasuk salah satu yang menarik adalah akun Instagram @bidadarium.

  • Honor 9 Lite Resmi Dirilis, Marcom Buka Pre Order DP Rp 200 Ribu

    Tak butuh waktu lama bagi Honor untuk memasarkan perangkatnya di Indonesia. Honor 9 Lite yang baru diumumkan pada akhir Maret lalu dipastikan mulai menebarkan pesonanya dan bisa pre order di Counter HP Marcom dan New Marcom Blitar.

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top