Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Jembatan Gantung Terindah di Dunia, Malang Juga Punya Lho

Penulis : Imam Syafii - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Jan - 2018, 09:38

Placeholder
Lima jembatan gantung terindah di dunia salah satunya di Malang.

Jembatan merupakan akses untuk mempermudah akses dengan cara menghubungkan tempat satu menuju ke tempat lainnya. Namun tahukah Anda di dunia ini banyak negara yang memiliki jembatan gantung terindah. Berdasarkan rangkuman MalangTIMES, ada lima negara yang memiliki jembatan gantung terindah salah satunya di Malang.

Jembatan Gantung Charles Kuonen yang berada di Randa Swiss yang begitu indah dengan panorama alam pegunungan di sekitarnya.

1. Jembatan Gantung Charles Kuonen di Swiss. Jembatan ini memiliki panjang 500 meter dan berada di atas ketinggian 85 meter. 

Jembatan penyebrangan tersebut baru saja diresmikan pertengahan tahun lalu tepatnya pada 29 Juli 2017 di Randa, Swiss. Jembatan ini menghubungkan kota Zermatt dan Graechen yang memang seringkali dijadikan sebagai destinasi hiking favorit para traveler.

Jembatan ini dikhususkan bagi pejalan kaki dan membentang membelah lembah menghubungkan dua desa Grächen dan Zermatt. Jembatan ini berada di ketinggian sekitar 1.600-2.200 mdpl. 

Alat penyeberangan ini disangga oleh kabel berdiameter dua inci dengan lebar jembatan yang tidak sampai 1 meter. Dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk melewati jembatan gantung ini.
Dengan menggunakan jembatan ini, pengunjung bisa memotong waktu tempuh normal tiga sampai empat jam karena menyeberangi lembah hanya dalam 10 menit.

Jembatan Gantung Skypark Skybridge Rusia.

2. Jembatan Gantung Skypark Skybridge Rusia. Mungkin Anda perlu nyali dobel jika berjalan di jembatan gantung di Taman Nasional Sochi, Rusia. Pasalnya, jembatan tersebut memegang gelar sebagai yang terpanjang sedunia. Bisa dibayangkan rasanya jalan begitu jauh dengan jurang menganga di bawah.

Jembatan itu memiliki panjang 548,6 m alias lebih dari setengah kilometer. Pengerjaannya bekerjasama dengan New Zealand selama 2 tahun. Dibutuhkan material 740 metal dan 2 ribu meter kubik semen untuk membangunnya.

Jembatan itu menggantung di atas ketinggian 198 m dari dasar jurang. Sesuai dengan lokasinya yang menantang, deg-degan melewati jembatan tersebut akan terbayar dengan pemandangan indah sungai, Laut Hitam, pegunungan dan Olympic Park dari atas sana. 

Skypark Skybridge merupakan bagian dari AJ Hackett Sochi Skypark yang dibuka 1 Juli 2014. Selain jembatan masih ada wahana menantang seperti Giant Swing dan Mega Troll. Pilihan kedua itu adalah Flying Fox dengan rute terpanjang mencapai 550 meter melewati lembah. Anda akan puas dengan tingkat ketinggian tertentu, dapat mencoba berjalan di atas jembatan kawat yang tingginya lebih dari 152,4 meter di atas permukaan lembah. 

Selain itu, Anda juga bisa terhipnotis dengan keindahan panorama alam yang terdiri dari hutan lepas dari gunung dan tebing yang sangat curam itu, yang akan terlihat ekstrem karena dilihat dari ketinggian yang setara dengan gunung dan tebing tersebut.  

Jembatan Gantung Hatanagi Shizuoka, Jepang.

3. Jembatan Gantung Hatanagi Shizuoka. Jembatan ini menampilkan view yang indah karena dikelilingi panorama alam yang ciamik. Pemandangan indah ke arah sungai dan juga daun-daun musim gugur yang berubah warna bisa dinikmati dari jembatan ini.

Memiliki panjang 181,7 meter dan tinggi 30 meter, kerap dikunjungi para wisatawan untuk berfoto ria dan menghilangkan kepenatan. Namun, konstruksi jembatan ini sangatlah dasar, dengan rangka yang dijejerkan secara sederhana dan diamankan dengan kawat. Memerlukan keteguhan hati untuk melangkahkan kaki di jembatan ini.

 Jembatan gantung Millau, Prancis.

4. Jembatan gantung Millau, Prancis. Jembatan terbuat dari kabel yang membentang di atas lembah sungai Tarn dekat Millau di selatan Perancisdisekelilingnya memunculkan visual pemandangan yang indah.

Menjulang setinggi 1.125 kaki, di atas Lembah Tarn di selatan Perancis. Jembatan Millau memiliki total panjang 8.071 kaki. Singkatnya jembatan ini secara besar-besaran mengesankan baik di atas kertas dan dalam kehidupan nyata. 

Dek lofted pada 7 tiang dan berat 36.000 ton. Serangkaian 7 tiang-tiang, masing-masing 292 kaki tinggi dan berat 700 ton, yang melekat pada tiang yang sesuai.

5. Jembatan Gantung Waduk Selorejo, Kabupaten Malang. Jembatan gantung ini terletak di Kecamatan Ngantang yang kerab didatangi wisatawan. Pada jembatan ini ada aturan di papan informasi jembatan gantung yang tertulis “Maksimal 10 orang”. 

Ketika Anda menginjakkan kaki ke atas jembatan yang cukup panjang, terbuat dari besi dan baja itu, maka seluruh rangka jembatan akan bergoyang. Pada saat pengguna melalui jembatan gantung ini harus berhati-hati, walaupun sudah diberikan pegangan untuk keamanan pengguna jembatan tetap harus waspada. 

Karena pada saat melawatinya jembatan gantung ini akan bergoyang karena tiupan angin ataupun gerakan kaki pengguna.

Jembatan gantung yang berada tepat di atas Waduk Selorejo ini membentang antara kedua tempat yaitu antara area pasar wisata dan area kolam renang yang masih berada dalam kawasan waduk. Jembatan gantung ini sangat menarik dan sangat cocok untuk mengabadikan momen dengan berfoto-foto. 


Topik

Wisata jembatan-gantung-terindah jembatan-gantung malang wisata-malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafii

Editor

Sri Kurnia Mahiruni