Inilah Lima Gua Peninggalan Jepang di Indonesia, di Batu Juga Ada

Gua Jepang yang ditemukan di wilayah Coban Talun, Batu. (foto : Dok MalangTIMES)
Gua Jepang yang ditemukan di wilayah Coban Talun, Batu. (foto : Dok MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANGPada zaman penjajahan Jepang di Indonesia, pasukan Nippon banyak sekali membuat lubang gua sebagai tempat persembunyian, pertahanan, maupun untuk menyimpan senjata. Gua yang ditempati Jepang ada yang secara alami di wilayah pegunungan maupun gua buatan. 

Jepang sendiri menggunakan tenaga kerja pribumi Indonesia untuk membangun gua. Sistem kerja paksa itu yang dikenal dengan istilah romusha.

MalangTIMES merangkum lima gua peninggalan Jepang di Indonesia. Salah satunya ditemukan di Kota Batu. 

1. Gua Jepang di Bukittinggi, Sumatera Barat

Panjang lubang gua yang terdapat di lokasi panorama ini lebih kurang 1.400 meter. Sedangkan panjang keseluruhan yang berada di bawah Kota Bukittinggi diperkirakan lebih kurang sekitar 5.000 meter. Namun, yang terawat atau terpelihara baru 30 persen dari lubang yang ada.

Kegunaan utama gua Jepang ini adalah basis pertahanan militer penjajah Jepang dari serangan Sekutu. Maka, pembangunannya sangat dirahasiakan dan tidak seorang pun yang mengetahui secara pasti kapan gua jepang ini mulai dibangun.

2. Goa Jepang di Biak, Papua

Di gua Jepang ini terdapat sejumlah bilik kecil sebagai tempat untuk beristirahat. Dalam gua itu terdapat tiga ruang besar yang dibentuk tentara Jepang untuk sejumlah kepentingan. Masing-masing ruang punya fungsi dan terhubung satu dengan lainnya. 

Ruang I dijadikan gudang, tempat menyimpan bahan makanan, obat-obatan, peralatan perang, dan alat-alat komunikasi. Ruang II dijadikan tempat merawat orang sakit. Sedangkan ruang III merupakan tempat yang dikhususkan bagi para perwira untuk melakukan rapat-rapat berkaitan dengan kepentingan perang. Kabarnya, tak kurang dari 3.000 tentara Jepang tewas terkubur dalam gua tersebut.

3. Goa Jepang di Bali

Gua ini terdiri atas 16 buah lubang dengan kedalaman 4 meter. Dua di antaranya tidak berhubungan satu dengan yang lainnya. Yaitu satu buah terletak di ujung selatan dan satu lagi di ujung sebelah utara. Sedangkan yang lainnya berhubung-hubungan dan dihubungkan oleh sebuah gang memanjang arah utara ke selatan. 

Goa ini dibangun oleh balatentara Jepang dalam usahanya memperrtahankan diri dari serangan tentara Sekutu, tepatnya tahun 1941. Gua ini terdapat di Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, yang dimaksudkan untuk tempat pengintaian lalu lintas laut di Selat Lombok.

4. Gua Jepang Garut, Jawa Barat

Dari cerita rakyat setempat, gua ini adalah tempat persembunyian tentara Jepang dari serbuan udara pasukan Belanda. Gua ini dibangun oleh romusha dengan sistem kerja paksa. Berada di sebuah lembah di antara dua bukit bernama Puncak Munasim. Gua di lembah ini ada empat. Salah satunya menjadi sarang kelelawar dan sumber mata air bagi penduduk Cikopo. Gua ini tidak terlalu dalam. Kedalamannya paling panjang sekitar 10 meter. 

5. Gua Jepang Coban Talun, Kota Batu

Gua Jepang ini terletak di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu. Gua yang memiliki luas sekitar 10 meter persegi dan tinggi 2 meter ini merupakan saksi bisu masa penjajahan Jepang.

Gua ini digunakan sebagai basis pertahanan untuk menghadapi serangan terhadap penjajah Jepang yang berkuasa pada masa itu. Dari cerita dari penduduk setempat, diketahui fungsi dari gua tersebut adalah untuk pertahanan pasukan Jepang dari serangan pasukan Sekutu dan juga untuk menyimpan persediaan makanan, pakaian, dan senjata. 

