Kematian Seekor Anjing Part 3

Ilustrasi puisi kematian seekor anjing (Istimewa)
Ilustrasi puisi kematian seekor anjing (Istimewa)

JATIMTIMES, MALANG – Kematian Seekor Anjing Part 3

Tak ada yang mengekal dalam cerita atau kisah. Setelah riuh, senyap menunggu. Memamah tubuh pualammu dalam sunyi yang serupa sumur purba tak berair,

Tulah

Sejak tuhan bersabda kepada serpih kecilnya, turunlah. Turunlah ke dunia, agar kalian mengerti bagaimana penciptaan tak semudah yang kalian bayangkan.

Sang ular yang bersembunyi di balik tubuh pualammu yang terusir itu, memamah serpihan sabda. Diendapkannya dalam rahim yang hitam. Hingga suatu ketika, mahkluk yang berjalan dengan empat kaki dan meneteskan liur dari moncongnya yang lapar, mengawini sang ular.

Maka, lahirlah tulah yang mengalir dalam rasa sakit sunyi. Menetes-netes dalam sejarah dan meriuhkan kisah yang ditulis dalam berbagai kitab dan buku yang kini masih kau baca itu.

Dan ingatlah, kisahmu adalah nyeri dalam pengabdian kepada para pengabdi. Jangan putus asa, di ujung paling nyeri aku menanti,. Tulah pertama.

Sejak itu, aku ngembara. Mencari para pengabdi yang juga berjiwa sunyi. Menunaikan tulah pertama. Menyelesaikan takdir atas wujud burukku yang fana. Kematian ternyata memesona dalam ngeri yang tak bisa aku ceritakan saat ini,. Saat itu pula aku memahami arti sebuah lolongan.

2.  Tumang

Konon, sang ular pernah juga bersabda. Meniru penciptanya yang agung. kelak dalam pengembaraanmu, ada perempuan tercantik yang akan jadi istrimu,. Perempuan yang lalai, bahwa setiap yang berjiwa bisa saling memahami walau tidak saling mengerti. Di jatuhkannya gulungan benang tenun. Watak manusia, wahai anjing, selalu meringankan. Mata manusia, wahai anjing, hanya menatap sedepa tangan. Sang ular berdesis dan aku hampir menangis. Karena tulah pertama telah menemui pintunya.

siapapun yang mengambilkan ku benang itu akan aku jadikan pasangan hidupku. Kalau dari jenisku, jadilah saudara sehidup mati. Jika dari jenis lainnya, jadilah suamiku,. 

Aku Tumang. Anjing yang akhirnya mengawinimu dan membuatmu memanjangkan cerita nyeri. Satu babad akhirnya tercipta dengan kematianku. Anak kita jelma cerita. Kita kembali ke muasal yang tak pernah bisa kita ceritakan saat ini.

Masihkah kau dengar lolongan ku ini, puteri,.

3. Tukiyah

Bukan puteri dan tidak secantik dirimu, dewi. Tapi diketiaknya aku mengendus sebuah pengabdian tiada tepi. Tukiyah pernah berucap, hidup itu sejengkal tanah lamanya. Tapi perjalanan menjadi, tidak dibatasi angka. Manusia, anjing punya  jalan yang sama untuk menjadi. Kalau kau mau ikuti aku,.

Aku masih anjing berusia belasan bulan. Tapi mataku teramat awas untuk melihat berbagai bayangan yang menyelinap disegala aroma. Bau bacin ketiakmu, hanyalah dunia. Maka aku ikuti langkahmu.

Tapi, percayalah, tulah selalu ada. Aku melihatnya saat Tukiyah yang gemar menyembuhkan sesamanya dengan mantra, asap kemenyan dan cipratan air, tubuhnya membengkak dan tak berwujud manusia. Di parak pagi, segerombolan manusia menghajarnya sedemikian rupa dengan serapah dan tulah yang di ulang-ulang. 

Aku melihatnya, saat seorang manusia yang aku gigit mata kakinya, menghantamkan bongkahan kayu di kepalaku. itu belum nyeri, itu belum sunyi, wahai anjing. Hanya kematian. Kisahmu masih panjang untuk menemuiku, aku melihat sang ular yang selalu hadir dalam mimpi saat aku tertdur di ketiak Tukiyah. Tuk-Iyah. Tuk-Iyah. Gelap meraja dan riuh mati di tikam sunyi.

