Di Lima Spot Ini Kamu Bisa Nikmati Sunrise Bromo, Lokasi Terdekat Ada di Malang

Panorama dari Bukit Kingkong
Panorama dari Bukit Kingkong

JATIMTIMES, MALANG – Gunung Bromo merupakan salah satu kawasan wisata yang begitu banyak diminati wisatawan.

Salah satu yang membuat banyak wisatawan tertarik pergi ke salah satu wisata alam ini adalah panorama sunrise yang begitu mempesona.

Nah, berikut lima spot yang ciamik untuk menikmati sunrise Bromo, salah satunya ada di Malang lho.

1. Penanjakan 1

Penanjakan 1 Bromo sendiri merupakan view point utama dikawasan wisata gunung Bromo.

Spot ini berhadapan langsung dengan Gunung Bromo, Batok, Kursi juga latar belakang keagungan Gunung Semeru.

Hal itu juga didukung oleh hamparan lautan pasir tertutup kabut yang bersamaan dengan datangnya sinar mentari pagi.

Untuk mencapai daerah tersebut harus memakai kendaraan jeep bromo atau hartop yang bisa kita sewa bersamaan dengan paket wisata Bromo atau menghubungi langsung pihak paguyuban jeep untuk menanyakan keberadaan stok jeep.

Sedangkan untuk rutenya sendiri, jika dari Pasuruan maka kita bisa melewati Tosari dan Purwodadi.

Jika dari Malang bisa lewat Tumpang, namun rute favorit adalah dari arah Probolinggo yaitu Cemoro Lawang, Sukapura, karena disamping jalannya aspal mulus, di sana banyak terdapat paguyuban jeep Bromo. Jadi, kita tidak akan khawatir kehabisan stok jeep untuk disewa.

2. Penanjakan 2

Memang tempatnya tidak setinggi view point Wonokitri. Namun, tempat wisata ini sering dijadikan alternatif melihat sunrise di Bromo, ketika view point utama sedang ramai atau penuh sesak pengunjung.

Berbeda dengan Penanjakan 1 yang terletak di Wonokitri Pasuruan, Penanjakan 2 berlokasi di Kabupaten Probolinggo, tepatnya di Desa Seruni, Sukapura.

Tempat ini sebelumnya sempat ditutup karena rawan longsor. Namun seiring waktu, pihak pemerintah setempat terus mengadakan perbaikan-perbaikan, sehingga tempat tersebut sudah seperti sekarang.

Dari tempat ini kita juga bisa menyaksikan keindahan Bromo dengan sempurna.

Karena tempat wisata ini juga berhadapan langsung Gunung Bromo, Batok, Kursi juga Semeru walaupun dalam sudut berbeda, disamping itu spot disini juga tidak kalah menarik bila dibanding spot di Wonokitri.

3. Bukit Kingkong

Bukit kingkong terletak beberapa ratus meter dibawah penanjakan 1.

Bukit ini berada di ketinggian 2700 meter. Untuk mencapai kawasan ini wisatawan bisa berjalan kaki dari Cemoro Lawang selama 1 jam.

Salah satu keunggulan melihat sunrise di bukit kingkong adalah sedikitnya pengunjung yang ada di spot ini karena tidak banyak orang mengetahui spot ini.

View nya yang bukan main bagusnya. Di bukit kingkong, kalian bisa melihat 3 gunung yakni Gunung Bromo, Batok dan Semeru dengan lebih jelas dan lebih dekat tentunya dibanding dengan melihatnya dari spot penanjakan. 

4. Bukit Cinta

Bukit Cinta Bromo juga sering disebut sebagai Love Hills. Lokasinya yang terletak di kawasan administratif Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo  dan Kabupaten Lumajang.

Seperti halnya Bukit Kingkong Bromo, tempat ini juga sangat jarang dikenal oleh para wisatawan yang berkunjung ke Wisata gunung Bromo.

Dinamakan Bukit Cinta, karena dulunya konon ada yang berkunjung ke Bromo  dan menemukan jodoh di tempat tersebut.

Setelah keduanya menikah, pasangan tersebut akhirnya kembali mengunjungi tempat yang dulu pernah mempertemukan keduanya dan memberi nama tempat tersebut dengan nama “Bukit Cinta”.

View yang ditawarkan di Bukit yang satu ini sama elegannya dengan view yang ditawarkan oleh Bukit Pananjakan, meski Bukit Cinta memiliki ketinggian yang lebih rendah dibanding Bukit Pananjakan namun kamu masih dapat menikmati keindahan sunrise dengan background gunung-gunung eksotis, seperti Gunung Bromo, Gunung Semeru dan Gunung Batok.

5. Bukit Mentigen

Bukit ini berlokasi di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo.

Dari bukit ini anda bisa melihat sisi lain dari panorama wisata gunung Bromo, di antaranya Gunung Batok, hamparan lautan pasir serta pemandangan Desa Ngadisari dari ketinggian 2.273 meter.

Bukit Mentigen juga merupakan terbaik untuk Camping Bromo sekaligus untuk melihat Sunset Gunung Bromo, dan lokasi bukit mentigen juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan Bromo Milky Way, tentu sangat pas bagi mereka para milky way photography, sebagaimana Bukit Cinta Bromo

Pewarta : Hezza Sukmasita
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top