Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tak Kenal Libur Tahun Baru, Babinsa Doko Bantu Petani Bajak Sawah

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - Jan - 2018, 18:10

Placeholder
Nampak Serda Suparni membantu petani wilayah binaannya membajak sawah (Foto: BlitarTIMES)

Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang bertugas di Desa Doko, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, Serda Suparni selalu ada di tengah-tengah warga binaan walaupun di hari libur kerja. Seperti terlihat Senin (1/1/2018), saat libur Tahun Baru ia justru membantu petani di wilayah binaanya membajak sawah.

Pembajakan sawah dilakukan dengan menggunakan traktor pada luas lahan kurang lebih 1 hektare. Tujuannya, untuk membantu petani di wilayah binaan agar mencapai swasembada pangan. Di samping itu juga bermaksud untuk mempererat hubungan baik TNI dan rakyat di wilayah binaan.

“Pengolahan menggunakan traktor merupakan cara pengolahan lahan yang sangat bagus, di mana dapat membantu para petani menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dapat mengubah bentuk tanah yang semula keras menjadi datar dan melumpur,” kata Serda Suparni.

Di samping itu sambung dia, rumput yang ada di lahan sawah juga akan cepat mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus. Dengan pengerjaan sawah yang semakin cepat melalui pengolahan tanah menggunakan traktor diharapkan para petani akan lebih mudah untuk melakukan persiapan musim tanam.

“Dengan kemudahan pengerjaan sawah ini diharapkan kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan meningkatkan hasil panen. Produksi pangan yang meningkat tentunya akan mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah,” tukasnya.

Sementara Danramil 0808/13 Doko, Kapten Chb Sutrisno, menegaskan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh anggotanya merupakan suatu bentuk upaya untuk membantu para petani dalam mengatasi kesulitan dan menyukseskan swasembada pangan.

“Dengan adanya Babinsa yang terjun langsung di lapangan diharapkan dapat meningkatkan motivasi serta semangat para petani,” pungkasnya.(*)


Topik

Peristiwa berita-blitar Babinsa-Doko-blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni