Pemuda Blitar Ini Sulap Labu Jadi Jajanan Khas Daerah

M. Anwar menunjukkan jajanan produksinya yang berbahan labu.(Foto : M.Rifai/Jatim TIMES)
M. Anwar menunjukkan jajanan produksinya yang berbahan labu.(Foto : M.Rifai/Jatim TIMES)

JATIMTIMES, BLITARLabu yang selama ini dikenal masyarakat dengan sebutan "waluh" sering dikonsumsi sebagai kolak saja. Namun di tangan kreatif Muhammad Anwar (26), labu dibuat jajanan yang jadi ikon daerahnya.

Warga Desa Nglangon, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, itu mengolah labu menjadi browring pumpkin, browring cholcolate, keripik, kue kerig, pumpkin rool, dan kecimpring yang beraneka ragam rasa dan bentuknya. Jajanan tersebut dijual di lapak miliknya yang diberi nama "Anvir".

“Saya mempunyai pohon labu di kebun. Selama ini labu dikenal masyarakat hanya sebagai kolak saja dan tidak setiap hari orang mambuat kolak. Lalu saya berkreasi bagaimana labu ini tidak terbuang percuma. Akhirnya saya mencoba membuat kripik dari labu," Kata Anwar kepada BLITARTIMES, Minggu (4/2/2018).

"Saya tidak memakai bahan pewarna maupun bahan pengawet. Ini asli dari bahan labu,”  imbuhnya.

Harga jajanan ini pun tergolong terjangkau, yakni di kisaran Rp 10 ribu hingga Rp 14 ribu. Dalam satu bulan, Anwar meraup untung minimal Rp 5 Juta dari bisnisnya ini.

Pria asli Blitar berwajah damai ini memulai usahanya pada pertengahan 2016. Dia dibantu istrinya, Evira Apriliana, dan 3 karyawan lainnya. Ia memulai produksi dan promo produknya lewat sebuah pameran yang ada di Blitar. Lewat UMKM tersebut, Anwar mendapatkan ilmu dari senior-seniornya.

Perkembangan usahanya ini cukup pesat. Saat ini, produknya dijual di beberapa toko dan daerah wisata edukasi di Blitar. Tkdak hanya itu. Dia juga menjual produknya via online.Tidak hanya diwilayah Blitar saja, pesanan juga datang dari seluruh Indonesia.

"Pendapatan dapat diprediksi ketika ada pesanan. Mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp 5 juta. Yang namanya jualan, pasti ada pasang surutnya pembeli. Omzet dapat naik ketika pas Lebaran," kata Anwar.

(Foto : Jatim TIMES)

Meski dibilang baru berdiri sekitar satu tahunan, bisnis jualan labu ini bisa dibilang lancar. Setiap minggunya produksi jualan bisa habis sekitar 100 boks  browring pumpkin, browring cholcolate, dan kecimpring. Bahkan kalau pas hari raya, pesanan bisa mencapai 500 boks.

"Sampek kewalahan kaminya, Mas. Maka dari itu kami masih membuka beberapa toko hanya di daerah blitar saja. Kenapa saya kok tidak menambah karyawan? Karena begini Mas, semua itu butuh proses belum nanti beli alat - alatnya dan kebutuhan lainnya,” tukasnya.

"Ke depannya saya mempunyai rencana untuk menambah karyawan dan terus melakukan inovasi agar produk buatan kami tetap berjalan dengan lancar,” imbuhnya lagi.

Saat ini Anwar sedang melanjutkan kuliah S2-nya di Malang .Tentunya kedua sepasang suami istri yang telah lulus kuliah ini saling mendukung dan terus bersemangat untuk terus berwirausaha.

"Niat awal saya usaha sih untuk membuka lapangan pekerjaan di desa saya, katanya mahasiswa harus berguna untuk masyarakat. Untuk rencana kedepan saya ingin menjadi dosen dan terus mengembangkan usaha saya dengan tanpa saya harus turun tangan untuk membuat produksi,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Masdain Rifai
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
  • Arema FC Lumat Bhayangkara FC 4-0, Gol Dipersembahkan Duo Dedik- Rivaldi

    Di hadapan 3394 ribu Aremania tim Singo Edan tampil garang melumat Bhayangkara FC dengan skor akhir 4-0 di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Selasa (22/5/2018) malam.

