Lama Tinggal di Indonesia Dubes Kroasia Mengaku Warga Kroasian

Dubes Kroasia untuk Indonesia Drazen Margeta saat berkunjung ke kantor DPRD Kota Surabaya
Dubes Kroasia untuk Indonesia Drazen Margeta saat berkunjung ke kantor DPRD Kota Surabaya

JATIMTIMES, SURABAYA – Duta Besar Kroasia untuk Indonesi, Drazen Margeta berkunjung ke Kota Surabaya Selasa (6/2) siang. Dalam kunjungan ini dia menyempatkan datang ke kantor DPRD Kota Surabaya.

Kedatangannya tersebut langsung disambut oleh Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji. Dia disambut hangat dengan mendapatkan pengalungan bunga.

Tidak lama setelah itu Drazen diajak Armuji untuk masuk ke ruangan kerjanya. Di dalam ruangan tersebut Drazen diajak berbicara ngalor-ngidul secara santai. Karena Drazen juga tidak begitu kaku sebagai pejabat.

“Beliau ini meskipun pejabat tidak begitu protokoler orangnya. Bahkan sering berjalan ke sana-ke mari sendirian,” ujar salah satu penerjemahnya.

Sementara itu Drazen mengucapkan banyak terima kasih diawal sambutannya. Karena dia sudah diterima dengan sangat baik. “Kalau kita melanjutkan hubungan yang lebih baik lagi. Pasti ke depan akan lebih banyak lagi yang bakal di dapat,” ujarnya.

Drazen juga mengaku sudah sangat mencintai Indonesia. Menurut dia budaya warga Indonesia dan Kroasia tidak jauh berbeda. Salah satunya mudah untuk tersenyum.

Dia juga menjelaskan jika hubungan antara Kroasia dan Indonesia sudah lama terjalin. Sudah sejak masa presiden pertama Indonesia Ir Soekarno. “Saya adalah bagian dari saksi sejarah,” bebernya.

Saat itu kata dia hubungan Indonesia dan Kroasia sudah akrab semenjak adanya pertandingan persahabatan sepak bola. Hanya saja Drazen enggan menyebutkan berapa skor pertandingan antara Indonesia lawan Kroasia pada tahun 1952 silam. “Masalah hasil akhir tidak lah begitu penting,” ujarnya seraya tertawa.

Meskipun menjadi duta besar untuk lima negara di Asia Tenggara, Drazen sangat menyukai Indonesia. Dan dia sudah tinggal di Indonesia selama lima tahun. Karena itu dia mengaku sebagai warga Kroasian. Yang berarti separuh Kroasia dan separuhnya lagi Indonesia.

Dia menjelaskan jika ada warga Indonesia berkunjung ke Kroasia pasti akan disambut lebih baik. Berbeda dengan sambutan terhadap warga negara lainnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Surabaya juga mengaku senang atas kunjungan yang sudah dilakukan. Dia mengaku sangat terhormat. Apalagi ini merupakan kali ke dua.

Ke depan menurut dia banyak kerja sama yang bisa dilakukan. Mulai aspek bisnis, budaya dan juga pendidikan. “Apalagi Kroasia terkenal maju dengan bidang IT. Banyak polisi dunia yang belajar dunia cyber di sana,” imbuhnya.

Pewarta : M. Bahrul Marzuki
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Surabaya TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top