Pewarta : Imam Syafii
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
  • Ngaku Rasul, Pria Penghina Nabi Muhammad Ini Akhirnya Terciduk

    Mulutmu harimaumu. Pepatah inilah yang pantas disematkan kepada Rendra Hadikurniawan. Akibat ucapannya yang menghina Nabi Muhammad akhirnya dia dijebloskan ke penjara.

  • Produsen Miras Oplosan Di Ngadiluwih, Digerebek Polisi

    Tim gabungan Polres Kediri dan Polsek Ngadiluwih berhasil menggerebek sebuah produsen miras rumahan milik Agung Prayono (58) yang terletak di Desa Purwokerto, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Kamis (26/04/2018) Rumah produksi miras digerebek saat p

  • Bangun Instalasi Pengolahan Sampah Jadi Listrik, Pemkab Malang Terpilih sebagai Pilot Project Dunia

    Kabupaten Malang selangkah lebih maju dalam hal pengelolaan sampah. Hari ini (26/4/2018) Bupati Malang Rendra Kresna meresmikan sistem pengelolaan sampah organik menjadi kompos dan energi listrik atau Integrated Resource Recovery Center (IRRC) di kawasan

  • Rawan Diterjang Tsunami, BPBD Gelar Simulasi Tanggap Bencana

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menggelar kegiatan simulasi bencana gempa bumi yang berpotensi tsunami bertempat di Lapangan Desa Tegalrejo, Tempursari, Kamis (26/04) siang tadi.

  • 2 motor dan 2 Hp Ludes

    Wilayah Polres Probolinggo Kota tengah diobok-obok kawanan pencuri. Kali ini kasus pencurian kendaraan bermotor dialami Sunarsis (63) pada Kamis (26/4) dini hari. Dua motor dan satu hand phone di dalam rumahnya digondol kawanan maling.

  • Lelang Proyek Sampai Dijaga Anjing K9, Ada Apa?

    Tender proyek di Kota Probolinggo dijaga ketat Satpol PP dan anggota Polres Probolinggo Kota. Bahkan, Polres yang dipimpin AKBP Alfian Nurrizal ini, juga menerjunkan anjing pelacak K9. Tak hanya itu, peserta tender yang masuk ke lokasi tender, undangannya

  • Perumahan Baru Rawan Dibobol Maling

    Aksi pencurian di wilayah Hukum Polres Probolinggo, terus bertambah. Kali ini menimpa penghuni rumah di perumahan Green Safana Tiga, Jalan Galunggung, Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Ada sekitaran 4 rumah di maling di wakt

  • Maling Motor Di GOR Gedangsewu Terjungkal Dihadiahi Timah Panas

    Pelaku pencurian sepeda motor di depan GOR Gedangsewu Boyolangu beberapa waktu lalu, akhirnya dilumpuhkan Satresrim Polres Tulungagung. Pelaku yang diketahui Rahman Ardiantoro (18) warga Gedangsewu itu diamankan Satresrim di rumahnya dan dibawa ke Mako P

  • Tim Pengawas Minta Disdag Pasang Papan Informasi Setiap Ada Proyek

    Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang harus berbenah dalam menjalankan kegiatan pembangunan di lingkungan pasar. Seperti halnya dengan melakukan pemasangan papan kegiatan. Karena seringkali ada kegiatan revitalisasi tanpa ada papan informasi.

  • Direktur Yayasan Yang Tertangkap Nyabu Bukan PNS Pemkab Blitar, Ini Penjelaskan Bupati

    Penangkapan seorang PNS tersangkut narkoba Indah Susilowati (49) rupanya bukan dari PNS di bawah naungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar.

  • Bukan Cinta, Bidadari UM Bilang Ini Hal yang Tidak Bisa Dipercaya

    Anak muda punya banyak kata mengungkapkan persoalan hidup. Urusan cinta tidak perlu ditanya. Ada saja kata-kata unik yang mereka buat. Termasuk salah satu yang menarik adalah akun Instagram @bidadarium.

  • Honor 9 Lite Resmi Dirilis, Marcom Buka Pre Order DP Rp 200 Ribu

    Tak butuh waktu lama bagi Honor untuk memasarkan perangkatnya di Indonesia. Honor 9 Lite yang baru diumumkan pada akhir Maret lalu dipastikan mulai menebarkan pesonanya dan bisa pre order di Counter HP Marcom dan New Marcom Blitar.

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top