  • Suporter Bonek dan Jakmania Tewas Akibat Tabrak Lari

    Seorang suporter sepak bola Persebaya atau Bonek dilaporkan tewas akibat kecelakaan. Dia diduga menjadi korban tabrak lari. Bersamaan dengan dia seorang suporter Persija, Jakmania juga dilaporkan tewas. Karena ke duanya mengendarai motor berboncengan.

  • Viral, Hanya dengan Kaleng Bekas Pemuda Ini Mampu Saingi DJ

    Lagu yang menghentak khas DJ kerap sukses membawa penikmat musik bergoyang. Dengan peralatan yang canggih dan teknik yang baik akan menghasilkan musik yang ciamik. Namun bagi pemuda satu ini, untuk menjadi DJ tidak perlu menggunakan alat yang mahal.

  • Hari Jadi Jombang Masih dalam Pembahasan Raperda

    Kabupaten Jombang sebentar lagi akan memiliki regulasi yang mengatur tentang hari jadi kabupaten yang dijuluki sebagai kota santri ini. Regulasi tersebut tertuang pada Peraturan Daerah Kabupaten Jombang yang akan segera diselesaikan pada tahun 2018 ini.

  • Ngabuburit di Karang Menjangan, Emil Dardak Jadi Koki Martabak Mie Madura

    Emil Elestianto Dardak, cawagub Jatim nomor urut satu mengisi kampanye di bulan Ramadhan dengan ngabuburit berburu sajian takjil buka puasa di Pasar kaget takjil Karang Menjangan, Surabaya, Rabu (23/5/2018).

  • Sebanyak 167.839 Kertas Suara Pilgub Dilipat, Target Selesai Besok

    Meski pencoblosan pilkada serentak masih kurang satu bulan lima hari, namun KPU Kota Probolinggo sudah melaksanakan pelipatan kertas suara. Selasa (22/5) puluhan pemuda di Aula KPU Probolinggo tampak sibuk melipat kertas suara. Untuk kali ini, yang dilipa

  • Babak Pertama, Arema FC Unggul 2-0 Atas Bhayangkara FC

    Pertandingan babak pertama antara Arema FC melawan Bhayangkara FC di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Selasa (22/5/2018) malam didominasi Arema FC dengan skor 2-0. Dua gol diciptakan oleh Rivaldi Bawuo pada menit 9 dan Dedik Setiawan pada menit 24.

  • Tersungkur, Bapak Tukang Bakso Ini Bikin Netizen Iba

    Sebuah video viral di media sosial dan sempat membuat netizen iba. Seorang penjual bakso terekam saat terjatuh dan semua dagangannya tumpah di jalanan.

  • Tak Berizin, Galian Pipa Gas Bumi Dihentikan

    Setelah sempat ditutup, Senin (21/5) kemarin, proyek galian pipa gas bumi di Jalan Hayam Wuruk Kota Probolinggo, dilanjutkan lagi. Proyek yang dikerjakan PT Dharma Sumber Pundi Artha itu sempat dihentikan Satpol PP, lantaran diduga belum mengantongi izin.

  • Sekda Kota Kediri Apresiasi Keberadaan Ponpes Di Kota Kediri

    Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu hadiri acara Buka Bersama dan Pemberian Santunan Bagi Anak Yatim yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Wali Barokah Kota Kediri, Selasa (22/5) di Pondok Wali Barokah.

  • Safari Ramadhan di Masjid Quba, Pemkot Malang Ingatkan Jamaah Gunakan Hak Pilih

    Safari Ramadhan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang 1439 H berlanjut di Masjid Quba, Kelurahan Bareng. Pada safari ke empat, Selasa (22/5/2018) malam, pemkot menyampaikan beberapa imbauan pada masyarakat. Salah satunya terkait penggunaan hak suara dalam Pilka

  • Dinas Pendidikan Kota Kediri Buka Pendaftaran PPDB Online Jenjang SD

    Jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bersistem online jenjang Sekolah Dasar (SD) tahun 2018, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri bakal membuka lebih banyak tempat pendaftaran di masing-masing sekolah.

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top