Empat Taman Labirin Terkemuka di Indonesia, di Malang Salah Satunya

Taman labirin Coban Rondo, Malang, menjadi destinasi wisata yang diminati wisatawan karena mengasyikkan.
Taman labirin Coban Rondo, Malang, menjadi destinasi wisata yang diminati wisatawan karena mengasyikkan.

JATIMTIMES, MALANGBanyak destinasi wisata yang asyik dan unik di Indonesia. Salah satunya adalah wisata labirin. Di dunia, wisata labirin menjadi destinasi wista yang banyak diburu para wisatawan saat akhir pekan. 

Labirin merupakan sebuah sistem jalur yang rumit, berliku-liku, serta memiliki banyak jalan buntu. Labirin bisa menjadi permainan di atas kertas, namun dapat juga dibuat dengan skala besar dengan menggunakan tanaman yang cukup besar untuk dilewati dapat juga dengan tembok ataupun pintu-pintu. Dahulu labirin digunakan untuk mengurung minotaur, yaitu makhluk mitos Yunani.

Di Indonesia, ternyata ada empat taman labirin yang indah dan unik. Salah satunya di Malang.

1. Taman Labirin Palaihara 

Selain memiliki Pulau Samber Gelap di Kotabaru dengan kecantikan pasir putih dan terumbu karangnya, Kalimantan Selatan meresmikan lagi wisata unik yang terkenal dengan Taman Labirin Palaihari. Pengunjung taman ini bisa merasakan sensasi mengasyikkan saat memasuki labirin raksasa. 

Taman yang terbuat dari rerimbunan tanaman yang dirancang sedemikian rupa itu seolah membawa kamu ke dalam dunia fantasi yang membingungkan namun juga menggembirakan. 

Taman Labirin Palaihari terletak di agrowisata PKK Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Kawsasan wisata ini buka Senin-Jumat mulai pukul 1 siang sampai pukul 5 sore, Sementara untuk akhir pekan buka mulai ukul 8 pagi hingga sore hari. taman ini juga biasa dimanfaatkan untuk foto prewedding karena memang memiliki latar yang sangat indah. 

Di tengah-tengah lokasi labirin juga terdapat menara setinggi 3,5 meter. Menara ini juga biasa dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk berfoto selfie dari berbagai sudut. 

Selain taman labirin, di area agrowisata ini juga terdapat penangkaran rusa tutul dan danau buatan yang menawan dan asyik untuk bersantai. 

2. Taman Labirin di Taman Bunga Nusantara, Cipanas 

Taman ini terletak di Desa Kawung-luwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat. Taman yang memiliki luas 35 hektare dengan koleksi aneka macam bunga dari berbagai negara ini diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto tanggal 10 September 1995. Taman Labirin di Cipanas ini cocok sekali buat kamu yang menyukai teka-teki dan petualangan. 

Taman labirin Cipanas ini menerapkan pola Renaissance, yaitu sebuah pola yang memiliki kisah legenda Theseus yang membawa Putri Adriane kemudian menempuh jalan tak berujung. Banyak rute membingungkan yang akan kamu temukan saat pertama memasuki labirin ini. Di sini, daya ingat kamu benar-benar diuji.

Di sini, kamu juga bisa merasakan sensasi tersesat sampai akhirnya menemukan jalan keluar. Untuk sampai ke pusat labirin. agak sedikit sulit memang. Sebab, sepanjang lorong hanya terdapat dinding pohon yang menjulang tinggi dan rapat. 

Di sini juga terdapat menara setinggi 29 meter yang biasa dimanfaatkan para wisatawan untuk memandu teman seperjalanannya mencapai titik pusat labirin dan menemukan jalan keluar. Di menara pandang ini juga terdapat map yang sengaja disediakan untuk memudahkan para wisatawan memecahkan rute labirin atau agar bisa mempermudah sampai ke pusat labirin. 

3. Taman Simalem Resort 

Berada di Jalan Raya Merek-Sidikalang Km 9, Karo, Sumatera Utara. Tepatnya di kawasan perbukitan Danau Toba, Bukit Merek, Sidikalang. Tempatnya yang berada di ketinggian membuat wisata labirin yang satu ini berhawa segar dan sejuk. Tempat ini cocok sekali buat kamu yang ingin lari dari rutinitas sehari-hari. 

Untuk mencapai tempat ini, pengunjung akan memakan waktu tempuh  sekitar 2,5 jam dari Medan, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.  Sedangkan dari Hillpark, Sibolangit, perjalanan hanya 1,5 jam. Jika ingin lebih cepat,  bisa melalui jalur dari Berastagi karena dari jalur tersebut hanya memakan waktu tempuh 45 menit. 

Taman ini memiliki banyak spot unik dan indah. Salah satunya adalah taman labirin. Taman labirin ini menyuguhkan sensasi yang berbeda bagi siapa saja yang menginjakkan kaki di dalamnya. Seperti pada taman-taman labirin yang sudah disebutkan di atas, di taman labirin ini juga kamu akan menemukan keseruan yang sama. Yang membedakan adalah udaranya. Udara disini sungguh segar dan sejuk. Benar-benar menenangkan. 

Taman labirin di Simalem Resort ini dibuka untuk umum dengan harga tiket yang relatif murah. Dari sini, Anda juga bisa menyaksikan kemegahan Danau Toba yang begitu melagenda. Tempat menenangkan untuk kamu yang tengah dirundung kegalauan. 

4. Taman Labirin Coban Rondo 

Terletak di Pujon, Kabupaten Malang. Taman labirin yang satu ini sangat  unik dan menjadi daya tarik baru untuk menjerat para wisatawan di kawasan objek wisata air terjun Coban Rondo. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pintu masuk area hutan Coban Rondo mempermudah para wisatawan untuk menemukan tempat cantik yang satu ini. 

Labirin Coban Rondo ini sebenarnya adalah salah satu wahana di area outbound. Taman sesat tersebut memanfaatkan rimbunnya tanaman hijau yang berbentuk dinding rapat dengan ketinggian seiktar 2 meter. Meski ukuran sebenarnya tak luas dan besar, namun cukup mampu membuat para wisatawan bingung untuk menemukan pusat labirin. 

Pusat labirin tersebut merupakan suatu ruang di tengah-tengah labirin yang ditandai sebuah kolam air mancur serta beberapa kursi duduk. Banyak wisatawan yang mencoba meminta bantuan petunjuk keluarga atau teman yang tengah memantau dari atas menara yang terletak dekat pintu masuk saat memasuki labirin. 

Meskipun cara tersebut terbilang "curang", tak akan ada yang melarang atau menegur. Jadi, tenang saja. Jangan kaget juga saat kamu berada di dalam labirin karena kamu akan banyak menemukan  wisatawan yang bingung dan tersesat. 

Banyaknya panduan yang keluar dari mulut teman-teman yang berada di menara kadang justru menjadi hiburan tersendiri buat kamu yang tengah kebingungan mencari jalan keluar. Benar-benar mengasikkan. (*)

Pewarta : Imam Syafii
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top