Sepanjang 2017, Ekowisata Boonpring Andeman Turen Capai 76.042 Wisatawan

Ekowisata Boonpring Andeman Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang dengan suasana yang teduh di bawah rimbunan pohon bambu. (foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)
Ekowisata Boonpring Andeman Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang dengan suasana yang teduh di bawah rimbunan pohon bambu. (foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Kabupaten Malang bertagline The Heart of East Java dalam bidang kepariwisataan patut diacungi jempol, buktinya beragam potensi destinasi wisata di wilayah 33 kecamatan mulai pantai, alam, pegunungan, air terjun hingga wisata berbasis lingkungan (desa wisata) mampu menyedot animo wisatawan.

Salah satunya dari 16 destinasi Desa Wisata yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Ekowisata Boonpring Andeman, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen sepanjang 2017 jumlah kunjungan wisatawan mencapai 76.042 wisatawan.

Dari data Pemerintah Desa Sanankerto yang berhasil dihimpun MalangTIMES, laju perkembangan jumlah kunjungan wisatawan selama 2017 mulai Januari 3.569 orang, Februari 2.864 orang, Maret 3.389 orang, April 4.065 orang, Mei 4.299 orang, Juni 4.525 orang.

Kemudian pada Juli 13.932 orang, Agustus 3.942 orang, September 5.329 orang, Oktober 6.303 orang, November 5.212 orang dan Desember 18.613 orang.

Dalam hal ini, Kepala Desa Sanankerto, M. Subur menjelaskan wisata Boonpring ini masih baru diresmikan sekitar satu tahunan, namun animo wisatawan yang datang sangat tinggi sekali.

"Wisatawan yang datang kesini bisa menikmati wisata air, berteduh di bawah rimbunan pohon bambu, bermain flying fox dan befoto ria harga tiket masuknya sangat murah di kantong masyarakat hanya Rp 5 ribu," kata Subur kepada MalangTIMES, Minggu (7/1/2018).

Menurut Subur jumlah kunjungan wisatawan selama setahun paling meningkat pada bulan Juli sebanyak 13.932 orang, lantaran liburan sekolah. Sedangkan, di penghujung akhir tahun peningkatan jumlah kunjungan meningkat drastis.

"Akhir tahun wisatawan yang datang di wisata Boonpring mencapai 18.613 orang, karena liburan panjang sekolah, Natal dan Tahun Baru," paparnya.

Lebih lanjut Subur merinci bahwa jumlah kunjungan selama 2017 mencapai 76.042 orang bila dikalkulasi rata-rata setiap bulan sekitar 6 ribuan orang yang hadir di wisata yang memiliki ribuan koleksi pohon bambu tersebut.

Karena itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pihaknya terus menciptakan suasana keramahan, keamanan, dan kenyamanan kepada para pengunjung dengan menerapkan Sapta Pesona.

"Sikap Sapta Pesona harus dipertahankan dan ditingkatkan, agar wisatawan merasa betah dan bisa menikmati fasilitas di Ekowisata Boonpring Andeman dengan nyaman," ujarnya.

Pewarta : Imam Syafii
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top