Inilah Lima Taman Dinosaurus di Indonesia, di Malang Raya Juga Ada

foto via google
foto via google

JATIMTIMES, MALANGSiapa tidak tahu dinosaurus? Yap, binatang bertubuh raksasa ini telah punah. Meski begitu, banyak ilmuwan menemukan fosil-fosil binatang purba ini dan mengumpulkannya dalam sebuah museum.

Di Indonesia, untuk mengenalkan binatang purba satu ini, banyak tempat membuat imitasi binatang-binatang raksasa ini. Nah, ada beberapa tempat di Indonesia yang memamerkan berbagai dinosaurus hingga akhirnya menjadi tempat wisata edukasi bahi keluarga. Nah, ini dia tempat wisata tersebut.

Museum Dinosaurus, Cisarua


Untuk berwisata ke tempat ini Anda akan dikenakan biaya 6 ribu rupiah. Suasana zaman purba sudah mulai mendominasi ruangan sejak pembelian tiket masuk. Tempat melakukan transaksi pembayaran pun berupa mulut binatang purba. Perjalanan awal dimulai dengan memasuki ruangan temaram dengan beberapa lukisan dan patung fosil dinosaurus.

Kesan “seram” tampaknya sengaja ditimbulkan pada musium ini, ditambah lagi beberapa tulisan-tulisan pendukung menginformasikan seolah-olah di dalam ruangan tersebut terdapat dinosaurus yang masih hidup dan siap memangsa pengunjung. Rupanya di beberapa bagian ruangan terdapat robot-robot yang bergerak secara otomatis menampilkan aksinya bila pengunjung tanpa sengaja mengaktifkan tombol-tombol yang tersembunyi di lantai.

Selain menampilkan patung fosil dinosaurus dan robot-robot yang “mengagetkan”, museum ini juga dilengkapi dengan fosil-fosil asli telur, sebagian rangka/tulang dan gigi dinosaurus yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat.

Dari negeri sendiri (Indonesia) juga ditampilkan fosil-fosil binatang prasejarah dari tanah air yang banyak diketemukan di daerah Trinil, Sangiran, Jawa Tengah. Pemutaran film binatang-binatang purbakala dalam bentuk video juga tersedia, meskipun hanya ditayangkan dalam media televisi 14 inch.

Taman Legenda Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur


Taman legenda ini terdapat wahana petualangan dinosaurus yang jadi favorit banyak pengunjung. Di dalamnya terdapat berbagai patung spesies hewan purba. Yang menarik patung-patung yang ada di wahana ini dapat bergerak, mengeluarkan suara, dan bahkan ada yang menyemburkan air.

Hutan dan sungai-sungai kecil menambah sensasi nyata seperti berada di zaman dinosaurus sungguhan. Selain berwisata, di sini kita juga bisa mendapatkan edukasi tentang binatang yang hidup di zaman purbakala ini. Berbagai keterangan tentang dinosaurus dijelaskan di papan yang berada di dekat patung. Mulai dari keterangan jenis, tinggi, panjang, berat, dan berbagai informasi lainnya.

Untuk masuk ke wahana, pengunjung dapat merogoh kocek Rp 60 ribu, sudah termasuk ke area Wisata Taman Legenda dan wahana Petualangan Dinosaurus. Pengunjung akan mendapat gelang elektronik sebagai pengganti tiket. Tempat ini buka dari jam 09.00 hingga 20.00 WIB. 

Kid City Trans Mart, Tangerang


Kid City di Trans Mart Tangerang yang berada di pinggir Jalan Raya Cikokol, Tangerang, eks Carrefour Cikokol. Jangan lupa ajak keluarga! Di lantai 4 hypermart ini, Anda dan keluarga akan diajak berkenalan dengan beraneka ragam dinosaurus.

Sebut saja Pterodactyl yang tengah menggantung di langit. Binatang bersayap itu menyambut pengunjung saat menaiki lantai 4  dengan eskalator. Tyrannosaurus alias Tyrex berdiri gagah dengan giginya yang besar dan suaranya yang menggema. Atau Brachiosaurus, dinosaurus berleher panjang, yang menggerak-gerakkan lehernya sembari bersuara parau ketika pengunjung melewatinya.

Bertema Jurrasic Adventure, arena Kid City didesain berbentuk taman. Ada 13 wahana permainan yang melingkari taman; Speedy Coaster, Poison Tower, Happy Tree, Barn Yard, Driving School, Rockin’ Tug, Force One Coaster, Sky Rider, Mini Train, Carousel, Baby Dinoland, Softplay, dan Game Zone. Arena bermain juga dilengkapi dengan Food Area dan Party Area. 

Dino Adventure, Taman Pintar Jogjakarta


Taman Pintar Yogyakarta meluncurkan wahana baru untuk menghibur anak-anak yang berkunjung ke tempat rekreasi itu. Dino Adventure. Itu wahana baru yang berlokasi di area seluas 800 meter persegi. Di arena itu, pengunjung dapat berkeliling melihat kehidupan hewan purbakala dinosaurus di zaman purba.
 
Pengelola menyediakan kereta untuk mengajak pengunjung berkelililing. Pengelola menempatkan enam replika robot dinosaurus berteknologi tinggi. Sehingga robot dinosaurus bergerak dengan iringan cahaya dan bersuara. Kesannya, robot 'hidup' seperti aslinya.

