Perjuangan Mendapatkan Pasangan Ala Lalat Ini Patut Dicontoh Para Jomblo, Seperti Apakah?

Pola mencari pasangan lalat ternyata unik dan bikin kita terperangah (Istimewa)
Pola mencari pasangan lalat ternyata unik dan bikin kita terperangah (Istimewa)

JATIMTIMES, MALANG – Lalat, hewan kecil yang identik dengan kotoran dan penyebar penyakit, ternyata memiliki sisi unik yang jarang diketahui banyak orang.

Belakangan ia menjadi bahan perbincangan di wilayah Bululawang, Kabupaten Malang dikarenakan serbuannya terhadap warga di Desa Sudimoro dan Desa Bakalan. Akibat serbuan lalat ini, dua warga di wilayah tersebut hampir melakukan aksi massa dan berencana paksa untuk menutup pabrik ayam yang diduga sebagai sumber perkembangbiakan lalat. 

Selain sisi tersebut, hal unik lalat yang akan dikupas MalangTIMES ini akan juga menjadi perbincangan yang menarik. Misalnya, tentang bagaimana lalat dijadikan alat hidup untuk mendeteksi makanan yang disemprot atau ditambahi bahan kimia di pasar.

Apabila lalat tidak merubung ikan, misalnya, maka dipastikan ikan tersebut tidak terkontaminasi zat-zat kimia berbahaya. Tapi untuk hal ini mungkin sudah terlalu lazim dan diketahui banyak orang, terutama kaum ibu yang terbiasa keluar masuk pasar.

Tapi tahukah anda, bagaimana sang lalat bercinta ?

Ternyata dari hasil penelitian, percintaan lalat khususnya jenis lalat buah (Drosophila Melanogaster), sangatlah unik dan romantis. Mungkin tidak kalah dengan kisah percintaan Romeo dan Juliet karangan William Shakespeare (1564-1616) atau dengan kisah percintaan kita yang dicatat dalam berbagai catatan.

Betapa tidak, lalat buah jantan saat musim kawin akan menjadi pasangan yang romantis. Lalat jantan ini akan berperan secara sempurna sebagai musisi. Dalam menarik perhatian lalat betina melalui alunan suara yang dibuatnya.

Suara-suara indah lalat jantan yang dihasilkan melalui kepakannya yang mampu berkepak sekitar 200 kali per detik ini, sebagai ritual kawin. Dan akan terus dimainkannya sampai lalat betina terpikat olehnya.

Selama perjuangannya untuk memikat dan mendapatkan hati pasangannya, lalat buah akan mengikuti ke manapun si lalat betina pergi. Nyanyian sang lalat jantan akan terus dimainkannya tanpa jeda. Tanpa rasa lelah dan frustasi untuk mendapatkan pasangan bercintanya. Perjuangan yang patut dicontoh untuk para pencari jodoh.

Selain memiliki sisi romantisme bak Romeo yang pantang menyerah mendapatkan Juliet sampai ajal menjemput. Lalat buah ini juga seringkali memperagakan keahliannya dalam bermanuver saat terbang. 

Jurnal Science mengungkapkan, lalat buah mampu bermanuver untuk menghindari predator seperti sebuah jet tempur menghindari musuh. Ia bisa mengubah arah dalam waktu kurang dari satu seperseratus detik. Bahkan keahlian terbang si lalat ini teruji layaknya jet tempur canggih di dunia seperti US Air Force F – 22 Raptor. 

Walau teruji cepat dalam melarikan diri, dalam soal mencari pasangan bercinta, lalat buah merupakan binatang romantis yang mungkin bisa ditiru dan dicontoh dalam soal komitmen dalam mencari pasangan hidup. 

Dari Berbagai Sumber.

Pewarta : Dede Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top