Ini Dia Spot Surfing yang Mendunia, Kabupaten Malang Juga Punya

foto istimewa
foto istimewa

JATIMTIMES, MALANGSurfing menjadi salah satu olah raga yang begitu digemari. Dengan memanfaatkan gelombang laut yang tinggi rupanya olah raga ini juga menawarkan pemandangan laut yang mempesona. Di dunia ada begitu banyak spot surfing dengan tantangan-tantangannya tersendiri.

Nah, MalangTIMES mencoba menyajikan lima spot surfing yang paling mendunia. Di Kabupaten Malang juga ada pantai yang jadi salah satu spot surfing yang mendunia.

1. Gold Coast, Australia


Australia mungkin dapat dikatakan mercusuarnya surfing. Di sini pula, beberapa brand peralatan surfing terkenal dunia dimulai. Seperti brand Quiksilver dan Ripcul. Tidak dapat diragukan lagi bahwa Australia memiliki pantai terbaik dengan ombaknya yang sempurna untuk para surfer.

Gold Coast merupakan kota ke-6 dengan populasi penduduk paling banyak di Australia, Ia terletak di bagian tenggara Queensland dan sangat terkenal dengan matahari iklim tropis dan pantai untuk surfing. Walaupun mahal, namun tempat ini masih saja menarik banyak wisatawan.

Pantai sepanjang 70 km dan 5 titik surfing yaitu The Spit, Main Beach, Narrowneck, Palm Beach dan Mermaid Beach. Lokasi ini dapat dinobatkan sebagai tempat surfing terbaik di dunia atau surga bagi para surfer.  Anda bisa menunggangi dan memecahkan ombak terbaik di sana. Tempat lainnya di God Coast yang harus disambangi yaitu Snapper Rocks Superbank, Burleigh Heads, Kirra dan South Stradbroke Island (Straddie).

2. Jeffreys Bay, Afrika Selatan


Pantai itu terletak di provinsi Eastern Cape Afrika Selatan, sekitar barat daya perjalanan satu jam dari Port Elizabeth, Jeffreys Bay. Daerah ini adalah salah satu tempat surfing terbaik di dunia. Terutama selama musim dingin bulan Juni, Juli, dan Agustus, para surfer akan disambut dengan rantai ombak sempurna.

Jadi, sebenarnya, Afrika bukan hanya dikenal sebagai negara safari saja. Tapi juga menawarkan spot-spot menarik bagi peselancar. Pantai Jeffreys Bay juga digunakan untuk acara tahunan di bulan Juli oleh brand terkenal yaitu Billabong. Billabong menggelar acara yang bertema Billabong Pro Surfing di pantai ini.

Penduduk lokal menyebutnya J’Bay. Tempat ini masih bernuansa muda-mudi, suasananya menyenangkan, juga santai. Bahkan cuaca saat musim panas dan dingin hanya mempunyai sedikit perbedaan, sekitar 5 derajat Celcius. Tak hanya untuk pecinta surfing, jika pengunjung hanya ingin bersantai atau belajar selancar, para warga di sini memiliki kebijakan untuk mengawasi anak-anak kecil yang bermain di pantai ini.

3. Oahu Hawai


Memiliki ombak dengan julukan ombak rakasa dan wipeouts besar. Tentu saja tempat tersebut adalah Hawai. Amerika dianggap sebagai Mekahnya surfing dan pantai utara Oahu yaitu negara Holy Grail. Waikiki dianggap sebagai taman bermain untuk royalti Hawai dan mereka datang untuk surfing. Jadi, jika kamu hanya datang untuk belajar maka ombak Waikiki akan membantumu.

Tapi jika kamu pro, ombak North Shore lebih tepat dan beberapa pantai lain yang menawarkan tempat surfing terbaik di dunia yaitu; Sunset Beach, Pantai Pupukea dan tentu saja Banzai Pipeline. Waktu terbaik untuk surfing bagi pemula Maret-Mei dan untuk pro surfer pada bulan November-Februari.

4. California, Amerika Utara


Sebagian besar pantai California diberkati dengan garis pantai yang membentang panjang, sehingga memungkinkan surfing di setiap spot. California ini menawarkan sesuatu untuk pemula di pantai Malibu atau Manhatten. Sedangkan untuk profesional, ada tantangan ombak besar di Mavericks (luar dari San Francisco).

Tempat tersebut masuk dalam sejarah surfing. Jadi, tidak ada salahnya masuk di bagian pertama dalam daftar untuk liburan surfing. Waktu terbaik untuk surfing: sepanjang tahun, tergantung pengalamanmu dalam surfing. Ketinggian ombak sepanjang tahun antara 2 sampai 4 kaki.

5. Pantai Bowele, Malang


Pesisir Selatan Kabupaten Malang, khususnya di wilayah Tirtoyudo, memiliki gugusan pantai yang elok bagi wisatawan. Bagi penghobi olahraga selancar (surfing), Pantai Bowele Lenggoksono menjadi pilihan favorit. Pantai Bowele sendiri terdiri dari tiga pantai yaitu Pantai Bolu-bolu, Pantai Wediawu dan Pantai Lenggoksono.

Gugusan pantai ini semakin dikenal masyaralat dan mulai mendunia sejak digelarnya even Malang Surving Association pada 2016 lalu oleh Pemerintah Kabupaten Malang. Banyak surfer mancanegara hadir untuk menjajal tarian ombak di Bowele hingga akhirnya mereka jatuh cinta terhadap pesonanya.

Dengan pesona dan eksotismenya Pantai Bowele Kabupaten Malang saat ini termasuk 10 tempat berselancar terpopuler di Indonesia. Pengakuan ini didapatkan pada Anugerah Pesona Indonesia (API) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2017.

Pantai Lenggoksono dikenal bagus untuk selancar dengan tipe ombak berdasar pasir ombak sehingga cocok untuk kelas beginner atau pemula. Lokasi selancar untuk surf school berada di sisi timur, sementara sisi tengah dan barat untuk peselancar profesional.

Pewarta : Hezza Sukmasita
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top