Selain itu, pengelola menyuguhkan video kehidupan dinosaurus. Pengunjung dapat menyaksikan langsung kehidupan dinosaurus mulai dari Tyrannosaurus rex, Styracosaurus, Parasaurolopus, dan Aliosaurus.

Dino Park Jatim Park 3, Kota Batu


Konsepnya adalah gabungan antara taman bermain (dino park) dengan teknologi masa kini. Salah satu contohnya adalah teknologi augmented relaity yaitu memungkinkan para pengunjung berinteraksi dengan dinosaurus dalam bentuk animasi. Luas area kurang lebih 6 hektar.

Lokasi atau letak Dino Park Jatim Park 3 ini berada di Beji, Junrejo, Kota Batu.
Yang unik dari Dino Park adalah patung dino seolah-olah masih hidup dan bisa bergerak lho. Ada juga patung lilin dinosaurus kelihatan seperti nyata. (*)

Pewarta : Hezza Sukmasita
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
  • Ngaku Rasul, Pria Penghina Nabi Muhammad Ini Akhirnya Terciduk

    Mulutmu harimaumu. Pepatah inilah yang pantas disematkan kepada Rendra Hadikurniawan. Akibat ucapannya yang menghina Nabi Muhammad akhirnya dia dijebloskan ke penjara.

  • Produsen Miras Oplosan Di Ngadiluwih, Digerebek Polisi

    Tim gabungan Polres Kediri dan Polsek Ngadiluwih berhasil menggerebek sebuah produsen miras rumahan milik Agung Prayono (58) yang terletak di Desa Purwokerto, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Kamis (26/04/2018) Rumah produksi miras digerebek saat p

  • Bangun Instalasi Pengolahan Sampah Jadi Listrik, Pemkab Malang Terpilih sebagai Pilot Project Dunia

    Kabupaten Malang selangkah lebih maju dalam hal pengelolaan sampah. Hari ini (26/4/2018) Bupati Malang Rendra Kresna meresmikan sistem pengelolaan sampah organik menjadi kompos dan energi listrik atau Integrated Resource Recovery Center (IRRC) di kawasan

  • Rawan Diterjang Tsunami, BPBD Gelar Simulasi Tanggap Bencana

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menggelar kegiatan simulasi bencana gempa bumi yang berpotensi tsunami bertempat di Lapangan Desa Tegalrejo, Tempursari, Kamis (26/04) siang tadi.

  • 2 motor dan 2 Hp Ludes

    Wilayah Polres Probolinggo Kota tengah diobok-obok kawanan pencuri. Kali ini kasus pencurian kendaraan bermotor dialami Sunarsis (63) pada Kamis (26/4) dini hari. Dua motor dan satu hand phone di dalam rumahnya digondol kawanan maling.

  • Lelang Proyek Sampai Dijaga Anjing K9, Ada Apa?

    Tender proyek di Kota Probolinggo dijaga ketat Satpol PP dan anggota Polres Probolinggo Kota. Bahkan, Polres yang dipimpin AKBP Alfian Nurrizal ini, juga menerjunkan anjing pelacak K9. Tak hanya itu, peserta tender yang masuk ke lokasi tender, undangannya

  • Perumahan Baru Rawan Dibobol Maling

    Aksi pencurian di wilayah Hukum Polres Probolinggo, terus bertambah. Kali ini menimpa penghuni rumah di perumahan Green Safana Tiga, Jalan Galunggung, Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Ada sekitaran 4 rumah di maling di wakt

  • Maling Motor Di GOR Gedangsewu Terjungkal Dihadiahi Timah Panas

    Pelaku pencurian sepeda motor di depan GOR Gedangsewu Boyolangu beberapa waktu lalu, akhirnya dilumpuhkan Satresrim Polres Tulungagung. Pelaku yang diketahui Rahman Ardiantoro (18) warga Gedangsewu itu diamankan Satresrim di rumahnya dan dibawa ke Mako P

  • Tim Pengawas Minta Disdag Pasang Papan Informasi Setiap Ada Proyek

    Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang harus berbenah dalam menjalankan kegiatan pembangunan di lingkungan pasar. Seperti halnya dengan melakukan pemasangan papan kegiatan. Karena seringkali ada kegiatan revitalisasi tanpa ada papan informasi.

  • Direktur Yayasan Yang Tertangkap Nyabu Bukan PNS Pemkab Blitar, Ini Penjelaskan Bupati

    Penangkapan seorang PNS tersangkut narkoba Indah Susilowati (49) rupanya bukan dari PNS di bawah naungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar.

  • Bukan Cinta, Bidadari UM Bilang Ini Hal yang Tidak Bisa Dipercaya

    Anak muda punya banyak kata mengungkapkan persoalan hidup. Urusan cinta tidak perlu ditanya. Ada saja kata-kata unik yang mereka buat. Termasuk salah satu yang menarik adalah akun Instagram @bidadarium.

  • Honor 9 Lite Resmi Dirilis, Marcom Buka Pre Order DP Rp 200 Ribu

    Tak butuh waktu lama bagi Honor untuk memasarkan perangkatnya di Indonesia. Honor 9 Lite yang baru diumumkan pada akhir Maret lalu dipastikan mulai menebarkan pesonanya dan bisa pre order di Counter HP Marcom dan New Marcom Blitar.

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top