Eddy Rumpoko Dipindah ke Lapas Sidoarjo

Wali Kota Batu Eddy Rumpoko (Dok. BatuTIMES)
Wali Kota Batu Eddy Rumpoko (Dok. BatuTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko (ER) tidak lagi menghuni tahanan KPK (Komisi  Pemberantasan Korupsi) di Jakarta. Eddy Jumat hari ini  (12/1/2018) dipindahkan ke Lapas Kelas II Sidoarjo.

Selain Eddy, mantan stafnya yang juga ditahan KPK karena operasi tangkap tangan kasus suap pengadaan mebeler di kantor Pemkot Batu, yakni  eks Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Pemkot Batu Edi Setyawan, juga dipindah dari tahanan KPK di Jakarta. Bedanya, Edi Setyawan dipindah ke Lapas Kelas I Surabaya di Medaeng.

KPK memindah keduanya karena akan menghadapi sidang penuntutan tahap dua. Sidang keduanya bakal berlangsung di Pengadilan Tipikor Surabaya. Selain dua terdakwa, KPK menyerahkan barang bukti terkait kasus mereka. "Sehubungan dengan persidangan  yang akan dilakukan di PN Tipikor Surabaya,” ungkap Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Febri menambahkan, ada 47 orang saksi yang telah diperiksa untuk kedua terdakwa tersebut. “Keduanya, selain hari ini, telah  lima  kali diperiksa sebagai tersangka pada kurun waktu sejak September hingga Desember 2017,” imbuhnya.

Sedangkan unsur saksi dari berbagai kalangan. Yakni komisaris utama PT Agit Perkasa, kepala dinas pekerjaan umum dan bina marga Kota Batu, staf BRI Malang, kepala bagian administrasi perekonomian dan pembangunan sekda Kota Batu, kepala badan keuangan aset daerah Kota Batu.

Kemudian direktur/direktur utama PT Dailbana Prima Indonesia, kepala bidang pendidikan dasar Dinas Pendidikan Kota Batu, PPK Badan Keuangan Daerah Pemkot Kota Batu, direktur PT Dinamika Oceanic Consula, dan swasta lainnya.

Seperti diketahui, Eddy Rumpoko dan dua orang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada bulan September silam.  Pasca-OTT, penyidik KPK menetapkan Eddy bersama Edi Setyawan dan pengusaha bernama Filipus Djap sebagai tersangka suap proyek belanja modal dan mesin pengadaan mebeler senilai Rp 5,26 miliar. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Batu TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top