RSUD dr. Soetomo Jadi RS Pemerintah Pertama Garap Operasi Deep Brain Stimulation

Konferensi pers di Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya
Konferensi pers di Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya

JATIMTIMES, SURABAYA – Bila sebelumnya banyak pasien penderita parkinson memilih berobat ke luar negeri, kini penanganannya bisa lebih canggih dan terjangkau. RSUD dr. Soetomo Surabaya telah memiliki unit terintegrasi dengan teknologi MRI (Magnetic Teringat Imaging) beresolusi tinggi (3Tesla).

Senin (29/1/2018) siang bertempat di Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT), Integrated Neurological Unit RSUD Dr. Soetomo memulai operasi Deep Brain Stimulation (DBS) pada pasien Parkinson, Tremor dan Dystonia menggunakan MRI ber-resolusi tinggi (3Tesla), awake surgery.

Para dokter di RSUD Dr. Soetomo yang tergabung dalam integrated Neurological Disease Unit memulai terapi terhadap penyakit saraf secara terintegrasi berbagai bidang.

Salah satunya adalah tindakan stereotactic brain lesion dan deep brain stimulation pada penyakit Parkinson, Tremor, dan dystonia. Operasi dilakukan dalam kondisi pasien sadar penuh. RSUD dr. Soetomo saat ini juga dilengkapi dengan MRI resolusi tinggi (3T) yang sangat membantu dalam menegakkan diagnostik dan terapi dengan gambaran saraf sangat detail dengan resolusi sangat tinggi. 

Operator (DBS) dr. Achmad Fahmi, Sp.BS (K), menjelaskan, pasien akan dioperasi dalam kondisi sadar sejak awal proses operasi. Selanjutnya, pasien diminta melakukan gerakan tangan atau kaki yang sulit dilakukan selama getaran parkinson terjadi.

"Brain Stimilation tekniknya kita berikan bius lokal namun sadar penuh mulai dari awal dioperasi. Kemudian kita pasang beberapa elektrode di otak," ujarnya.

Achmad menjelaskan, Magnetic Resonance Imaging (MRI) 3 Tesla atau pencitraan resonansi, merupakan teknik diagnostik medis yang menghasilkan gambaran untuk memeriksa dan mendeteksi kelainan di dalam tubuh, dengan menggunakan medan magnet dan gelombang radio frekuensi.

Menurut Achmad, DBS banyak membantu meningkatkan kualitas hidup pasien parkinson. Meski tidak bisa dikatakan pulih total, tapi pasien bisa menjadi lebih nyaman berkegiatan sehari-hari ataupun bekerja.

"Ada peningkatan kualitas hidup. Bila setiap jam pasien minum obat, biar badannya enak. Dengan DBS ini bisa lebih panjang lamanya on (efek obat) dan meminimalisir getaran yang timbul," ujarnya.

Penyakit Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Gejala yang banyak diketahui orang dari penyakit ini adalah terjadinya tremor atau gemetaran, sehingga pasien tidak dapat melakukan aktivitas tiap hari dengan baik. 

Penyakit Parkinson belum banyak diketahui sebagian besar masyarakat Indonesia, begitu pula dengan pengobatannya. Hal ini membuat banyak penderita Parkinson memilih berobat di luar negeri. 

"Awalnya di Surabaya baru rumah sakit swasta yang menerapkan hal serupa, ada di Siloam Hospital dan National Hospital. Kini Soetomo bisa menanganinya," imbuh Achmad.

Kepala Departemen Bedah Saraf RSUD Dr. Soetomo. dr. Agus Turchan. Sp.BS (K) menambahkan,  operasi Deep Brain Stimulation merupakan pertama kalinya dilakukan di rumah sakit pemerintah di Indonesia. "Kita sudah lama mempersiapkan ini dan mengajukan peralatan yang harganya memang tidak murah. Akhirnya kita bisa kerjakan juga sekarang," ujarnya. 

Integrated Neurological Disease Unit di RSUD Dr. Soetomo pun terdiri dari multidisiplin ilmu yang saling bersinergis, di antaranya, Departemen Neurologi, Bedah Saraf, Radiologi, Anestesiologi, Psikiatri, dan Rehabilitasi Medik yang siap menangani dan mengobati pasien dengan penyakit saraf. 

Unit ini sekaligus menggelar symposium yang diberi nama CME on Neurology and Neurosurgery dan mengambil tema “Live Surgery dengan metode Deep Brain Stimulation (DBS)”. Simposium itu menyampaikan materi tentang “Penanganan Terkini Parkinson dan Kelainan Gerak dengan Deep Brain Stimulation“. 

