Pernah Beraksi di Tempat Lain, Inilah Identitas Kawanan Perampok Nasabah yang Diringkus Polisi

Aksi polantas saat menangkap para pelaku penodongan modus tembak ban di Plosokandang. / Foto : Istimewa
Aksi polantas saat menangkap para pelaku penodongan modus tembak ban di Plosokandang. / Foto : Istimewa

JATIMTIMES, TULUNGAGUNGAksi penyergapan petugas Satlantas Polres Tulungagung terhadap kawanan penodong nasabah Bank Mandiri di GOR Lembu Peteng mendapat simpati publik setelah berita dan video tersebar di media sosial. Aksi tersebut tergolong heroik dan terjadi saat salat Jumat hendak dimulai di masjid dekat pom bensin Plosokandang, Kedungwaru. 

"Reskrim bersama dengan anggota satlantas telah berhasil mengamankan empat orang diduga pelaku percobaan pencurian dengan modus tembak ban," ungkap AKP Mustijat Priyambodo, kasat reskrim Polres Tulungagung. 

Dari data yang dihimpun Tulungagung TIMES, pelaku antara lain Rizky Saputra (48), warga Kahuripan Nirwana Village Blok AA2 No 16 Sidoarjo, yang bertugas mengawasi keadaan. Pelaku lain, Budi Waluyo (50), warga Nakula Dusun Tulusaya RT 05 RW 01 Sidorahayu, Wagir, Kabupaten Malang, yang bertugas mengawasi keadaan. Kemudian Salman (40), warga Jalan Urip Sumoharjo Nomor 6 RT 01 RW 01 Pandaan, Kabupaten Pasuruan, yang bertugas sebagai sopir mobil. Terakhir adalah Zainudin (52), warga Jalan Teuku Umar 7A Nomor 11 F Kelurahan Ujung Pandang Baru, Kecamatan Taluk, Kota Makassar. Nama terakhir adalah eksekutor yang membuka pintu mobil dengan menggunakan kunci T. 
"Ada pelaku lain atas nama FD alias WJK. Dia mengendarai sepeda motor Satria yang telah melakukan tembak ban. Tersangka ini berhasil melarikan diri," jelas kasat reskrim. 

Lantas siapa korban yang hampir menjadi sasaran empuk kawanan penodong jalanan ini? Diketahui korban adalah Agustinus Santoso (46), warga Gondang, Tulungagung. 

Kasat reskrim juga memaparkan peran dan kronologi lengkap hasil pemeriksaan terhadap kawanan penjahat itu. Berawal info masyarakat yang disiarkan melalui radio HT satlantas dengan dibantu satresrim dan anggota polsek, mereka menyergap pelaku percobaan perampokan. 
"Korban yang ditodong ini berdua dengan adiknya yang sudah mengambil uang tunai di Bank Mandiri sebesar Rp 150 juta. Adik korban sudah merasa ada yang mengawasi dari depan bank," jelas Mustijat. 

Kemudian ketika pulang, di selatan GOR Lembu Peteng, korban berhenti untuk cek roda kiri yang tiba-tiba gembos. "Ketika cek roda ini, korban sempat melihat kaki pelaku sedang merusak pintu sebelah kiri dengan kunci T, namun tidak berhasil," papar kasat reskrim. Setelah ketahuan, rupanya kawanan pelaku kabur dan korban melapor kepada polantas. 

Setelah ditangkap dan diamankan, polisi menyita beberapa barang bukti berupa 1 buah HP merek Oppo warna putih, 2 buah kunci T, 1 unit mobil KIA Picanto nomor polisi W 1766 SO beserta STNK atas nama Lilik dan kuncinya, 3 buah HP warna hitam dan rumah kunci pintu mobil serta ban yang masih tertancap paku. "Hasil Interogasi, mereka mengakui sebelumnya pernah melakukan kejahatan yang sama dengan TKP Ngunut, Tulungagung," beber Mustijat.

Satresrim terus berupaya melakukan penyelidikan dan penyidikan untuk pengembangan kasus yang dilakukan oleh komplotan pelaku penodongan dengan modus tembak ban tersebut. (*)

Pewarta : Anang Basso
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Tulungagung TIMES
  • Ngaku Rasul, Pria Penghina Nabi Muhammad Ini Akhirnya Terciduk

    Mulutmu harimaumu. Pepatah inilah yang pantas disematkan kepada Rendra Hadikurniawan. Akibat ucapannya yang menghina Nabi Muhammad akhirnya dia dijebloskan ke penjara.