Pewarta : dd nana
Editor : Redaksi
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
  • Melihat Batik Khas Desa Tlogo Kabupaten Blitar, Keunikannya Diminati Warga Australia

    Batik merupakan budaya warisan nenek moyang Indonesia. Dan hampir setiap daerah di Indonesia punya batik yang berbeda-beda pola dan motif gambarnya.

  • Pilkada, Azan Pun Jadi Persoalan Bagi Bawaslu

    Ada yang menarik dari paparan yang disampaikan Bawaslu Provinsi Jawa Timur dalam sosialisasi Pengawasan Pemilu Bagi Ormas, LSM dan media. Komisioner Bawaslu, Aang Khunaifi memberikan contoh adanya calon yang melakukan azan dan ditayangkan di sebuah media.

  • Karena Foto, Panwaslu Tulungagung Putuskan Tiga ASN Bersalah, Kadis Tidak

    Tiga ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung dinyatakan bersalah oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tulungagung.Tiga ASN yang terdiri dari dua Camat yaitu Camat Sumbergempol dan Camat Ngunut serta seorang Kepala Bidang (Kabid) di Di

  • Jalur On The Spot Pakusari, Masuk Penilaian OK BOS Dirlantas Polda Jatim

    Jalur tengkorak timur terminal Pakusari tepatnya di depan PTPN Kebun Kertosari Pakusari Jember jadi penilaian kegiatan “Open Karo Black On The Spot” (OK BOS) Daerah rawan kecelakaan lalu lintas (Blakcspot) dari Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim. Jalur di

  • Coba Gaya Foto OOTD Dengan Bantal

    Tidak bisa dipungkiri, gaya foto di media sosial Instagram jadi bukti eksistensi diri. Banyak cara eksis di media sosial. Salah satunya adalah mengunggah foto OOTD (Outfit of the Day) yang menarik. Buat kamu kawula muda, pasti dong tidak ingin tampil itu-

  • KPU Batu Mudahkan Pemilih Disabilitas

    Komisi Pemilihan Umum Kota Batu memberikan perhatian khusus kepada para disabilitas di Kota Batu untuk pelaksanaan coblosan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018, pada Juni mendatang.

  • Suket Khusus Untuk Nyoblos Pilkada Dicetak Mulai 20 Mei

    Calon pemilih yang belum memiliki KTP elektronik tak perlu khawatir untuk menggunakan hak pilihnya. Karena untuk pilkada 2018, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerbi

  • Tingkatkan Mutu Pendidikan Pemkot Latih 1.343 Kepala PAUD

    Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Surabaya. Salah satunya dengan menggelar kegiatan workshop kemampuan kepada para guru pendidik PAUD (Pendidikan Anak Usia Di

  • Tekan Angka Kriminalitas, Sita Ratusan Botol Miras

    Sedikitnya, 13 krat miras berbagai ukuran dan merek diamankan petugas saat razia, Senin (23/4) malam kemarin. Selain itu petugas juga mengamankan 4 pemandu lagu yang sedang menemani pengunjung di salah satu tempat karaoke. Petugas juga mengamankan 4 unit

  • Pasangan Calon SAE Pilih Kampanye Senyap

    Pengerahan massa dalam jumlah banyak tidak selalu dilakukan pasangan calon kepala daerah. Seperti halnya yang dilakukan pasangan Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko (SAE).

  • Tanah Kavling Warga Dijual Oknum Pensiunan Lurah

    Pensiunan PNS Pemkot Probolinggo, diduga telah menjual tanah milik warga. Tanah kavling berukuran 5 X 22 meter yang berlokasi di Jalan Letjen Sutoyo Gang II, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, milik almarhum Ali Sumar orang tua Nur Eva Arimami (

  • Malaikat Maut Kembali Jemput Tiga Pemabuk Di Surabaya

    Korban terus berjatuhan akibat minuman keras (Miras). Sebelumnya tiga warga Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari tewas akibat menenggak miras. Terbaru, dua nyawa melayang diduga kuat karena miras oplosan.

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top