Sehingga, kegiatan operasi pasien parkinson, tremor dan dystonia juga disaksikan oleh peserta Mini Simposium Live Surgery Deep Brain Stimulation (DBS), yang merupakan dokter umum dan dokter spesialis dari Surabaya dan sekitarnya. (Nps)

Pewarta : Phaksy Sukowati
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : bayu pradana
Sumber : Surabaya TIMES
  • Suporter Bonek dan Jakmania Tewas Akibat Tabrak Lari

    Seorang suporter sepak bola Persebaya atau Bonek dilaporkan tewas akibat kecelakaan. Dia diduga menjadi korban tabrak lari. Bersamaan dengan dia seorang suporter Persija, Jakmania juga dilaporkan tewas. Karena ke duanya mengendarai motor berboncengan.

  • Viral, Hanya dengan Kaleng Bekas Pemuda Ini Mampu Saingi DJ

    Lagu yang menghentak khas DJ kerap sukses membawa penikmat musik bergoyang. Dengan peralatan yang canggih dan teknik yang baik akan menghasilkan musik yang ciamik. Namun bagi pemuda satu ini, untuk menjadi DJ tidak perlu menggunakan alat yang mahal.

  • Hari Jadi Jombang Masih dalam Pembahasan Raperda

    Kabupaten Jombang sebentar lagi akan memiliki regulasi yang mengatur tentang hari jadi kabupaten yang dijuluki sebagai kota santri ini. Regulasi tersebut tertuang pada Peraturan Daerah Kabupaten Jombang yang akan segera diselesaikan pada tahun 2018 ini.

  • Ngabuburit di Karang Menjangan, Emil Dardak Jadi Koki Martabak Mie Madura

    Emil Elestianto Dardak, cawagub Jatim nomor urut satu mengisi kampanye di bulan Ramadhan dengan ngabuburit berburu sajian takjil buka puasa di Pasar kaget takjil Karang Menjangan, Surabaya, Rabu (23/5/2018).

  • Sebanyak 167.839 Kertas Suara Pilgub Dilipat, Target Selesai Besok

    Meski pencoblosan pilkada serentak masih kurang satu bulan lima hari, namun KPU Kota Probolinggo sudah melaksanakan pelipatan kertas suara. Selasa (22/5) puluhan pemuda di Aula KPU Probolinggo tampak sibuk melipat kertas suara. Untuk kali ini, yang dilipa

  • Babak Pertama, Arema FC Unggul 2-0 Atas Bhayangkara FC

    Pertandingan babak pertama antara Arema FC melawan Bhayangkara FC di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Selasa (22/5/2018) malam didominasi Arema FC dengan skor 2-0. Dua gol diciptakan oleh Rivaldi Bawuo pada menit 9 dan Dedik Setiawan pada menit 24.

  • Tersungkur, Bapak Tukang Bakso Ini Bikin Netizen Iba

    Sebuah video viral di media sosial dan sempat membuat netizen iba. Seorang penjual bakso terekam saat terjatuh dan semua dagangannya tumpah di jalanan.

  • Tak Berizin, Galian Pipa Gas Bumi Dihentikan

    Setelah sempat ditutup, Senin (21/5) kemarin, proyek galian pipa gas bumi di Jalan Hayam Wuruk Kota Probolinggo, dilanjutkan lagi. Proyek yang dikerjakan PT Dharma Sumber Pundi Artha itu sempat dihentikan Satpol PP, lantaran diduga belum mengantongi izin.

  • Sekda Kota Kediri Apresiasi Keberadaan Ponpes Di Kota Kediri

    Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu hadiri acara Buka Bersama dan Pemberian Santunan Bagi Anak Yatim yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Wali Barokah Kota Kediri, Selasa (22/5) di Pondok Wali Barokah.

  • Safari Ramadhan di Masjid Quba, Pemkot Malang Ingatkan Jamaah Gunakan Hak Pilih

    Safari Ramadhan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang 1439 H berlanjut di Masjid Quba, Kelurahan Bareng. Pada safari ke empat, Selasa (22/5/2018) malam, pemkot menyampaikan beberapa imbauan pada masyarakat. Salah satunya terkait penggunaan hak suara dalam Pilka

  • Dinas Pendidikan Kota Kediri Buka Pendaftaran PPDB Online Jenjang SD

    Jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bersistem online jenjang Sekolah Dasar (SD) tahun 2018, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri bakal membuka lebih banyak tempat pendaftaran di masing-masing sekolah.

  • Hibur Para Napi, Polisi Ini Ajak Video Tik Tok di Tahanan

    Aplikasi Tik Tok masih menjadi primadona di berbagai kalangan. Baru-baru ini sebuah video Tik Tok tersebar di media sosial dan bikin netizen ketawa. Sebab, video tersebut dibuat oleh seorang anggota kepolisian di depan sel tahanan bersama para nara pidana

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top