  • Produsen Miras Oplosan Di Ngadiluwih, Digerebek Polisi

    Tim gabungan Polres Kediri dan Polsek Ngadiluwih berhasil menggerebek sebuah produsen miras rumahan milik Agung Prayono (58) yang terletak di Desa Purwokerto, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Kamis (26/04/2018) Rumah produksi miras digerebek saat p

  • Bangun Instalasi Pengolahan Sampah Jadi Listrik, Pemkab Malang Terpilih sebagai Pilot Project Dunia

    Kabupaten Malang selangkah lebih maju dalam hal pengelolaan sampah. Hari ini (26/4/2018) Bupati Malang Rendra Kresna meresmikan sistem pengelolaan sampah organik menjadi kompos dan energi listrik atau Integrated Resource Recovery Center (IRRC) di kawasan

  • Rawan Diterjang Tsunami, BPBD Gelar Simulasi Tanggap Bencana

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menggelar kegiatan simulasi bencana gempa bumi yang berpotensi tsunami bertempat di Lapangan Desa Tegalrejo, Tempursari, Kamis (26/04) siang tadi.

  • 2 motor dan 2 Hp Ludes

    Wilayah Polres Probolinggo Kota tengah diobok-obok kawanan pencuri. Kali ini kasus pencurian kendaraan bermotor dialami Sunarsis (63) pada Kamis (26/4) dini hari. Dua motor dan satu hand phone di dalam rumahnya digondol kawanan maling.

  • Lelang Proyek Sampai Dijaga Anjing K9, Ada Apa?

    Tender proyek di Kota Probolinggo dijaga ketat Satpol PP dan anggota Polres Probolinggo Kota. Bahkan, Polres yang dipimpin AKBP Alfian Nurrizal ini, juga menerjunkan anjing pelacak K9. Tak hanya itu, peserta tender yang masuk ke lokasi tender, undangannya

  • Perumahan Baru Rawan Dibobol Maling

    Aksi pencurian di wilayah Hukum Polres Probolinggo, terus bertambah. Kali ini menimpa penghuni rumah di perumahan Green Safana Tiga, Jalan Galunggung, Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Ada sekitaran 4 rumah di maling di wakt

  • Maling Motor Di GOR Gedangsewu Terjungkal Dihadiahi Timah Panas

    Pelaku pencurian sepeda motor di depan GOR Gedangsewu Boyolangu beberapa waktu lalu, akhirnya dilumpuhkan Satresrim Polres Tulungagung. Pelaku yang diketahui Rahman Ardiantoro (18) warga Gedangsewu itu diamankan Satresrim di rumahnya dan dibawa ke Mako P

  • Tim Pengawas Minta Disdag Pasang Papan Informasi Setiap Ada Proyek

    Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang harus berbenah dalam menjalankan kegiatan pembangunan di lingkungan pasar. Seperti halnya dengan melakukan pemasangan papan kegiatan. Karena seringkali ada kegiatan revitalisasi tanpa ada papan informasi.

  • Direktur Yayasan Yang Tertangkap Nyabu Bukan PNS Pemkab Blitar, Ini Penjelaskan Bupati

    Penangkapan seorang PNS tersangkut narkoba Indah Susilowati (49) rupanya bukan dari PNS di bawah naungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar.

  • Bukan Cinta, Bidadari UM Bilang Ini Hal yang Tidak Bisa Dipercaya

    Anak muda punya banyak kata mengungkapkan persoalan hidup. Urusan cinta tidak perlu ditanya. Ada saja kata-kata unik yang mereka buat. Termasuk salah satu yang menarik adalah akun Instagram @bidadarium.

  • Honor 9 Lite Resmi Dirilis, Marcom Buka Pre Order DP Rp 200 Ribu

    Tak butuh waktu lama bagi Honor untuk memasarkan perangkatnya di Indonesia. Honor 9 Lite yang baru diumumkan pada akhir Maret lalu dipastikan mulai menebarkan pesonanya dan bisa pre order di Counter HP Marcom dan New Marcom Blitar.

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top