Inilah Lima Taman Dinosaurus di Indonesia, di Malang Raya Juga Ada

foto via google
foto via google

JATIMTIMES, MALANGSiapa tidak tahu dinosaurus? Yap, binatang bertubuh raksasa ini telah punah. Meski begitu, banyak ilmuwan menemukan fosil-fosil binatang purba ini dan mengumpulkannya dalam sebuah museum.

Di Indonesia, untuk mengenalkan binatang purba satu ini, banyak tempat membuat imitasi binatang-binatang raksasa ini. Nah, ada beberapa tempat di Indonesia yang memamerkan berbagai dinosaurus hingga akhirnya menjadi tempat wisata edukasi bahi keluarga. Nah, ini dia tempat wisata tersebut.

Museum Dinosaurus, Cisarua


Untuk berwisata ke tempat ini Anda akan dikenakan biaya 6 ribu rupiah. Suasana zaman purba sudah mulai mendominasi ruangan sejak pembelian tiket masuk. Tempat melakukan transaksi pembayaran pun berupa mulut binatang purba. Perjalanan awal dimulai dengan memasuki ruangan temaram dengan beberapa lukisan dan patung fosil dinosaurus.

Kesan “seram” tampaknya sengaja ditimbulkan pada musium ini, ditambah lagi beberapa tulisan-tulisan pendukung menginformasikan seolah-olah di dalam ruangan tersebut terdapat dinosaurus yang masih hidup dan siap memangsa pengunjung. Rupanya di beberapa bagian ruangan terdapat robot-robot yang bergerak secara otomatis menampilkan aksinya bila pengunjung tanpa sengaja mengaktifkan tombol-tombol yang tersembunyi di lantai.

Selain menampilkan patung fosil dinosaurus dan robot-robot yang “mengagetkan”, museum ini juga dilengkapi dengan fosil-fosil asli telur, sebagian rangka/tulang dan gigi dinosaurus yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat.

Dari negeri sendiri (Indonesia) juga ditampilkan fosil-fosil binatang prasejarah dari tanah air yang banyak diketemukan di daerah Trinil, Sangiran, Jawa Tengah. Pemutaran film binatang-binatang purbakala dalam bentuk video juga tersedia, meskipun hanya ditayangkan dalam media televisi 14 inch.

Taman Legenda Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur


Taman legenda ini terdapat wahana petualangan dinosaurus yang jadi favorit banyak pengunjung. Di dalamnya terdapat berbagai patung spesies hewan purba. Yang menarik patung-patung yang ada di wahana ini dapat bergerak, mengeluarkan suara, dan bahkan ada yang menyemburkan air.

Hutan dan sungai-sungai kecil menambah sensasi nyata seperti berada di zaman dinosaurus sungguhan. Selain berwisata, di sini kita juga bisa mendapatkan edukasi tentang binatang yang hidup di zaman purbakala ini. Berbagai keterangan tentang dinosaurus dijelaskan di papan yang berada di dekat patung. Mulai dari keterangan jenis, tinggi, panjang, berat, dan berbagai informasi lainnya.

Untuk masuk ke wahana, pengunjung dapat merogoh kocek Rp 60 ribu, sudah termasuk ke area Wisata Taman Legenda dan wahana Petualangan Dinosaurus. Pengunjung akan mendapat gelang elektronik sebagai pengganti tiket. Tempat ini buka dari jam 09.00 hingga 20.00 WIB. 

Kid City Trans Mart, Tangerang


Kid City di Trans Mart Tangerang yang berada di pinggir Jalan Raya Cikokol, Tangerang, eks Carrefour Cikokol. Jangan lupa ajak keluarga! Di lantai 4 hypermart ini, Anda dan keluarga akan diajak berkenalan dengan beraneka ragam dinosaurus.

Sebut saja Pterodactyl yang tengah menggantung di langit. Binatang bersayap itu menyambut pengunjung saat menaiki lantai 4  dengan eskalator. Tyrannosaurus alias Tyrex berdiri gagah dengan giginya yang besar dan suaranya yang menggema. Atau Brachiosaurus, dinosaurus berleher panjang, yang menggerak-gerakkan lehernya sembari bersuara parau ketika pengunjung melewatinya.

Bertema Jurrasic Adventure, arena Kid City didesain berbentuk taman. Ada 13 wahana permainan yang melingkari taman; Speedy Coaster, Poison Tower, Happy Tree, Barn Yard, Driving School, Rockin’ Tug, Force One Coaster, Sky Rider, Mini Train, Carousel, Baby Dinoland, Softplay, dan Game Zone. Arena bermain juga dilengkapi dengan Food Area dan Party Area. 

Dino Adventure, Taman Pintar Jogjakarta


Taman Pintar Yogyakarta meluncurkan wahana baru untuk menghibur anak-anak yang berkunjung ke tempat rekreasi itu. Dino Adventure. Itu wahana baru yang berlokasi di area seluas 800 meter persegi. Di arena itu, pengunjung dapat berkeliling melihat kehidupan hewan purbakala dinosaurus di zaman purba.
 
Pengelola menyediakan kereta untuk mengajak pengunjung berkelililing. Pengelola menempatkan enam replika robot dinosaurus berteknologi tinggi. Sehingga robot dinosaurus bergerak dengan iringan cahaya dan bersuara. Kesannya, robot 'hidup' seperti aslinya.

Selain itu, pengelola menyuguhkan video kehidupan dinosaurus. Pengunjung dapat menyaksikan langsung kehidupan dinosaurus mulai dari Tyrannosaurus rex, Styracosaurus, Parasaurolopus, dan Aliosaurus.

Dino Park Jatim Park 3, Kota Batu


Konsepnya adalah gabungan antara taman bermain (dino park) dengan teknologi masa kini. Salah satu contohnya adalah teknologi augmented relaity yaitu memungkinkan para pengunjung berinteraksi dengan dinosaurus dalam bentuk animasi. Luas area kurang lebih 6 hektar.

Lokasi atau letak Dino Park Jatim Park 3 ini berada di Beji, Junrejo, Kota Batu.
Yang unik dari Dino Park adalah patung dino seolah-olah masih hidup dan bisa bergerak lho. Ada juga patung lilin dinosaurus kelihatan seperti nyata. (*)

Pewarta : Hezza Sukmasita
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top